Memasuki Musim Tanam, Dinas Pertanian Gelar Tudang Sipulung

Dinas-Pertanian-Gelar-Tudang-SipulungUntuk mendukung peningkatan produksi dan produktivitas tanaman pangan khususnya padi, Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Timur menggelar penyuluhan penerapan teknologi pertanian/pertanian tepat guna yang dikemas dalam acara "Tudang Sipulung", Senin (14/05/2018).

Tudang Sipulung dalam rangka menghadapi musim tanam April - September 2018 digelar di Desa Kanawatu, Kecamatan Wotu yang dihadiri Bupati Luwu Timur HM. Thorig Husler dan stake holder lainnya terkait sektor pertanian, diantaranya Pengurus Gapoktan, Petugas Teknis/PPL, PHP-POPT, selain itu hadir juga Anggota TNI, para Camat dan Kepala Desa. Tudang Sipulung ini untuk membahas permasalahan pertanian secara umum.

Kepala Dinas Pertanian, Muharif, mengatakan, musyawarah Tudang Sipulung yang dilaksanakan ini pada hakikatnya adalah merupakan wadah silaturahmi dan konsultasi diantara masyarakat petani dengan stakeholder terkait lainnya.

"Tujuannya untuk memahami keadaan dan masalah yang dihadapi dalam pembangunan pertanian di lapangan serta untuk mencapai kesepakatan tentang pemecahan masalah dan penyusunan rencana kegiatan," jelas Muharif.

Sementara hasil yang ingin dicapai dalam rumusan musyawarah Tudang Sipulung pertanian tingkat Kabupaten Luwu Timur mencakup menyepakati hasil rapat komisi irigasi yang telah dilakukan 2 kali terkait pelaksanaan kegiatan Rehabilitas Saluran Induk D. I. Kalaena. Selanjutnya, mengantisipasi kekurangan alat mesin pertanian dalam hal ini alat tanam dan traktor serta membentuk satgas yang terdiri dari stakeholder yang terkait, satgas ini nantinya memantau apa yang menjadi kendala para petani dilapangan saat musim tanam.

Sementara Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, mengharapkan agar Tudang Sipulung ini dijadikan momentum yang sangat baik untuk lebih meningkatkan produktivitas tanaman pangan karena dikesempatan inilah kita mendengarkan dan membahas kebijakan dan paket teknologi tersebut.

"Di momen ini pula kita bisa menyatukan persepsi penerapan teknologi, penentuan jadwal dan pola tanam serta mencari solusi dari berbagai masalah yang timbul ditingkat lapangan. Harapan saya, kegiatan Tudang Sipulung ini memberikan manfaat yang besar kepada para petani dan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan untuk mendapatkan produksi pangan yang lebih baik dimasa yang akan datang," harap Husler.

Pada acara ini, beberapa narasumber dihadirkan, diantaranya Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Prov. Sulsel, Balai Pritoksi Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Prov. Sulsel, Dinas Pertanian serta Dinas Pekerjaan umum dan Penataan Ruang Kabupaten Luwu Timur. (hms/ikp/kominfo)

Sukseskan Asian Games 2018

Iklan Asian Games web

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh BPS
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666