Profil Kecamatan Tomoni

PROFIL KECAMATAN TOMONI

Peta-Kec.Tomoni

Link Website Kecamatan Tomoni

 

 

  1. KEADAAN GEOGRAFIS

    Kecamatan Tomoni memiliki luas wilayah 230,09 km2 atau sekitar 3,31 persen dari total luas wilayah Kabupaten Luwu Timur. Kecamatan yang terletak di sebelah barat ibukota Kabupaten Luwu Timur ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Mangkutana di sebelah utara. Sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Tomoni Timur. Sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Wotu dan Burau dan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Luwu Utara. Kecamatan Tomoni terdiri dari 12 desa dan 1 kelurahan yang seluruh desa/kelurahannya berstatus desa definitif. Wilayah Kecamatan Tomoni adalah daerah yang seluruh desanya merupakan wilayah bukan pantai. Secara topografi wilayah Kecamatan Tomoni sebagian besar daerahnya merupakan daerah datar. Terdapat satu sungai yangmengaliri Kecamatan ini yaitu sungai Tomoni.

  2. PEMERINTAHAN

    Pada tahun 2012 di Kecamatan Tomoni terdapat 53 dusun dengan 126 RT. Pada Tahun yang sama pula tercatat sebanyak 2311 lembar surat nikah yang telah dikeluarkan khusus untuk pemeluk Agama Islam.
    Sampai dengan tahun 2012 tercatat sebanyak 71 orang pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Kecamatan Tomoni. Dari jumlah tersebut sebanyak 56 persen (40 orang) merupakan PNS golongan II, 39 persen (28 orang) golongan III dan masing-masing sebanyak 3 dan 2 persen merupakan golongan IV dan golongan I. Berdasarkan Tingkat pendidikannya, PNS di lingkup Kecamatan Tomoni sebagian besar merupakan lulusan pendidikan tinggi. Dari 71 pegawai yang ada terdapat 37 pegawai atau sekitar 52 persen lulusan S1, 21 pegawai merupakan lulusan Diploma atau sekitar 30 persen, sebanyak 10 pegawai atau 14 persen merupakan lulusan S2, sisanya sekitar 4 persen merupakan lulusan SLTA.

  3. PENDUDUK
    Kepadatan penduduk di Kecamatan Tomoni tahun 2012 tergolong tinggi yaitu sekitar 102 orang per kilometer persegi, jauh berada di atas rata-rata Kabupaten Luwu Timur yang berkisar 39 orang per kilometer persegi. Desa yang terpadat penduduknya adalah Desa Tomoni dengan kepadatan 1.487 orang per kilometer persegi, sedang paling rendah adalah Desa Ujung Baru dengan kepadatan sekitar 14 orang per kilometer persegi. Jumlah penduduk di Kecamatan Tomoni sebanyak 23.363 orang yang terbagi ke dalam 6.122 rumah tangga, dengan rata-rata penduduk dalam satu rumahtangga sebanyak 4 orang. Pada tahun yang sama jumlah laki-laki lebih banyak dengan perempuan. Laki-laki sebanyak 11.957 orang dan perempuan sebanyak 11.406 orang, sehingga rasio jenis kelaminnya sebesar 104,83 yang artinya dari 100 wanita terdapat sekitar 105 laki-laki.

  4. SOSIAL

    1. PENDIDIKAN

      Fasilitas pendidikan di Kecamatan Tomoni relatif lengkap. Sarana pendidikan informal (Taman Kanak-Kanak/TK) dan sarana pendidikan formal dari tingkat SD sampai SLTA telah tersedia. Pada tahun 2012, jumlah TK di Kecamatan Tomoni sebanyak 14 unit, sedangkan jumlah SD 16 unit (13 SDN, 2 SDS dan 1 MIS), SLTP 1 unit dan SLTA 2 unit (1 SMKN dan 1 SLTAN). Rasio murid guru memberikan gambaran rata-rata banyaknya murid yang diajar oleh seorang guru. Angka rasio ini dapat digunakan untuk mengukur tingkat efektifitas guru dalam proses belajar mengajar. Pada tahun ajaran 2012 rasio murid guru SD sebesar 16 murid setiap guru. Sedangkan rasio untuk jenjang pendidikan SLTP dan SLTA masing-masing sebesar 25 siswa setiap gurunya.

