Badan Penanggulangan Bencana Daerah

BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH

 

strukturBPBDcopy

 

Susunan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Luwu Timur

  1. Kepala Badan
  2. Unsur Pengarah
  3. Kepala Pelaksana
  4. Sekretariat  terdiri dari :
    1. Sub Bagian Perencanaan
    2. Sub Bagian Keuangan
    3. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
  5. Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Pemadam Kebakaran terdiri dari :
  6. Bidang Kedaruratan dan Logistik terdiri dari :
  7. Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi terdiri dari :

TUGAS DAN KEWAJIBAN, FUNGSI, DAN URAIAN TUGAS
JABATAN-JABATAN PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH

1. Kepala Badan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten dipimpin oleh Kepala Badan yang secara ex officio dijabat oleh Sekretaris Daerah Kabupaten yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati.

Tugas dan Kewajiban melaksanakan penyusunan dan kebijakan daerah di bidang penanggulangan bencana daerah kabupaten.

Fungsi

  1. perumusan dan penetapan kebijakan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi dengan bertindak cepat dan tepat, efektif dan efisien;
  2. pengorganisasian pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu dan menyeluruh;

Uraian Tugas

  1. Merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan dan mengendalikan serta menetapkan kebijakan teknis di bidang penanggulangan bencana daerah kabupaten;
  2. Mengkoordinasikan perumusan kebijakan pemerintah daerah Kabupaten;
  3. Mengkoordinasikan perumusan kebijakan bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat;
  4. Mengkoordinasikan perumusan kebijakan bidang perekonomian dan pembangunan;
  5. Melaksanakan pembinaan sumber daya aparatur, keuangan, sarana dan prasarana pemerintah daerah Kabupaten;
  6. Mengkoordinasikan penyelenggaraan pemerintahan dan memantau perkembangan penyelenggaraan pemerintahan;
  7. Mengkoordinasikan penyelenggaraan pembangunan dan memantau perkembangan penyelenggaraan pembangunan dan perekonomian;
  8. Mengkoordinasikan dan mengendalikan perkembangan penyelenggaraan pembinaan kemasyarakatan;
  9. Membina pelaksanaan tugas administrasi, organisasi dan tatalaksana serta memberikan pelayanan teknis administratif kepada seluruh perangkat daerah;
  10. Mengkoordinasikan perumusan kebijakan dalam bidang hukum dan perundang-undangan;
  11. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan Bupati untuk mendukung kelancaran melaksanakan tugas.

 2. Kepala Pelaksana

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Badan dalam hal meyelenggarakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakandaerah di bidang penanggulangan bencana daerah.

Fungsi

  1. Pengoordinasian pelaksanaan kegiatan;
  2. Pengelolaan urusan umum dan administrasi kepegawaian;
  3. Pengelolaan keuangan;
  4. Pengoordinasian dan penyusunan program serta pengolahan dan penyajian data;
  5. Pengelolaan dan pembinaan organisasi dan tatalaksana;
  6. Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

Uraian Tugas

  1. Menyusun rencana kegiatan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan;
  4. Membuat konsep, mengoreksi, memaraf dan / atau menandatangani naskah dinas untuk menghindari kesalahan;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai bidang tugasnya;
  6. Membina, mengawasi, mengendalikan kegiatan penanggulangan bencana;
  7. Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana;
  8. Mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana;
  9. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan secara periodik;
  10. Melaksanakan urusan ketatausahaan;
  11. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan atasan sesuai dengan bidang tugasnya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

3. Sekretaris Badan

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Badan dalam menyelenggarakan pelayanan administrasi; merencanakan, memantau, mengendalikan dan mengevaluasi aset, program/kegiatan dan pengembangan di bidang penanggulangan bencana daerah kabupaten.

Fungsi :

  1. Pengorganisasian, sinkronisasi dan integrasi di lingkungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten;
  2. Pengorganisasian, perencanaan dan perumusan kebijakan teknis Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten;
  3. Pembinaan dan pelayanan administrasi ketatausahaan, hukum, dan pertauran perundang-undangan, organisasi, ketatalaksanaan, kepegawaian, keuangan,persandian, perlengkapan, dan rumah tangga Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten;
  4. Pengorganisasian dalam penyusunan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten;
  5. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten sesuai dengan bidang tugasnya.

