Profil Kecamatan Towuti

PROFIL KECAMATAN TOWUTI

Peta-Kec.Towuti

Link Website Kecamatan Towuti

 

 

  1. KEADAAN GEOGRAFIS

    Kecamatan Towuti merupakan salah satu kecamatan terluas di Kabupaten Luwu Timur. Luas wilayahnya 1.820,48 km2, terdiri dari luas daratan 1.219.000 km2 dan luas danau sebesar 601,48 km2. Kecamatan Towuti terletak di sebelah timur ibukota Kabupaten Luwu Timur. Kecamatan Towuti di sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Nuha dan Propinsi Sulawesi Tengah, sebelah timur dan sebelah selatan berbatasan dengan Propinsi Sulawesi Tenggara, dan di sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Nuha dan Wasuponda. Kecamatan Towuti terdiri dari 18 desa. Ada tiga desa yang baru mengalami perubahan dari status UPT menjadi desa yaitu desa Libukan Mandiri berubah status dari UPT Mahalona SP 1, desa Kalosi berubah status dari UPT Mahalona SP 2, dan desa Buangin berubah status dari UPT Buangin. Namun dalam publikasi ini masih disertakan daftar nama ketiga UPT yang ada karena pemerintahannya masih ada. Terdapat juga 2 desa yang baru mengalami pemekaran yaitu Desa Tole pemekaran dari desa Mahalona dan desa matompi pemekaran dari desa Pekaloa. Wilayah Kecamatan Towuti adalah daerah yang seluruh desanya merupakan wilayah bukan pantai dengan topografi wilayah sebagian besar merupakan daerah datar. Terdapat 4 danau di Kecamatan Towuti, danau terluas adalah danau Towuti dengan luas 585 km2.

  2. PEMERINTAHAN

    Pada tahun 2012, Kecamatan Towuti memiliki 56 dusun dengan 168 RT Towuti. Sampai dengan tahun 2012 tercatat sebanyak 149 orang pegawai negeri sipil (PNS) bekerja di lingkup Kecamatan Towuti. Dari jumlah tersebut tercatat 1 orang merupakan PNS golongan I, 94 golongan II, dan 54 orang golongan III. Berdasarkan Tingkat pendidikannya, PNS di lingkup Kecamatan Towuti sebagian besar merupakan lulusan S1 dengan jumlah pegawai sebanyak 78 orang. Jumlah PNS ini belum termasuk para guru serta tenaga BP3K yang bertugas di Kecamatan Towuti. Selain PNS, terdapat 20 personil polisi yang siap memberi pelayanan di Kecamatan ini.

  3. PENDUDUK

    Kepadatan penduduk di Kecamatan Towuti tergolong rendah yaitu sekitar 17 orang per kilometer persegi, jauh berada di bawah rata-rata Kabupaten Luwu Timur yang berkisar 39 orang per kilometer persegi. Desa
    yang terpadat penduduknya adalah Desa Bantilang dengan kepadatan 334 orang per kilometer persegi, sedang paling rendah adalah desa Loeha dengan kepadatan sekitar 6 orang per kilometer persegi. Pada tahun 2012, jumlah penduduk di Kecamatan Towuti sebanyak 31.425 orang yang terbagi ke dalam 6.265 rumah tangga, dengan rata-rata penduduk dalam satu rumahtangga sebanyak 5 orang.

    Jumlah laki-laki di kecamatan Towuti lebih banyak dibanding perempuan. Jumlah penduduk laki-laki sebanyak 16.686 orang sedangkan perempuan sebanyak 14.739 orang, sehingga rasio jenis kelaminnya sebesar 113,21 yang artinya dari 100 wanita terdapat sekitar 113 laki-laki. Sementara itu, laju pertumbuhan penduduk dari tahun 2011-2012 sebesar 6,39 persen. Kelompok umur 0-4 tahun dan 5-9 tahun mendominasi jumlah pendududk di Kecamatan Towuti, masing-masing sebanyak 4.167 jiwa dan 4.077 jiwa.