    2. KESEHATAN

      Fasilitas Kesehatan di Kecamatan Tomoni telah memadai ditandai dengan adanya puskesmas yang terletak di Desa Bayondo ditunjang 11 poskesdes yang tersebar di seluruh. Jumlah tempat praktek dokter yang ada di kecamatan ini sebanyak 2 tempat praktek, sedangkan jumlah tempat praktek bidan yang tersedia sebanyak 1 tempat. Selanjutnya, tenaga medis yang tersedia adalah 3 dokter dan 12 bidan.

      Salah satu cara untuk menekan laju pertumbuhan penduduk adalah melalui program KB. Pada tahun 2012 tercatat sebanyak 3.246 wanita usia 15-49 tahun yang berstatus kawin dan sedang menggunakan KB. Pada tabel 4.2.5 dapat dilihat banyaknya akseptor aktif KB menurut alat kontrasepsi yang digunakan. Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Badan KB-KS Kabupaten Luwu Timur, alat kontrasepsi yang paling banyak menggunakan oleh akseptor Aktif KB di Kecamatan Tomoni adalah suntik, yaitu sebanyak 1.702 orang atau sekitar 41,56 persen.

    3. AGAMA

      Mayoritas penduduk Kecamatan Tomoni beragama Islam. Kondisi ini antara lain dapat dilihat dari banyaknya tempat ibadah bagi umat Islam seperti tersedia 31 mesjid dan 20 mushalah/langgar. Selain itu penduduk Kecamatan Tomoni terdapat komunitas masyarakat yang memeluk agama Kristen dengan jumlah tempat ibadah sebanyak 29 gereja.

    4. PERUMAHAN DAN LINGKUNGAN

      Pada umumnya masyarakat Kecamatan Tomoni menggunakan sumur sebagai sumber air minum utama. Sementara itu, sebagai bahan bakar untuk memasak pada umumnya kayu bakar masih menjadi pilihan utama.

      Selain itu pada umumnya bangunan rumah di Kecamatan Tomoni yang masih belum permanen yaitu sebanyak 2.209 rumah, sedangkan rumah semi permanen dan permanen masing-masing sebanyak 1.202 dan 1.873 rumah.

    5. SOSIAL LAINNYA

      Kemiskinan dapat dilihat dari keterbatasan kemampuan ekonomi masyarakat, Sedangkan keterbatasan kemampuan ekonomi masyarakat dilihat dari banyaknya jumlah keluarga sejahtera. Pada tahun 2012 jumlah keluarga pra-sejahtera mencapai 14,25 persen atau 799 keluarga, sejahtera I mencapai 32,44 persen atau 1.819 keluarga, sejahtera II mencapai 33,51 persen atau 1.879 keluarga, Sejahtera III mencapai 15,53 persen atau 871 keluarga, dan sejahtera III+ mencapai 4,26 persen atau 239 keluarga.

  5. PERTANIAN

    1. TANAMAN PANGAN

      Pada tahun 2012, luas lahan sawah di Kecamatan Tomoni adalah 1.231 hektar atau sekitar 4,8 persen dari luas Kecamatan Tomoni. Selanjutnya luas panen padi di Kecamatan Tomoni sebesar 2.328 yang menghasilkan padi sebesar 18.489,87 ton. Tingkat produktivitas tanaman padi ini mencapai 79,42 kuintal/hektar. Selain padi Kecamatan Tomoni juga menghasilkan jagung, kacang tanah, ubi kayu dan ubi jalar dimana tingkat  produktivitas tertinggi dimiliki oleh ubi jalar sebesar 80,65 kuintal/hektar.

    2. HORTIKULTURA

      Pada Sub Sektor hortikultura Kecamatan Tomoni merupakan penghasil tanaman sayuran, tanaman buah-buahan dan tanaman obatobatan. Komoditi yang disajikan pada tanaman sayuran meliputi sawi, kacang panjang, cabe, tomat, kangkung dan bayam. Produksi terbesar dihasilkan tanaman kacang panjang dengan produksi 98,9 ton.

