Pemkab Lutim Rekrut 40 Relawan Damkar

Pemkab-Lutim-Rekrut-40-Relawan-DamkarGuna mengantisipasi minimnya jumlah personil pemadam kebakaran di Kabupaten Luwu Timur, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran melakukan pelatihan bagi 40 orang Satuan Relawan Pemadam Kebakaran (Satlakar) yang berlangsung di Aula Hotel Sikumbang Kecamatan Tomoni, Sabtu (26/08/2017).

Asisten Pemerintahan, Dohri As'ari saat membuka pelatihan mengatakan keterbatasan personil Damkar harus diantisipasi dengan merekrut Relawan dan memberikan edukasi tentang pentingnya penanggulangan bencana kebakaran.

"Pelatihan ini akan memberikan bekal pengetahuan kepada para Relawan dan masyarakat umum tentang teknik pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran, evakuasi, termasuk meningkatkan kewaspadaan akan bahaya Kebakaran,"katanya.

Lanjut Dohri, penanganan bencana kebakaran tidak bisa sepenuhnya menjadi tanggung jawab personil pemadam kebakaran saja, apalagi jika melihat jumlah personil yang terbatas. Oleh karena itulah partisipasi Relawan untuk ikut terlibat aktif menangani Kebakaran di wilayahnya masing-masing sangat
dibutuhkan.

Pemkab-Lutim-Rekrut-40-Relawan-Damkar2"Kepada seluruh Satlakar yang akan mengikuti pelatihan di mohon agar memanfaatkan dengan baik kegiatan ini," tandas Dohri.

Dohri menekankan pentingnya pelibatan masyarakat setempat yang harus menjadi bagian dari sistem Damkar. "dengan pelibatan itu, akan meningkatkan kewaspadaan semua pihak terhadap bahaya kebakaran," jelasnya.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran, Burhanuddin mengatakan 40 orang Satuan Relawan tersebut berasal dari 11 kecamatan di Luwu Timur. Masing-masing kecamatan berjumlah 3 hingga 4 orang perwakilan.

Materi yang diajarkan mulai dari teknik pemadaman menggunakan Alat Pemadam Api Ringan, pemeliharaan alat hingga, evakuasi. selain teori juga dibarengi dengan simulasi bencana.

Narasumber dari pelatihan ini dibantu instruktur Pemadam dari Kabupaten Pangkep, Intje Irwan Nurdin, dan Kadis Damkar Kota Palopo, Muhammad Rais.

Burhanuddin juga mensosialisasikan nomor yang bisa dihubungi jika terjadi bencana kebakaran. Untuk area Malili 08114181302,  Towuti 08114181325 dan Posko Tomoni 08114181315.(ikp/kominfo).

Sukseskan Asian Games 2018

Iklan Asian Games web

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh BPS
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666