  4. SOSIAL

    1. PENDIDIKAN

      Fasilitas pendidikan di Kecamatan Towuti relatif lengkap. Sarana pendidikan informal (Taman Kanak-Kanak/TK) dan sarana pendidikan formal dari tingkat SD sampai SLTA telah tersedia. Jumlah TK di Kecamatan  Towutisebanyak 20 buah dengan jumlah murid 720 orang. Jumlah SD/sederajat sebanyak 20 unit dengan jumlah murid 4.520 orang. Jumlah SLTP/sederajat sebanyak 9 unit dengan jumlah siswa 1.713 orang. Sedangkan untuk tingkat SLTA/sederajat terdapat 3 unit sekolah dengan jumlah siswa 988 orang. Rasio murid guru memberikan gambaran rata-rata banyaknya murid yang diajar oleh seorang guru. Angka rasio ini dapat digunakan untuk mengukur tingkat efektifitas guru dalam proses belajar mengajar. Semakin kecil angka rasio maka semakin tinggi tingkat efektifitas proses belajar mengajar. Pada tahun ajaran 2011/2012 rasio  murid guru SD dan SLTP sebesar 18 murid setiap guru untuk SD dan 12 siswa setiap guru untuk SLTP. Sedangkan untuk SLTA angka rasio siswa guru sebesar 13 siswa setiap guru.

    2. KESEHATAN

      Fasilitas Kesehatan di Kecamatan Towuti sudah relatif lengkap. Dari 18 desa yang ada terdapat 4 buah puskesmas yang terletak di Desa Langkea Raya, Bantilang, Mahalona dan Pekaloa. Kecamatan Towuti juga memiliki 30 unit posyandu, 5 unit Pustu, 12 unit Poskesdes, 4 tempat praktek dokter/bidan, dan 2 apotek. Tenaga medis yg tersedia diantaranya 4 orang dokter umum, 4 orang dokter gigi, 28 bidan, 48 perawat, dan 8 orang tenaga farmasi.

      Jumlah pasangan usia subur yang ada di kecamatan Towuti sebanyak 4.491. Berdasarkan data PLKB, banyaknya wanita berumur 15-49 tahun berstatus kawin yang sedang menggunakan/memakai alat KB tahun 2012 sebanyak 3.474 orang. Hasil pendataan Badan KB-KS kecamatan Towuti mencatat bahwa banyaknya keluarga pra-sejahtera yang ada sebanyak 884 keluarga, sejahtera I 1.413 keluarga, sejahtera II 2.057 keluarga, Sejahtera III 1.583, dan sejahtera III+ sebanyak 400 keluarga.

    3. AGAMA

      Mayoritas penduduk Kecamatan Towuti beragama Islam. Kondisi ini antara lain dapat dilihat dari banyaknya tempat ibadah umat Islam seperti masjid sebanyak 44 buah dan mushalah/langgar sebanyak 10 buah. Terdapat pula penduduk Kecamatan Towuti yang memeluk agama Kristen dan hindu dengan jumlah tempat ibadah berupa gereja sebanyak 15 buah dan pura sebanyak 1 buah.

    4. SOSIAL LAINNYA

      Tinggi atau rendahnya frekuensi tindak kriminal akan menjadi indikator besarnya ancaman terhadap keamanan dan ketertiban umum di daerah. Oleh karena itu, sebagai indikator keamanan maka statistik kriminal perlu diamati dari waktu ke waktu. Sampai dengan tahun 2012, tercatat 6 kasus tindakan kekerasan dalam rumah tangga dengan korban kekerasan terbanyak adalah perempuan dewasa.

    5. PERUMAHAN DAN LINGKUNGAN

      Pada umumnya masyarakat Kecamatan Towuti menggunakan sumur dan air kemasan sebagai sumber air minum utama. Sebagai bahan bakar untuk memasak, masyarakat Towuti masih menggunakan Gas LPG sebagai pilihan utama.

