Dinkes Luwu Timur Gencar Sosialisasi Pentingnya ASI

IMG-20170905-WA0037Pemberian Air Susu Ibu (ASI) merupakan salah satu upaya pemenuhan gizi pada anak-anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. ASI merupakan asupan yang paling cocok bagi bayi disamping dari nilai nutrisinya juga dari keamanan bagi organ pencernaan bayi.

Sehubungan dengan hal tersebut Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur menggelar Sosialisasi Penggunaan ASI (air susu ibu) eksklusif untuk bayi umur 0 hingga 6 bulan. Sosialisasi  yang digelar di Aula Sasana Praja itu menghadirkan peserta yakni para Camat,  Para Kepala Desa, Kepala Puskesmas, komponen dinas/instansi terkait.

Kepala Dinas Kesehatan, dr.  H. April saat membuka kegiatan tersebut menjelaskan program sosialisasi pentingnya penggunaan ASI eksklusif ini selain sebagai bentuk realisasi dari Peraturan Pemerintah RI Nomor 33 Tahun 2012 tentang Pentingnya Air Susu Ibu dan amanat Undang Undang Kesehatan No. 36 tahun 2009 bahwa setiap bayi berhak mendapatkan ASI Eksklusif, juga karena penggunaan ASI eksklusif tersebut memiliki banyak manfaat.

"ASI merupakan asupan gizi yang sangat penting bagi bayi, utamanya bayi yang baru lahir. Karena ASI merupakan makanan utama yang nilai gizinya tak dapat tergantikan oleh makanan yang lainnya, " kata dr. April, Selasa (05/09/2017).

Tidak hanya itu saja, ASI eksklusif juga merupakan cairan yang mengandung antibodi terhadap berbagai penyakit akibat infeksi virus, bakteri dan jamur.

"Pemberian ASI tak sekedar rekomendasi WHO tetapi juga diakui agama sebagai makanan bayi dan anak ciptaan Tuhan yang tidak dapat digantikan dengan makanan dan minuman yang lain," tegasnya.

Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini bisa terbangun pemahaman di masyarakat tentang pentingnya ASI Eksklusif dari tinjauan medis, agama dan ekonomi, serta adanya komitmen semua pihak untuk memberikan dukungan yang optimal dalam memasyarakatkan pentingnya ASI Eksklusif.

Sementara Anggota DPRD Kabupaten Luwu Timur H. M. Sarkawi, yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menyambut baik sosialisasi tersebut. Menurutnya sosialisasi pemberian ASI mesti gencar dilakukan ditengah derasnya iklan susu formula.

"ASI merupakan susu yang benar benar steril dan baik bagi anak,  sedangkan susu formula kehegenisannya belum terjamin," katanya.

Dalam acara ini menghadirkan Narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan,   yakni Astati Made Amin dan Andi Kartini dengan materi Keajaiban ASI Eksklusif dalam membentuk Generasi Bangsa serta Bahaya Pemberian Susu Formula.(ikp/kominfo)

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh BPS
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666