Pimpin Upacara HKN di Lutim, Dandim Paparkan Potensi Ancaman Bangsa

Pimpin-upacara-HKNRatusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Luwu Timur, Unsur TNI, Polri mengikuti upacara gabungan peringatan Hari Kesadaran Nasional yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Luwu Timur, Senin (17/04/2017).

Meski HKN itu upacara rutin setiap bulannya, namun ada yang istimewa pada peringatan HKN kali ini karena dipimpin langsung Dandim 1403 Sawerigading Letkol Inf Cecep Tendi Sutandi. Hadir pula Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler dan Wakil Bupati, Irwan Bachri Syam, Kajari Malili, Ida Komang Ardhana, Kapolres Luwu Timur, AKBP Parojahan Simanjuntak dan Pabung Simon Marthes.

Dalam amanatnya, Dandim menekankan tentang bagaimana bangsa Indonesia agar mampu menghadapi dan mengikuti perkembangan dan persaingan global, serta bagaimana ancaman dari luar yang dihadapi bangsa ini.

Ia mengingatkan perkembangan situasi yang terjadi dalam kompetisi global tentunya sangat berdampak pada kondisi bangsa Indonesia. Beberapa ancaman yang terjadi antaranya ancaman keutuhan negara seperti konflik pulau Masela yang diketahui merupakan wilayah NKRI. Dimana dipulau tersebut terdapat daerah yang namanya blok Masela yang memiliki kandungan minyak yang besar dan berbatasan langsung dengan Darwin Australia.

Selain itu, konflik di Laut Cina Selatan, negara Cina telah mengklaim bahwa sebagian wilayah perairan di laut Cina Selatan merupakan bagian dari wilayah kedaulatan Cina. Itu artinya bila ini terjadi maka kemungkinan sebagian wilayah NKRI yaitu pulau natuna dan kalimantan akan diklaim sebagai wilayah kedaulatan cina.

Lanjut Cecep, selain ancaman dari luar, NKRI juga menghadapi ancaman dari dalam berupa potensi perkembangan dan kebangkitan PKI, invasi senyap kekuatan asing dalam bentuk SDM, potensi konflik antara etnis dan umat beragama, masih lemahnya kedaulatan dan kemampuan ekonomi masyarakat Indonesia dan bergesernya pemahaman ideologi Pancasila.

"Mari sama-sama kita bersatu dan bersinergi Pemda, Kodim, Polres dan segenap masyarakat Kabupaten Luwu Timur untuk mengawal dan menciptakan kondisi wilayah yang kondusif, cegah hasutan, provokasi dan adu domba, terutama isu-isu melalui media sosial," katanya

Cecep juga mengingatkan bahwa kalau bangsa Indonesia pecah, perang saudara, banyak negara luar yang tepuk tangan dan bahagia. Oleh karena itu hindari perpecahan, hindari perang saudara mulai dari lingkungan masyarakat terkecil, mulai dari lingkungan keluarga, RT/RW, Dusun, Desa dan Kecamatan," tutupnya.

Intinya, kata Cecep, hari kesadaran ini penting untuk menguatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa ditengah ancaman global. Sadari bahwa Bhinneka Tunggal Ika merupakan Center Of Gravity, atau pemersatu bangsa. (fb/Kominfo)

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh BPS
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666