Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

 OPTIMALISASI PENGELOLAAN DAN PENYEBARLUASAN INFORMASI PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN LUWU TIMUR

Semenjak diberlakukannya Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), dalam penerapannya memiliki konsekuensi bahwa setiap Badan Publik harus memberikan informasi kepada masyarakat yang terpercaya, cepat dan mudah serta sesuai dengan kebutuhan.
    
Sehubungan dengan hal tersebut sudah barang tentu informasi itu harus dikelola dengan baik, terpola dan terstruktur, sehingga terbentuklah dokumentasi informasi yang teratur sehingga memudahkan pengelola dalam melayani publik yang membutuhkan informasi.Inilah yang menjadi peluang dan tantangan bagi Humas Pemerintah.

Peran Humas Pemerintah semakin strategis dalam memposisikan citra pemerintah di era keterbukaan informasi publik.Humas diharuskan mampu mengemas sistem pengelolaan informasi yang dibutuhkan publik, akurat dan menarik. Olehnya itu dalam pengelolaan Informasi diperlukan adanya suatu Standar Pengelolaan Informasi antara Bagian Humas dan seluruh SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, untuk bersinergi sehingga tercipta sinkronisasi dan hubungan kerja yang harmonis dalam rangka memberikan pelayanan, menyebarkan pesan atau informasi serta mengedukasi masyarakat mengenai kebijakan hingga program-program kerja pemerintah.

Inilah yang melatar belakangi bahwa pada era keterbukaan informasi saat ini, masyarakat membutuhkan dan menginginkan birokrasi dapat melayani dengan empati, profesional dan kinerja yang tinggi guna mewujudkan pelayanan publik yang prima. Sehubungan dengan tuntutan masyarakat tersebut, maka pelayanan publik kedepan akan seringkali menjadi ukuran yang riil dalam menakar buruknya kinerja birokrasi, salah satu tujuan dari pelayanan publik, yang menjadi salah satu fungsi penting pemerintah selain, regulasi, proteksi dan distribusi. Ketidakpuasan masyarakat terhadap kinerja pelayanan publik dapat dilihat dari keengganan masyarakat berhubungan dengan birokrasi pemerintahan, atau dengan kata lain adanya kesan untuk sejauh mungkin menghindari dan bersentuhan dengan birokrasi pemerintah apabila menghadapi suatu urusan.

Kondisi tersebut tentunya mempunyai ujung kesimpulan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik masih rendah, padahal pemerintah telah sedemikian berupaya keras meningkatkan standart pelayanan publik, kata kuncinya adalah Hubungan Masyarakat (Humas).Perlu diakui bahwa pemerintah menghadapi tantangan yang berat sejak era kebebasan pers. Bagaimanapun baiknya pelayanan publik yang diberikan, jarang sekali ada pemberitaan pers yang mengangkat keberhasilan pemerintah. Ini tantangan bagi Humas Pemerintah Daerah dan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), agar dapat memberdayakan peran Pengelola Informasi yang ada di SKPD dan bersama dengan Bagian Humas dalam upaya membangun citra pemerintah dimata masyarakat.

 

cover-upload

E-Book Pengelolaan Informasi Pembangunan Daerah

SOP Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Formulir Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Segala Informasi Pembangunan Daerah Kabupaten Luwu Timur
dapat di infokan Kepada Pengelola,
Kepala Sub Bagian Humas dan Pelayanan Media
melalui E-Mail : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
dan No. Telp. 08114617936

=====================================================================================

Tarkim Luwu Timur Raih Kinerja Terbaik Bidang Tata Ruang

penghargaan-TarkimDipenghujung tahun 2014, Jajaran Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Luwu Timur menorehkan sejumlah penghargaan yang diraih baik ditingkat Provinsi Sulawesi Selatan maupun tingkat Nasional. Penghargaan diserahkan Asisten Ekonomi Pembangunan, Muh Abrinsyah disela-sela upacara Hari Kesadaran Nasional yang dirangkaikan dengan Hari Bakti PU ke 69 dan Hari Nusantara Tahun 2014 di halaman Kantor Bupati, Rabu (17/12).

Read more: Tarkim Luwu Timur Raih Kinerja Terbaik Bidang Tata Ruang

 

Lutim Terima Transmigration Award 2014

transmigration-awardBupati Luwu Timur, Andi Hatta Marakarma, menerima penghargaan Transmigration Award 2014 dari Wakil Presiden Republik Indonesia, HM. Jusuf Kalla, di Gedung Balai Makarti Muktitama Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kalibata, Jakarta Selatan pada Senin (15/12).

Read more: Lutim Terima Transmigration Award 2014

 

Petugas Juru Rawa Luwu Timur Terbaik Nasional

OP-JIR-Juara-NasionalPetugas Juru Rawa Tambak Malili Kabupaten Luwu Timur, Nurhalis ST akhirnya dinobatkan menjadi salah satu pemenang tingkat Nasional dalam lomba pemilihan petugas teladan operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi dan rawa tahun 2014. Keputusan pemenang ini setelah dilayangkannya surat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Sumber Daya Air Nomor 600/KPTS/M/2014 tanggal 24 Nopember lalu.

Read more: Petugas Juru Rawa Luwu Timur Terbaik Nasional

   

Hatta : Pengelolaan Anggaran dengan Profesional akan Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat

Bupati Lutim Narasumber FGDBupati Luwu Timur, Andi Hatta Marakarma menjadi salah seorang Narasumber pada Focus Group discussion  (FGD) dengan tema "Transformasi Hasil Pemerikasaan BPK dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat” yang dilaksanakan Oleh BPK-RI yang bertempat di Ruang Rapat Senat Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Jumat, 12 Desember 2014.

Read more: Hatta : Pengelolaan Anggaran dengan Profesional akan Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat

 

Produktivitas Padi Capai 8,2 Ton Perhektar

pestapanen-SumberMakmurDua kelompok tani di Dusun Sumber Rejo Desa Sumber Makmur Kecamatan Kalena menggelar kegiatan syukuran panen. Kedua kelompok tani tersebut masing-masing kelompok tani Tunggal Roso 1 dan Tunas Muda. Kegiatan syukuran panen ini memang rutin dilakukan setahun sekali sebagai bentuk rasa syukur atas panen yang melimpah.

Read more: Produktivitas Padi Capai 8,2 Ton Perhektar

   

Page 2 of 2

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh BPS
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666