    3. PERKEBUNAN

      Sementara itu, di sub sektor perkebunan, Kecamatan Tomoni merupakan produsen tanaman kelapa, kelapa sawit, lada dan kakao. Tanaman kelapa sawit merupakan tanaman perkebunan paling potensial dengan luas tanam sebesar 854,50 ha dengan produksi sebesar 9.826,75 ton selama tahun 2012.

    4. PETERNAKAN

      Sapi merupakan ternak besar terbanyak yang terdapat di Kecamatan Tomoni, sebanyak 2.673 ekor,  sedangkan kerbau hanya 2 ekor. Sementara itu, ternak kecil yang paling banyak adalah ternak babi 630 ekor, disusul kambing sebanyak 623 ekor. Selanjutnya ternak unggas yang terbanyak adalah ayam buras sebanyak 81.418 ekor, sedangkan ayam petelur dan ayam pedaging masing-masing sebanyak 30.789 dan 27.000 ekor.

    5. PERIKANAN

      Kecamatan Tomoni memiliki potensi perikanan berupa budidaya ikan di kolam dengan jumlah rumah tangga pembudidaya sebanyak 43 rumah tangga dengan hasil sebanyak 50 ton.

  6. PERINDUSTRIAN, PERTAMBANGAN DAN ENERGI

    1. PERINDUSTRIAN

      Pada tahun 2012, di Kecamatan Tomoni memiliki 79 usaha industri dengan jumlah tenaga kerja sebesar 47 orang. Usaha industri terbanyak adalah usaha industri makanan dan minuman, kebutuhan masyarakat akan ketersediaan makanan dan minuman jadi menjadikan usaha ini masih optimis untuk tetap eksis.

    2. PERTAMBANGAN DAN ENERGI

      Kecamatan Tomoni memiliki potensi penggalian batu dan pasir. Desa yang memiliki potensi ini yaitu Desa Kalpataru. Rumah tangga pelanggan listrik PLN di Kecamatan Tomoni cukup besar sebanyak 4.652 rumah tangga yang tersebar di seluruh desa kecuali desa Ujung Baru dan pelanggan listrik Non-PLN sebanyak 962 rumah tangga.

  7. TRANSPORTASI DAN KOMUNIKASI

    Sarana transportasi darat sudah cukup memadai di Kecamatan Tomoni. Hal ini terlihat dari ketersediaan kendaraan umum penghubung antar desa yang masih didominasi oleh motor ojek. Ketersediaan pom bensin telah dapat dinikmati pula oleh masyarakat Kecamatan Tononi yang berada di desa Tomoni. Sementara itu
    Fasilitas Komunikasi dan Informasi juga telah tersedia dengan terdapatnya 5 warnet dan 3 usaha penyaluran TV kabel.

  8. PERDAGANGAN, HOTEL DAN RESTORAN

    Untuk menunjang kegiatan perekonomian penduduk Kecamatan Tomoni, sampai dengan tahun 2012 terdapat sebanyak 1 pasar, 4 minimarket, 54 pertokoan, 15 restoran/rumah makan, ditunjang dengan 1 hotel berbintang (hotel sikumbang) dan 3 penginapan (penginapan Melati Mekar, penginapan Sumber Urip I dan
    Sumber Urip II).

  9. KEUANGAN

    Koperasi mempunyai peran cukup penting dalam penumbuhan ekonomi kerakyatan. Koperasi mudah dijangkau oleh masyarakat, sehingga sangat membantu bagi pengembangan perokonomian usaha
    kecil dan menengah. Jumlah koperasi Non KUD pada tahun 2012 sebanyak 15 Unit. Desa Tomoni memiliki koperasi Non KUD terbanyak. Sebanyak 7 unit. Lembaga keuangan yang tersedia di Kecamatan Tomoni yaitu 3 bank dan satu pegadaian.