Uraian Tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan Sekretariat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan dan member petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancer;
  3. Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan;
  4. Membuat konsep, mengoreksi, memaraf dan / atau menandatangani naskah Badan;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Mengoordinasikan dan menyelenggarakan pengelolaan administrasi umum dan kerja sama;
  7. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan secara periodic;
  8. Menyelenggarakan kebijakan program, keuangan, umum, perlengkapan dan kepegawaian dalam lingkungan Sekretariat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten;
  9. Melaksanakan urusan ketatausahaan Sekretariat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten;
  10. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Sekretariat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  11. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan atasan sesuai dengan bidang tugasnya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

3.a. Kepala Sub Bagian Perencanaan

Tugas dan kewajiban membantu Sekretaris dalam melaksanakan perencanaan, pelaporan, pengendalian data, pembinaan dan evaluasi program/kegiatan Badan.

Fungsi :

  1. Pengkoordinasian penyusunan program Sub Bagian;
  2. Pengelolaan data statistic Sub Bagian;
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pengendalian penyelenggaraan Sub Bagian;
  4. Penyusunan pelaporan pelaksanaan Sub Bagian.

Uraian Tugas :

  1. Merencanakan dan melaporkan kegiatan dan program kerja Sub Bagian Perencanaan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja;
  2. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Perencanaan;
  3. Menghimpun dan menyiapkan bahan-bahan secara menyeluruh untuk penyusunan rencana kegiatan Badan;
  4. Memfasilitasi pelaksanaan koordinasi dengan bagian untuk menyiapkan bahan penyusunan rencana stratejik Badan;
  5. Menyiapkan penyusunan rencana kerja tahunan secara periodic;
  6. Menyiapkan penyusunan Dokumen Pengguna Anggaran (DPA) Badan;
  7. Menyiapkan dan menyusun bahan pengendalian kegiatan Badan;
  8. Melaksanakan monitoring terhadap pelaksanaan program/kegiatan Badan serta menyiapkan tindak lanjut hasil monitoring;
  9. Menyiapkan bahan dan memfasilitasi pelaksanaan rapat koordinasi tingkat kabupaten dan provinsi;
  10. Menyiapkan bahan evaluasi pelaksanaan program/kegiatan Badan dan penyusunan LAKIP Badan;
  11. Membina dan mengarahkan pelaksanaan tugas staf Sub Bagian Perencanaan;
  12. Mengevaluasi pelaksanaan tugas staf Sub Bagian Perencanaan;
  13. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas staf Sub Bagian Perencanaan kepada Sekretaria Badan;
  14. Melaksanakan tugas lainyang diberikan oleh Sekretaris Badan.

3.b. Kepala Sub Bagian Keuangan

Tugas dan kewajiban membantu sekretaris dalam melaksanakan kegiatan anggaran berbasis kinerja dan pertanggungjawaban administrasi keuangan.

Fungsi :

  1. Pengelolaan anggaran Badan;
  2. Pengelolaan administrasi keuangan.

Uraian Tugas :

  1. Merencanakan kegiatan dan program kerja Sub Bagian Keuangan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja;
  2. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan sengan tugas Sub Bagian Keuangan;
  3. Mengumpulkan, mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan tugas-tugas yang berkaitan dengan keuangan;
  4. Melaksanakan analisis keuangan, perbendaharaan, verifikasi, akuntansi, monev anggaran dan pelaporan keuangan Badan;
  5. Merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan sub bagian;
  6. Melaksanakan analisis dan pengembangan kinerja sub bagian;
  7. Melaksanakan administrasi keuangan;
  8. Melaksanakan pembinaan terhadap pemegang kas Badan;
  9. Membina dan mengarahkan pelaksanaan tugas staf Sub Bagian Keuangan;
  10. Mengevaluasi pelaksanaan tugas staf Sub Bagian Keuangan;
  11. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas staf Sub Bagian Keuangan kepada Sekretaris Badan;
  12. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Badan.

3.c. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Tugas dan Kewajiban membantu sekretaris dalam menyelenggarakan ketatausahaan, rumah tangga dan perlengkapan serta pengelolaan administrasi kepegawaian Badan.

Fungsi :

  1. Pengelolaan administrasi  program kerja Badan, urusan rumah tangga, kearsipan perjalanan dinas, pengadaan pemeliharaan inventarisasi perlengkapan, hubungan masyrakat, penyiapan materi hokum dan ketatalaksanaan;
  2. Pengelolaan administrasi kepegawaian meliputi analisis kebutuhan pegawai, jenjang karir, usulan kenaikan pangkat, penghargaan, dan penilaian angka kredit jabatan fungsional;
  3. Pengelolaan sarana dan prasarana penyuluhan;
  4. Pengendalian dan pelaporan administrasi umum dan kepegawaian Badan.

