Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

 OPTIMALISASI PENGELOLAAN DAN PENYEBARLUASAN INFORMASI PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN LUWU TIMUR

Semenjak diberlakukannya Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), dalam penerapannya memiliki konsekuensi bahwa setiap Badan Publik harus memberikan informasi kepada masyarakat yang terpercaya, cepat dan mudah serta sesuai dengan kebutuhan.
    
Sehubungan dengan hal tersebut sudah barang tentu informasi itu harus dikelola dengan baik, terpola dan terstruktur, sehingga terbentuklah dokumentasi informasi yang teratur sehingga memudahkan pengelola dalam melayani publik yang membutuhkan informasi.Inilah yang menjadi peluang dan tantangan bagi Humas Pemerintah.

Peran Humas Pemerintah semakin strategis dalam memposisikan citra pemerintah di era keterbukaan informasi publik.Humas diharuskan mampu mengemas sistem pengelolaan informasi yang dibutuhkan publik, akurat dan menarik. Olehnya itu dalam pengelolaan Informasi diperlukan adanya suatu Standar Pengelolaan Informasi antara Bagian Humas dan seluruh SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, untuk bersinergi sehingga tercipta sinkronisasi dan hubungan kerja yang harmonis dalam rangka memberikan pelayanan, menyebarkan pesan atau informasi serta mengedukasi masyarakat mengenai kebijakan hingga program-program kerja pemerintah.

Inilah yang melatar belakangi bahwa pada era keterbukaan informasi saat ini, masyarakat membutuhkan dan menginginkan birokrasi dapat melayani dengan empati, profesional dan kinerja yang tinggi guna mewujudkan pelayanan publik yang prima. Sehubungan dengan tuntutan masyarakat tersebut, maka pelayanan publik kedepan akan seringkali menjadi ukuran yang riil dalam menakar buruknya kinerja birokrasi, salah satu tujuan dari pelayanan publik, yang menjadi salah satu fungsi penting pemerintah selain, regulasi, proteksi dan distribusi. Ketidakpuasan masyarakat terhadap kinerja pelayanan publik dapat dilihat dari keengganan masyarakat berhubungan dengan birokrasi pemerintahan, atau dengan kata lain adanya kesan untuk sejauh mungkin menghindari dan bersentuhan dengan birokrasi pemerintah apabila menghadapi suatu urusan.

Kondisi tersebut tentunya mempunyai ujung kesimpulan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik masih rendah, padahal pemerintah telah sedemikian berupaya keras meningkatkan standart pelayanan publik, kata kuncinya adalah Hubungan Masyarakat (Humas).Perlu diakui bahwa pemerintah menghadapi tantangan yang berat sejak era kebebasan pers. Bagaimanapun baiknya pelayanan publik yang diberikan, jarang sekali ada pemberitaan pers yang mengangkat keberhasilan pemerintah. Ini tantangan bagi Humas Pemerintah Daerah dan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), agar dapat memberdayakan peran Pengelola Informasi yang ada di SKPD dan bersama dengan Bagian Humas dalam upaya membangun citra pemerintah dimata masyarakat.

 

cover-upload

E-Book Pengelolaan Informasi Pembangunan Daerah

SOP Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Formulir Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Segala Informasi Pembangunan Daerah Kabupaten Luwu Timur
dapat di infokan Kepada Pengelola,
Kepala Sub Bagian Humas dan Pelayanan Media
melalui E-Mail : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
dan No. Telp. 08114617936

=====================================================================================

Data Komoditas Peternakan Bulan November Tahun 2014

DATA KOMODITAS PETERNAKAN PADA POPULASI TERNAK
TINGKAT KECAMATAN SE-KABUPATEN LUWU TIMUR
BULAN NOVEMBER TAHUN 2014

Data Komoditas Peternakan untuk menentukan peluang pengembangan usaha di bidang peternakan dapat di lihat pada potensi komoditas peternakan pada tingkat kecamatan yang ada di Kabupaten Luwu Timur. Kabupaten Luwu Timur terdapat sebelas (11) kecamatan yang masing-masing wilayah kecamatan tersebut memiliki potensi komoditas peternakan yang ada. Untuk melihat potensi komoditas peternakan pada tingkat populasi ternak tersebut dapat ditinjau pada tabel komoditas peternakan yang disajikan dibawah ini sebagai bagian dari informasi dan komunikasi komoditas peternakan di kabupaten luwu timur.