  10. LETAK GEOGRAFIS DAN BATAS ADMINISTRASI KECAMATAN TOMONI

  11. LETAK GEOGRAFIS/Geographical Location
     

    2° 20’ 55” - 2° 32’ 05”

    Lintang Selatan/South Latitude

    120° 33’ 30” - 120° 50’ 15”

    Bujur Timur/East Longitude
    BATAS-BATAS WILAYAH/Administration Boundaries

    SEBELAH UTARA/North Side

    :
    Kecamatan Mangkutana / Mangkutana Subdistrict

    SEBELAH TIMUR/East Side

    :
    Kecamatan Tomoni Timur/ Tomoni Timur Subdistrict

    SEBELAH SELATAN/South Side

    :
    Kecamatan Wotu dan Burau/ Wotu and Burau Subdistrict

    SEBELAH BARAT/ West Side

    :
    Kabupatwn Luwu Utara / Luwu Utara Regency
    LUAS WILAYAH/Total Area 230,09 km2
    JUMLAH DESA/ Number of Village 13 Definitif/ Definitive
    Sumber : Badan Pusat Statistik Kabupaten Luwu Timur

  12. LUAS WILAYAH DAN STATUS HUKUM DESA/KELURAHAN DI KECAMATAN TOMONI
  13. DESA/KELURAHAN
    LUAS WILAYAH (km2)
    PERSENTASE (%)
    STATUS HUKUM
    DEFINITIF
    PERSIAPAN
    001. TADULAKO
    15,45
    6,71
    v
    002. BANGUN KARYA
    34,15
    14,84
    v
    003. LESTARI
    15,66
    6,81
    v
    004. BAYONDO
    28,15
    12,23
    v
    005. BERINGIN JAYA
    3,75
    1,63
    v
    006. MANDIRI
    2,32
    1,01
    v
    007. SUMBER ALAM
    30,00
    13,04
    v
    008. UJUNG BARU
    73,80
    32,07
    v
    009. KALPATARU
    6,24
    2,71
    v
    010. TOMONI
    2,00
    0,87
    v
    011. BANGUN JAYA
    3,64
    1,58
    v
    012. MULYASRI
    14,93
    6,49
    v
    013. RANTE MARIO
    3,04
    1,32
    v
    JUMLAH
    230,09
    100,00
    13
    0
    Sumber : Badan Pusat Statistik Kabupaten Luwu Timur

  14. WILAYAH DAN TOPOGRAFI DESA/KELURAHAN DI KECAMATAN TOMONI
  15. DESA/KELURAHAN
    WILAYAH
    TOPOGRAFI
    PANTAI
    BUKAN PANTAI
    DATAR
    BERBUKIT BUKIT
    001. TADULAKO
    v
    v
    002. BANGUN KARYA
    v
    v
    003. LESTARI
    v
    v
    004. BAYONDO
    v
    v
    005. BERINGIN JAYA
    v
    v
    006. MANDIRI
    v
    v
    007. SUMBER ALAM
    v
    v
    008. UJUNG BARU
    v
    v
    009. KALPATARU
    v
    v
    010. TOMONI
    v
    v
    011. BANGUN JAYA
    v
    v
    012. MULYASRI
    v
    v
    013. RANTE MARIO
    v
    -
    v
    JUMLAH
    0
    13
    9
    4
    Sumber : Badan Pusat Statistik Kabupaten Luwu Timur

  16. JARAK DESA/KELURAHAN KE IBUKOTA KECAMATAN DAN KE IBUKOTA KABUPATEN DI KECAMATAN
    TOMONI
    DESA/KELURAHAN
    JARAK KE - (Km)
    IBUKOTA KECAMATAN
    IBUKOTA KABUPATEN
    001. TADULAKO
    4
    47
    002. BANGUN KARYA
    5
    46
    003. LESTARI
    1,45
    49
    004. BAYONDO
    2,0
    47
    005. BERINGIN JAYA
    0,5
    49
    006. MANDIRI
    0,5
    48
    007. SUMBER ALAM
    5
    60
    008. UJUNG BARU
    15
    67
    009. KALPATARU
    2,5
    57
    010. TOMONI
    0,5
    47
    011. BANGUN JAYA
    1,5
    49
    012. MULYASRI
    -
    -
    013. RANTE MARIO
    -
    -
    Sumber : Kantor Camat Tomoni
     

