Dispenda Sulsel Sosialisasi Pajak Daerah di Luwu Timur

Sosialisasi-PajakDinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sulawesi Selatan melalui UPTD Wilayah Luwu Timur menggelar sosialisasi pajak daerah di Aula Hotel Sikumbang Kec. Tomoni, Kamis (13/04/2017). Kegiatan ini dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan, Askar dihadiri Kepala Dispenda Sulsel, Tautoto TR, Kepala UPT Pendapatan Wilayah Luwu Timur, Muh Rusmin, Kasat Lantas Polres Luwu Timur, Anis Dj, Jasa Raharja Perwakilan Samsat Luwu Timur, Amirullah.

Kabag TU UPT Pendapatan wilayah Luwu Timur, Andi Muh. Subhan melaporkan bahwa tujuan sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tetang pajak Daerah yang dikelola Pemerintah Provinsi Sulsel , sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pajak Daerah sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

"Selain wujud partisipasi, sosialisasi ini juga dapat menjadi media informasi pajak Daerah bagi masyarakat dan meningkatkan ketaatan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor guna kemajuan pembangunan khususnya pada Kabupaten Luwu Timur," katanya.

Lanjut Subhan, jumlah peserta sebanyak 100 Orang yang terdiri Camat Burau, Wotu, Tomoni, dan Mangkutana beserta kepala Desa/Lurah dan tokoh masyarakat. Sedangkan metode sosialisasi melalui penyajian materi, diskusi dan tanya jawab. Adapun pemateri dari Bapenda Provinsi Sulsel, Kepolisian dan Jasaraharja.

Sementara itu Bupati Luwu Timur yang diwakili oleh Staf Ahli Ekonomi Pembangunan, Askar mengatakan pembayaran pajak merupakan perwujudan dari kewajiban dan peran serta Wajib Pajak untuk secara langsung dan bersama-sama melaksanakan kewajiban perpajakan untuk pembiayaan pembangunan daerah.

Menurutnya strategi ini penting karena sosialisasi ini merupakan upaya menanamkan kesadaran kepada masyarakat betapa pajak sebagai instrument pendanaan dalam pelaksanaan pembangunan daerah yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi.

"Jangan merasa bosan memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai pajak, karena hasil pajak dapat meningkatkan pembangunan di semua sektor,” katanya.

Sementara Kepala Dispenda Sulsel, Tautoto TR dalam arahannya meminta masyarakat taat membayar pajak karena pada dasarnya pajak yang dibayarkan itu untuk kepentingan rakyat juga.

Dikatakannya pajak merupakan sumber penerimaan negara yang sangat besar nilainya. Oleh karena itu masyarakat mesti diberikan pemahaman manfaat pajak dalam memacu pembangunan daerah, karena pajak sangat penting artinya dalam menopang pembiayaan pembangunan nasional.

"Besar kecilnya pajak akan menentukan kapasitas anggaran dalam pembiayaan pembangunan. Dan wujud dari pajak itu akan dikembalikan juga kepada masyarakat untuk membangun daerah,”ujarnya. (is/Kominfo)

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh BPS
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666