  5. PERTANIAN

    1. TANAMAN PANGAN

      Luas panen padi di Kecamatan Towuti pada tahun 2012 mencapai 30.234 hektar dengan produksi sebesar 204.670,97 ton. Selain padi, Kecamatan Towuti juga menghasilkan Jagung, ubi kayu, ubi jalar, dan lain-lain.

    2. HORTIKULTURA

      Kecamatan Towuti juga menjadi penghasil tanaman hortikultura berupa sayuran dan tanaman buah-buahan. Komoditi yang dihasilkan dari tanaman sayuran meliputi Cabe, Tomat, sawi, Kacang panjang, kangkung, dan Bayam. Produksi terbesar dihasilkan tanaman Sawi dengan total produksi 11,8 ton dari luas lahan sebanyak 3 Hektar. Tanaman buah-buahan yang dihasilkan meliputi mangga, durian, pepaya, pisang, dan Rambutan dengan produksi terbesar adalah buah Rambutan sebanyak 139 ton.

    3. PERKEBUNAN

      Untuk sub sektor perkebunan, Kecamatan Towuti merupakan produsen tanaman lada, kelapa, kelapa sawit, kakao, dan kopi. Tanaman lada merupakan tanaman perkebunan paling potensial di kecamatan Towuti dengan luas tanam sebesar 1.604,77 ha, produksinya mencapai 893,44 ton selama tahun 2012.

    4. PETERNAKAN

      Kerbau merupakan ternak besar terbanyak yang terdapat di Kecamatan Towuti, jumlahnya mencapai 708 ekor, disusul sapi sebanyak 512 ekor. Ternak kecil yang paling banyak dipelihara masyarakat Towuti adalah ternak Kambing sebanyak 377 ekor. Untuk ternak unggas, ayam pedaging merupakan unggas yang paling banyak dipelihara di kecamatan ini, yaitu sebanyak 26.208 ekor, disusul ayam kampung dan itik masing-masing sebanyak 4.011 dan 150 ekor.

    5. PERIKANAN

      Kecamatan Towuti memiliki danau yang terluas di kabupaten Luwu Timur sehingga daerah ini memiliki potensi terhadap perikanan tangkap di perairan umum (danau) dengan total produksi yang dihasilkan selama tahun 2012 sebanyak 93 ton ikan. Disamping perikanan tangkap, daerah ini juga memiliki potensi terhadap perikanan budidaya, jumlah rumah tangga pembudidaya sebanyak 118 yang menghasilkan ikan sebesar 212 ton. Budidaya ikan ini dilakukukan di areal kolam dan sawah.

  6. PERINDUSTRIAN, PERTAMBANGAN DAN ENERGI

    1. PERINDUSTRIAN

      Pada tahun 2012, Kecamatan Towuti memiliki 50 usaha industri dengan jumlah tenaga kerja sebesar 189 orang. Usaha industri yang paling banyak menyerap tenaga kerja adalah usaha industri furnitur dan industri pengolahan lainnya yaitu sebesar 165 tenaga kerja.

    2. PERTAMBANGAN DAN ENERGI

      Kecamatan Towuti memiliki potensi tambang dan penggalian batu/koral dan pasir. Potensi tambang batu/koral terdapat di Desa Bantilang, Lioka, Pekaloa, Asuli, Mahalona, Tole, Libukan Mandiri, Buangin, dan Kalosi. Sedangkan potensi penggalian pasir terdapat pada 4 desa yaitu Desa Tokalimbo, Loeha, Langkea Raya, dan Mahalona.