Link Download Komoditas Peternakan Bulan November 2014

 

 

Informasi Dan Komunikasi Komoditas Peternakan Lutim

INFORMASI DAN KOMUNIKASI KOMODITAS PETERNAKAN DI KABUPATEN LUWU TIMUR

Potensi Peternakan di Kabupaten Luwu Timur untuk wilayah pengembangan sangatlah menjanjikan. Mengingat Kabupaten Luwu Timur merupakan kabupaten termuda di wilayah Propinsi Sulawesi Selatan sehingga beberapa komoditas peternakan memiliki peluang untuk pengembangan selanjutnya. Ada beberapa komoditas peternakan yang memiliki peluang untuk dikembangkan diantaranya adalah Sapi Potong, Kambing, Babi dan Kerbau dimana jenis komoditas peternakan tersebut terus di upayakan perbaikan mutunya seperti perbaikan populasi dengan inseminasi buatan, kesehatan (vaksinasi), pertumbuhan, pakan dan produksi daging yang dihasilkan.

Read more: Informasi Dan Komunikasi Komoditas Peternakan Lutim

 

Data Base Kebun Bibit Rakyat 2010-2014 Luwu Timur

database-kbr-1Kebun Bibit Rakyat (KBR) merupakan fasilitasi pemerintah dalam penyediaan bibit tanaman hutan  yang nantinya digunakan untuk merehabilitasi dan menanam dilahan kritis, lahan kosong dan tidak produktif dan hasilnya akan dinikmati oleh masyarakat pemilik lahan.

Pembangunan Kebun Bibit Rakyat yang di fasilitasi oleh Dinas Kehutanan Kabupaten  Luwu Timur telah berlangsung dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2014 dengan daur delapan (8) tahun.

  

Read more: Data Base Kebun Bibit Rakyat 2010-2014 Luwu Timur

   

Pemkab Lutim Fokuskan Program Desa Mandiri Pangan

dewan-ketahananpanganUntuk mewujudkan kedaulatan pangan, Pemkab Luwu Timur terfokus pada mengembangkan Program Desa Mandiri Pangan serta Program Percepatan Pola Komsumsi Pangan (P2KP). Pasalnya kedua program ini merupakan lokomotif Ketahanan Pangan dalam pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan di Pedesaan.

Read more: Pemkab Lutim Fokuskan Program Desa Mandiri Pangan

 

Data Potensi Sebaran Terumbu Karang Di Luwu Timur

Mangkasa2 Waru-waru Parasulu2

Kabupaten Luwu Timur merupakan kabupaten paling timur di Propinsi Sulawesi Selatan dengan Malili sebagai ibukota kabupaten.  Secara geografis Kabupaten Luwu Timur terletak di sebelah selatan garis khatulistiwa dengan posisi 2° 29’24” - 2° 51’ 33” Lintang Selatan dan 120° 57’ 16” - 121° 22’ 46” Bujur Timur.  Kabupaten Luwu Timur semula adalah bagian dari Kabupaten Luwu Utara dan baru diresmikan sebagai daerah otonom pada 3 Mei 2003 melalui UU No. 7 Tahun 2003.

Read more: Data Potensi Sebaran Terumbu Karang Di Luwu Timur

   

Page 1 of 2

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA l PROFIL LUWU TIMUR
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh Dinas
 Komunikasi dan Informatika
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

SISTEM PERLINDUNGAN ANAK

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 3 Tahun 2014

Tentang
Sistem Perlindungan Anak

[File unduh disini]

Pengarustamaan Gender

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 2 Tahun 2018

Tentang
Pengarustamaan Gender
Dalam Pembangunan

[File unduh disini]

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666