Dukcapil Sosialiasi Pengurusan Akte Kelahiran

uu23Merujuk pada surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 472.11/5111/SJ tanggal 28 Desember 2010 perihal perpanjangan masa berlaku dipensasi pelayanan pencatatan kelahiran sebagaimana yang diatur dalam pasal 32 ayat (2) Undang-undang No 23 Tahun 2006, yang sudah tidak lagi mentolerir pencatatan anak yang melampaui batas waktu umur 1 (satu) tahun keatas untuk dicatat atau dibuatkan Akte Kelahiran tanpa adanya penetapan Pengadilan Negeri terhitung bulan Januari 2012.

Maka Dinas Kependudukan dan Catataan Sipil Kabupaten Luwu Timur menggelar Sosialisasi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan Khususnya Pencatatan Akte Kelahiran yang melampaui batas waktu umur 1 (Satu) tahun keatas yang didasari Penetepan Pengadilan Negeri. Kegiatan ini dibuka Staf Ahli Pembangunan, La Besse dengan narasumber Ketua PN Malili, HM Djamir yang diikuti para Camat, Lurah dan Kades yang berlangsung di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Lutim, Senin (19/11).

Dalam laporannya, Kadis Dukcapil, Andi Amri mengatakan pihaknya melakukan sosialiasi ini untuk mendapatkan informasi yang jelas sekaligus mempertegas prosedur pengurusan akta kelahiran melalui pengadilan negeri berikut biaya penetapannya. Ini penting dilakukan agar masyarakat mendapatkan kejelasan sehingga tidak ada lagi masyarakat yang dimanfaatkan oleh oknum atau perantara yang membantu mengurus akta lahir dengan biaya yang tinggi.

Sementara itu, La Besse saat mewakili Bupati mengatakan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil yang tertib dan valid sangat berguna bagi Pemerintah Daerah dalam menyelenggarakan tugas pelayanan serta bermanfaat bagi perencanaan program-program pembangunan sebagai dasar peningkatan dan pengembangan kualitas penduduk.

La Besse juga meminta dukungan Pengadilan Negeri sebagai mitra kerja, agar dapat membantu masyarakat melalui sidang keliling dengan biaya ringan dan tidak memberatkan masyarakat dengan harapan semua penduduk dikabupaten Luwu Timur sudah tidak ada lagi yang tidak memiliki Akta Kelahiran.

Menanggapi pernyataan tersebut, Ketua PN Malili, HM Djamir mengatakan pihaknya telah menetapkan biaya pengurusan Akta Kelahiran melalui penetapan pengadilan sebesar Rp. 200.000 setiap pemohon, diluar biaya materai.  

Djamir juga siap merespon rencana Pemkab Lutim menggelar sidang keliling dalam pengurusan akte kelahiran bagi masyarakat. “Sepanjang memudahkan masyarakat, kami siap melakukan sidang keliling” tambah Djamir. (hr/hms)

Telah diakses : {oshits} kali

Кот отскочил "игровые автоматы призовые автоматы" к груде камней "Заказать статьи для а" у стены.

Впрочем, действовать именно так "доклад по дипломной работе по юриспруденции" побуждали его и другие, более "видео мастер скачать ключ" серьезные и обоснованные "зара титаник скачать бесплатно" соображения.

Он старательно поправил "песня серёги кружим скачать" полосатый галстук.

Нет, мой сон не зря "скачать песню чеченский" был беспокойным.

Это была "Английский язык. Книга для учителя к учебнику Английский с удовольствием. Enjoy English для 4 класса" одна из стекловидных иллюстраций.

Волосы "перспективный план в подготовительной группе" у Кассандры были "Русский язык. Практика. 6 кл. Учебник для общеобразоват. учреждений" цвета сливок из Катамара, и такие же блестящие.

User Rating: / 0
PoorBest 

Kata Bijak

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil.
Mario Teguh
Webmail
email_icon
Publikasi Humas
Info LPSE Lutim
.:: LPSE Lutim new1
Info ULP Lutim
.:: Pengumuman new1
.:: Database Pengumuman
.:: Sekretariat ULP Lutim

Produk Perencanaan

Arsip Berita

  • 2013 (417)
  • 2012 (461)
  • 2011 (387)
  • 2010 (238)