  7. TRANSPORTASI DAN KOMUNIKASI

    Sarana transportasi darat sudah cukup memadai di Kecamatan Towuti, hal ini terlihat dari ketersediaan kendaraan umum penghubung antar desa seperti motor ojek. Hanya saja ketersediaan pom bensin belum dapat dinikmati oleh masyarakat Kecamatan Towuti. Fasilitas Komunikasi dan Informasi di kecamatan ini belum memadai, hanya terdapat empat warnet yang terletak di desa Wawondula, Langkea Raya, dan Baruga. Kecamatan ini juga belum memiliki kantor pos.

  8. PERDAGANGAN, HOTEL DAN RESTORAN

    Untuk menunjang kegiatan perekonomian penduduk di Kecamatan Towuti, sampai dengan tahun 2012 kecamatan ini didukung oleh 4 unit pasar, 50 buah rumah makan/kedai, dan 4 unit penginapan/Hotel.

  9. KEUANGAN

    Pada tahun 2012 realisasi pendapatan asli daerah Kecamatan Towuti mencatat pencapaian lebih dari 63 juta, jika dipresentasekan mencapai 116,07 persen dari target realisasi yang harus dicapai. Sementara itu Realisasi penerimaan PBB mencapai angka 100 persen untuk semua desa, hal ini mencerminkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak untuk pembangunan. Lembaga keuangan yang tersedia di Kecamatan Towuti terletak di desa Wawondula, masing-masing satu bank dan satu pegadaian. Kecamatan Towuti memiliki 14 koperasi Non KUD dengan jumlah anggota mencapai 780 orang.

  10. LETAK GEOGRAFIS DAN BATAS ADMINISTRASI KECAMATAN TOWUTI
  11. LETAK GEOGRAFIS/Geographical Location

    2° 27’ 49” - 3° 00’ 25”

    Lintang Selatan/South Latitude

    121° 19’ 14” - 121° 47’ 27”

    Bujur Timur/East Longitude
    BATAS-BATAS WILAYAH/Administration Boundaries

    SEBELAH UTARA/North Side

    :
    Prop. Sulawesi Tengah dan Kec. Nuha/ Prov. of Sulawesi Tengah and Nuha Subdistrict

    SEBELAH TIMUR/East Side

    :
    Propinsi Sulawesi Tenggara / Province of Sulawesi Tenggara

    SEBELAH SELATAN/South Side

    :
    Propinsi Sulawesi Tenggara / Province of Sulawesi Tenggara

    SEBELAH BARAT/ West Side

    :
    Kecamatan Nuha dan Malili / Nuha and Malili Subdistrict
    LUAS WILAYAH/Total Area   1.820,48 km2
    LUAS DARATAN / Mainland Area   1.219,00 km2
    LUAS DANAU / Lake Area
    (TOWUTI DAN MAHALONA)
      601,48 km2
    JUMLAH DESA/ Number of Village   18 Definitif / Definitive
    Sumber : Badan Pusat Statistik Kabupaten Luwu Timur

  12. LUAS WILAYAH DAN STATUS HUKUM DESA/KELURAHAN DI KECAMATAN TOWUTI
  13. DESA/KELURAHAN
    LUAS WILAYAH (km2)
    PERSENTASE (%)
    STATUS HUKUM
    DEFINITIF
    PERSIAPAN
    001. TOKALIMBO
    54,65
    3,00
    v
    002. BANTILANG
    39,75
    2,18
    v
    003. LOEHA
    345,81
    19,00
    v
    004. TIMAMPU
    253,40
    13,92
    v
    005. LANGKEA RAYA
    283,21
    15,56
    v
    006. BARUGA
    37,76
    2,07
    v
    007. LIOKA
    27,82
    1,53
    v
    008. WAWONDULA
    245,45
    13,48
    v
    009. PEKALOA
    99,37
    5,48
    v
    010. ASULI
    23,85
    1,31
    v
    011. MAHALONA
    409,41
    22,49
    v
    012. UPT MAHALOA SP 1 *
    -
    013. MASIKU
    34,57 1,91
    v
    014. RANTE ANGIN
    48,42 2,68
    v
    015. UPT MAHALONA SP 2 *
    -
    016. UPT BUANGIN *
    -
    017. MATOMPI
    10,11 0,56
    v
    018. TOLE
    25,00 1,38
    v
    019. LIBUKAN MANDIRI
    18,00 1,00
    v
    020. BUANGIN
    12,00 0,66
    v
    021. KALOSI
    14,00 0,77
    v
    JUMLAH
    1,820,48
    100,00
    18
    0
    Sumber : Badan Pusat Statistik Kabupaten Luwu Timur & Bagian Pemerintahan Setdakab. Luwu Timur

