Tekad Pertahankan WTP, Inspektorat Sosialisasi SPIP

SPIP-InspektoratDalam rangka mewujudkan Tata Pemerintahan yang baik (Good Governance) sesuai tuntutan masyarakat yang diamanatkan berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 60 tahun 2008 Tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), sehubungan dengan hal tersebut Inspektorat Kabupaten Luwu Timur menggelar Sosialisasi Penerapan SPIP dengan menghadirkan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Hamonangan Simarmata, KPU, SHR sebagai narasumber.

Sosialisasi yang bertema “Mewujudkan Good Governance Dengan Laporan Keuangan Kabupaten Luwu Timur, Wajar Tanpa Pengecualian”  berlangsung di Aula  Sasana Praja Kantor Bupati Luwu Timur dihadiri Bupati Luwu Timur H. Andi Hatta Marakarma, Wakil Bupati Luwu Timur HM. Thoriq Husler, Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Timur Bahri Suli dan Kepala SKPD dan Camat dan Kepala Puskesmas se Kabupaten Luwu Timur. sabtu (02/02).

Bupati Luwu Timur H. Andi Hatta Marakarma dalam sambutannya saat membuka acara sosialisasi menekankan bahwa Pemerintah Kabupaten Luwu Timur beserta jajarannya pada tahun 2012 telah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Pemerintah daerah tahun 2011 dari Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Sulawesi Selatan, dan tahun berikutnya Pemerintah Daerah  bertekad mempertahankannya.

Untuk menwujudkan hal tersebut lanjut Bupati, diperlukan pengawasan internal sebagai upaya meminialisir penyimpangan yang terjadi dalam suatu unit satuan kerja dengan menerapkan SPIP yang merupakan sistem pengendalian yang dilakukan secara komprenhensif dan melibatkan semua unsur dalam suatu lembaga.
“Pengawasan internal ini penting sebagai filter untuk mencegah penyimpangan dalam pelenggraan pemerintahan dan pembangunan guna mewujudkan good governance dan clean government” tegas Bupati.

Bupati mengakui, Sistem Pengendalian Intern proses integral berupa tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan yang memadai tas tercapainya tujuan organisasi kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan, pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, karena itu, Bupati mengingatkan kepada seluruh Kepala SKPD/Pengguna Anggaran, Kuasa Pengguna Anggaran, juga semua pejabat pengelola anggaran untuk mengikuti kegiatan sosialisasi SPIP dengan baik agar kelak dapat menerapkan SPIP di lingkungan kerjanya masing-masing.
 
Usai acara pembukaan, Kepala perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Hamonangan Simarmata, KPU, SHR menjelaskan secara detail materi sosialisasi PP Nomor. 60 Tahun 2008 yang berkaitan dengan unsur-unsur SPIP yang terdiri atas lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, infomasi dan komunikasi serta pemantauan pengendalian intern beserta sub unsurnya dan tak kalah penting menjelaskan tentang cara pengelolaan keuangan daerah dengan tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggungjwab dengan memperhatikan keadilan, kepatutan, dan manfaat untuk masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama Inspektur Kabupaten Luwu Timur Muh. Amir Kapeng  menjelaskan sosialisasi PP Nomor 60 Tahun 2008 yang melibatkan  seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah/Penggunan Anggaran, Kuasa Pengguna Anggaran serta Pejabat Pengelola Anggaran diselenggarakan bertujuan untuk memberikan penjelasan pemahaman tentang SPIP dengan harapan  nantinya dapat diimplementasikan secara nyata dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Diakhir acara kegiatan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan menyerahkan Laporan Tahunan Hasil Pengawasan Atas Kualitas, Akuntabilitas Keuangan Negara/ Kabupaten Luwu Timur Tahun 2012 kepada Bupati Luwu Timur dilanjutkan dengan pertukaran cinderamata. (ophy/hms)

Мы вместе учились у Меннинджера.

Не говори глупости, сказала она, коснувшись его бедром.

Ах, чтоб тебе, тихо сказала Нэйда по-английски.

Но "Русский язык Сб. упр. и диктантов Для шк. старших классов и пост. в вузы" есть причина, по которой я говорю тебе сейчас это.

Маггл или тот, кто его изменил увел их сражаться в чужой войне.

Но каждый раз, когда я решал, что ты дурак, это дорого мне обходилось, он посмотрел на темное небо, смахнул дождинки со лба.

User Rating: / 0
PoorBest 

Kata Bijak

Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan.
Mario Teguh
Webmail
email_icon
Publikasi Humas
Info LPSE Lutim
.:: LPSE Lutim new1
Info ULP Lutim
.:: Pengumuman new1
.:: Database Pengumuman
.:: Sekretariat ULP Lutim

Produk Perencanaan

Arsip Berita

  • 2013 (417)
  • 2012 (461)
  • 2011 (387)
  • 2010 (238)