HUT Otda XXI, Bupati Tegaskan Terapkan Teknologi Informasi Pada Layanan Publik

HUT-Otda-XXIDalam pelaksanaan Otonomi Daerah, Pemerintah Daerah harus senantiasa fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui peningkatan pelayanan publik, peningkatan pemberdayaan masyarakat serta daya saing perekonomian daerah, karena semua ini adalah tujuan utama Otonomi Daerah yang harus menjadi prioritas kebijakan Daerah pada setiap Pemerintah Daerah di Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dalam sambutan yang dibacakan Bupati Luwu Timur H.M. Thorig Husler saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Otonomi Daerah (Otda) XXI, Selasa (25/4/2017) di Halaman Kantor Bupati Luwu Timur.

Tema Peringatan Hari Otonomi Daerah tahun ini adalah "Dengan Semangat Otonomi Daerah, Kita Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik Melalui E-Goverment" salah satu dari makna tema tersebut diantaranya upaya peningkatan kinerja pelayanan publik harus dikelola berbasis teknologi informasi dan komunikasi atau electronic - government agar masyarakat dapat memperoleh informasi secara mudah, cepat dan tepat tentang prosedur pelayanan publik yang disediakan oleh Pemerintah Daerah.

Terkait hal tersebut, dalam bagian petikan sambutan Mendagri, Bupati Luwu Timur H.M Thorig Husler menegaskan agar memanfaatkan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

"Sejalan dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, saya berharap setiap Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Luwu Timur senantiasa berinisiatif untuk mengelola pelayanan publik berbasis electronic - government." ujar Bupati dihadapan para peserta upacara.

Bupati juga menyampaikan bahwa saat ini Kementerian Dalam Negeri sedang mengembangkan Program Smart City atau Kota Pintar, hal tersebut bertujuan untuk mendorong setiap Pemerintah Daerah mengembangkan electronic-government dalam penyediaan pelayanan publik.

Terkait dengan Program Smart City ini, Kemendagri juga mengembangkan Program City Branding atau Pencitraan Kota untuk mendorong setiap Pemerintah Daerah agar memprioritaskan program pembangunan pada sektor tertentu sesuai dengan karakteristik Daerah dan kebutuhan masyarakat yang berbasis electronic-government.

Oleh karena itu, Mendagri berharap setiap Pemerintah Daerah diwajibkan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

"Manfaatkan seluruh potensi sumber daya Daerah dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, dengan melibatkan seluruh warga masyarakat dan kalangan dunia usaha," ujar Bupati saat menyampaikan sambutan Mendagri.

Bupati menambahkan, Pemanfaatan teknologi saat ini merupakan sesuatu hal yang tidak bisa dihindarkan, karena kebutuhan informasi yang sangat cepat, dan tepat menjadi suatu kebutuhan utama disegala aspek. Salah satu teknologi yang paling berkembang adalah teknologi yang berbasis web yang sering disebut dengan internet.

Teknologi ini sudah digunakan diberbagai bidang baik bisnis, pemerintahan, kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya. Teknologi internet yang kini sudah mendarah daging harus dimanfaatkan secara optimal, keberadaan teknologi diharapkan juga bisa menjadi jawaban untuk menyamaratakan kecepatan pelayanan, Untuk mengatasi permasalahan tersebut dan sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan jaringan elektronik.

Olehnya itu, kata Bupati sehubungan dengan penerapan electronic–govertment tahun ini Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, telah menyusun program dan kegiatan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi diantaranya: Pembangunan Jaringan Fiber Optik yang mengkoneksikan semua kantor lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, Pembangunan menara telekomunikasi di 8 (delapan) area blank spot di Kabupaten Luwu Timur, Penguatan jaringan persandian, Penerapan Aplikasi Perkantoran atau yang lebih dikenal dengan nama SIMAYA, Penambahan Bandwidth lokal dan international, Internet gratis di area publik yang ada di wilayah Kecamatan Malili, dan Upgrading website Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur serta Program internet untuk Desa dengan target 60 Desa.

"Ini semua agar pelayanan publik dapat terbuka, mudah dan dapat diakses oleh semua pihak. Semua informasi terkait dengan penanggungjawab/ satuan kerja pelaksana pelayanan, prosedur/persyaratan pelayanan, rincian waktu dan biaya penyelesaian serta hal-hal yang terkait dengan pelayanan publik wajib diinformasikan secara terbuka agar mudah diketahui dan dipahami oleh masyarakat," kata Husler menutup sambutannya.

Turut hadir dalam upacara, Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam, Sekertaris Daerah Bahri Suli, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas/Badan serta kalangan Aparat Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.(ophy/Kominfo)

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh BPS
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666