  14. WILAYAH DAN TOPOGRAFI DESA/KELURAHAN DI KECAMATAN TOWUTI
  15. DESA/KELURAHAN
    WILAYAH
    TOPOGRAFI
    PANTAI
    BUKAN PANTAI
    DATAR
    BERBUKIT BUKIT
    001. TOKALIMBO
    v
    v
    002. BANTILANG
    v
    v
    003. LOEHA
    v
    v
    004. TIMAMPU
    v
    v
    005. LANGKEA RAYA
    v
    v
    006. BARUGA
    v
    v
    007. LIOKA
    v
    v
    008. WAWONDULA
    v
    v
    009. PEKALOA
    v
    v
    010. ASULI
    v
    v
    011. MAHALONA
    v
    v
    012. UPT MAHALONA SP I *

    013. MASIKU
    v
    v
    -
    014. RANTE ANGIN
    v
    v
    -
    015. UPT MAHALONA SP 2 *

    016. UPT BUANGIN *

    017. MATOMPI **

    018. TOLE **

    019. LIBUKAN MANDIRI
    v
    v
    020. BUANGIN
    v
    v
    021. KALOSI
    v
    v
    JUMLAH
    0
    16
    9
    7
    Sumber : Badan Pusat Statistik Kabupaten Luwu Timur

  16. JARAK DESA/KELURAHAN KE IBUKOTA KECAMATAN DAN KE IBUKOTA KABUPATEN DI KECAMATAN TOWUTI
    DESA/KELURAHAN
    JARAK KE - (Km)
    IBUKOTA KECAMATAN
    IBUKOTA KABUPATEN
    001. TOKALIMBO
    32,5
    84,5
    002. BANTILANG
    34,0
    86,0
    003. LOEHA
    39,0
    91,0
    004. TIMAMPU
    7,0
    59,0
    005. LANGKEA RAYA
    0,3
    52,3
    006. BARUGA
    0,5
    52,5
    007. LIOKA
    1,0
    53,0
    008. WAWONDULA
    0,5
    52,5
    009. PEKALOA
    8,0
    60,0
    010. ASULI
    1,0
    53,0
    011. MAHALONA
    36,0
    88,0
    012. UPT MAHALONA SP I *
    --
    --
    013. MASIKU
    43
    95
    014. RANTE ANGIN
    41
    93
    015. UPT MAHALONA SP 2 *
    --
    --
    016. UPT BUANGIN *
    --
    --
    017. MATOMPI **
    --
    --
    018. TOLE **
    --
    --
    019. LIBUKAN MANDIRI
    34
    86
    020. BUANGIN
    35
    87
    021. KALOSI
    33,5
    85,5
    Sumber : Kantor Camat Towuti & Bagian Pemerintahan Setdakab. Luwu Timur


  17. DATA DESA DAN NAMA KEPALA DESA DI KECAMATAN TOWUTI

    NAMA
    NAMA KEPALA DESA
    KECAMATAN
    ALAMAT
    DESA
    TOWUTI
    JL. VETERAN NO. 03, LANGKEA RAYA
    LOEHA
    HAMKA
    MAHALONA
    AGUS, SE
    TIMAMPU
    MUH. ADIL, S.Sos
    WAWONDULA
    M. RUSLI UPE
    LANGKEA RAYA
    H. LARADA
    TOKALIMBO
    SALIM
    BARUGA
    H. JABBAR LEBANGAN
    PEKALOA
    H. PAYUDDIN
    LIOKA
    DERKI MBATONO
    ASULI
    MOH. IKHSAN, S. Hut
    BANTILANG
    ARIPIN, S. Ag
    MASIKU
    BIUDDIN
    RANTE ANGIN
    GALLA
  • LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