  17. DATA DESA DAN NAMA KEPALA DESA DI KECAMATAN TOMONI

    NAMA
    NAMA KEPALA DESA
    KECAMATAN
    ALAMAT
    DESA
    TOMONI
    JL. PAMONG PRAJA NO. 02, TELP. (0473) 25101, KODE POS 91972
    BAYONDO
    HESPAN
    MULYASRI
    SUJATI
    TOMONI
    ZULKARNAIN
    LESTARI
    NAHMAN, SP
    KALPATARU
    MUKHTAR
    TADULAKO
    YAN SYUKUR
    BERINGIN JAYA
    Drs. SAPRI
    BANGUN JAYA
    SUNARSONO
    MANDIRI
    ABDULLAH KULLA, S.Pd
    SUMBER ALAM
    ANDI NAZARUDDIN
    UJUNG BARU
    SEMMAUNA
    BANGUN KARYA
    DANIEL

INFOGRAFIS

Resep Anti Hoax web

Webmail
email_icon
Weblink SKPD
  • Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
  • Dinas PMD
  • Dinas Lingkungan Hidup
  • Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan
  • Dinas PPKB
  • Dinas Dukcapil
  • Dinas Pertanian
  • Dinas Perkintan
  • Dinas Kesehatan
  • Dinas Pendidikan
  • Dinas PerkopUKM
  • Dinas SosPP & PA
  • Dinas PU & PR
  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Dinas Perhubungan
  • Badan Perlitbangda
  • BKPSDM
  • BPBD
  • Badan Pengelolaan Keuangan Daerah
  • Inspektorat
  • RSUD Ilagaligo
  • Kesbangpol
  • SatpolPP & Damkar
  • Kecamatan Burau
  • Kecamatan Wotu
  • Kecamatan Mangkutana
  • Kecamatan Kalaena
  • Kecamatan Tomoni
  • Kecamatan Tomoni Timur
  • Kecamatan Angkona
  • Kecamatan Kalaena
  • Kecamatan Malili
  • Kecamatan Wasuponda
  • Kecamatan Towuti
  • Kecamatan Nuha
  • Monev Ekbang 2015

    Format Monitoring Evaluasi
    Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang)
    Setdakab. Luwu Timur

    [File unduh disini]

    Info LPSE Lutim

    .:: LPSE Lutim new1

    Info ULP Lutim

    .:: Info ULP Lutim 2014 new1

    • Pengumuman Lelang Manual Tahap 1 2014
    • Pengumuman Lelang Manual Tahap 2 2014
    • Pengumuman Lelang Manual Tahap 3 2014
    • Daftar Paket Siap Lelang terbaru
    • Daftar Nama-nama Paket ULP Pokja Barang

    ..:: Data selengkapnya Unduh Disini

    Informasi Ketenagakerjaan

    .:: Renstra Naker
        2016 - 2021
    new1

     

    Sepagai upaya peningkatan pelayanan ketenagakerjaan pada Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial khususnya pelayanan Wajib Lapor Ketenagakerjaan bagi perusahaan yang ada di lingkup Pemeritah Kabupaten Luwu Timur, maka Disnakertransos menyediakan Formulir Wajib Lapor Ketenagakerjaan untuk dapat diunduh oleh para pengusaha yang akan melakukan pengurusan Wajib Lapor Ketenagakerjaan.

      Link Download

      Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
       Rencana Pembangunan
       Jangka
      Menengah Daerah
       Kab. Luwu Timur

      data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
       Informasi APBD, Produk
       Hukum, Produk Perencanaan
       Kabupaten Luwu Timur

      Koper-OK  BANSOS DAN DANA HIBAH 
       Informasi Bantuan Sosial
       dan Dana Hibah 2017
       Kabupaten Luwu Timur

      BAKOHUMASJ-fix

      LPSEJ-fix

      BPSJ-fix

      Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

      Seluruh Informasi Pembangunan
      Daerah Kabupaten Luwu Timur
      seluruhnya lengkap disajikan
      pada link di bawah ini

      Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

      Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

      Hemat Energi “Potong 10%”
      Dorong Kesadaran
      Pemanfaatan Energi
      Bertanggung Jawab
      Gunakan tagar #Potong10Persen
      (Narasi Tunggal 21 Mei 2017)

      Unduh File Disini

      Arsip Berita

    • 2017 (159)
    • 2016 (389)
    • 2015 (282)