    Banner2017-1

    Webmail
    email_icon
    Weblink SKPD
  • Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
  • Dinas PMD
  • Dinas Lingkungan Hidup
  • Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan
  • Dinas PPKB
  • Dinas Dukcapil
  • Dinas Pertanian
  • Dinas Perkintan
  • Dinas Kesehatan
  • Dinas Pendidikan
  • Dinas PerkopUKM
  • Dinas SosPP & PA
  • Dinas PU & PR
  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Dinas Perhubungan
  • Badan Perlitbangda
  • BKPSDM
  • BPBD
  • Badan Pengelolaan Keuangan Daerah
  • Inspektorat
  • RSUD Ilagaligo
  • Kesbangpol
  • SatpolPP & Damkar
  • Kecamatan Burau
  • Kecamatan Wotu
  • Kecamatan Mangkutana
  • Kecamatan Kalaena
  • Kecamatan Tomoni
  • Kecamatan Tomoni Timur
  • Kecamatan Angkona
  • Kecamatan Kalaena
  • Kecamatan Malili
  • Kecamatan Wasuponda
  • Kecamatan Towuti
  • Kecamatan Nuha
  • Monev Ekbang 2015

    Format Monitoring Evaluasi
    Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang)
    Setdakab. Luwu Timur

    [File unduh disini]

    Info LPSE Lutim

    .:: LPSE Lutim new1

    Info ULP Lutim

    .:: Info ULP Lutim 2014 new1

    • Pengumuman Lelang Manual Tahap 1 2014
    • Pengumuman Lelang Manual Tahap 2 2014
    • Pengumuman Lelang Manual Tahap 3 2014
    • Daftar Paket Siap Lelang terbaru
    • Daftar Nama-nama Paket ULP Pokja Barang

    ..:: Data selengkapnya Unduh Disini

    Informasi Ketenagakerjaan

    .:: Renstra Naker
        2016 - 2021
    new1

     

    Sepagai upaya peningkatan pelayanan ketenagakerjaan pada Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial khususnya pelayanan Wajib Lapor Ketenagakerjaan bagi perusahaan yang ada di lingkup Pemeritah Kabupaten Luwu Timur, maka Disnakertransos menyediakan Formulir Wajib Lapor Ketenagakerjaan untuk dapat diunduh oleh para pengusaha yang akan melakukan pengurusan Wajib Lapor Ketenagakerjaan.

      Link Download

      Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
       Rencana Pembangunan
       Jangka
      Menengah Daerah
       Kab. Luwu Timur

      data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
       Informasi APBD, Produk
       Hukum, Produk Perencanaan
       Kabupaten Luwu Timur
      Koper-OK  BANSOS DAN DANA HIBAH 
       Informasi Bantuan Sosial
       dan Dana Hibah 2017
       Kabupaten Luwu Timur
      Koper-OK  BANSOS DAN DANA HIBAH 
       Realisasi Bantuan Sosial
       dan Dana Hibah 2017
       Kabupaten Luwu Timur

      BAKOHUMASJ-fix

      LPSEJ-fix

      BPSJ-fix

      Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

      Seluruh Informasi Pembangunan
      Daerah Kabupaten Luwu Timur
      seluruhnya lengkap disajikan
      pada link di bawah ini

      Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

      Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

      Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
      dalam Pembangunan, bertema

      Fintech untuk Pembangunan
      yang Inklusif dan Berkelanjutan

      Gunakan tagar #fintech
      (Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

      Unduh File Disini

      fintech

      Ikuti Kami

       fb-icon twitter-icon icon YouTube

       SMS CENTER 0853 9403 6666