Uraian Tugas:

  1. Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancer;
  3. Memantau, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan;
  4. Membuat konsep, mengoreksi dan memaraf naskah dinas untuk menghindari kesalahan;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Melakukan pengklasifikasian surat menurut jenisnya;
  7. Melakukan administrasi dan pendistribusian naskah dinas masuk dan keluar;
  8. Menata dan melakukan pengarsipan naskah dinas dan pengelolaan perpustakaan;
  9. Mempersiapkan pelaksanaan rapat dinas, upacara bendera, kehumasan dan keprotokolan;
  10. Mengelola sarana dan prasarana serta melakukan urusan rumah tangga;
  11. Mengoordinasikan dan melakukan pemeliharaan kebersihan dan pengelolaan keamanan lingkungan kantor;
  12. Menyiapkan bahan dan menyusun rencana kebutuhan, pemeliharaan dan penghapusan barang;
  13. Menyiapkan bahan dan meyusun administrasi pengadaan, pendistribusian, pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan barang;
  14. Menyiapkan bahan dan menyusun daftar inventarisasi barangserta menyusun laporan barang inventaris;
  15. Menyiapkan bahan, mengelola dan menghimpun daftar hadir pegawai;
  16. Menyiapkan bahan dan mengelola adminstrasi surat tugas dan perjalanan dinas pegawai;
  17. Menyiapkan bahan, mengoordinasikan dan memfasilitasi kegiatan organisasi dan tatalaksana;
  18. Menyiapkan bahan dan menyusun rencana formasi, informasi jabatan dan besetting pegawai;
  19. Menyiapkan bahan dan mengelola adminstrasi kepegawaian meliputi usul kenaikan pangkat, perpindahan, pension, penilaian pelaksanaan pekerjaan, kenaikan gaji berkala, cuti, izin, masa kerja, peralihan status, dan layanan administrasi kpeegawaian lainnya;
  20. Menyiapkan bahan usulan pemberian tanda penghargaan dan tanda jasa pegawai negeri sipil;
  21. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan pembinaan, peningkatan kompetensi, disiplin dan kesejahteraan pegawai negeri sipil;
  22. Mengembangkan penerapan system informasi kepegawaian berbasis teknologi informasi;
  23. Menghimpun dan menyosialisasikan peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian;
  24. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Sub Bagian umum dan Kepegawaian dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  25. Melakukan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

4. Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Pemadam Kebakaran

Tugas dan Kewajiban melaksanakan kegiatan pencegahan melalui pendekatan hokum dan pengawasan pelaksanaan dari perturan perundang-undangan tentang keamanan dan keselamatan yang berlaku dan melakukan segala upaya kegiatan pelatihan, penyiapan sarana dan prasarana serta dukungan logistic untuk menghadapi kemungkinan kegiatan bencana.

Fungsi :

  1. Perumusan rencana dan pelaksanaan pengkajian, pengembangan, pemantauan dan pemantapan penanggulangan bencana;
  2. Penyiapan perumusan kebijakan teknis pencegahan, kesiapsiagaan dan pemadam kebakaran terhadap penanggulangan bencana;
  3. Pelaksanaan evaluasi pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana;
  4. Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

Uraian Tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Pemadam Kebakaran sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan dan member petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancer;
  3. Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan;
  4. Membuat konsep, mengoreksi, memaraf dan / atau menandatangani naskah dinas;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Melaksanakan perumusan rencana dan pelaksanaan pengkajian penanggulangan bencana;
  7. Menyiapkan perumusan kebijakan teknis bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Pemadam Kebakaran;
  8. Melaksanakan evaluasi pelaksanaan kegiatan Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Pemadam Kebakaran;
  9. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Pemadam Kebakaran dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan atasan sesuai dengan bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

4.a. Kepala Seksi Pencegahan

Tugas dan Kewajiban menyelenggarakan sebagian tugas pokok Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Pemadam Kebakaran dalam hal menghindari bencana serta mengurangi resiko bencana pencegahan melalui pendekatan hokum dan pengawasan dari peraturan perundang-undangan tentang keamanan dan keselamatan yang berlaku.

Fungsi :

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi;
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi;
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non structural dalam lingkup seksi;
  4. Pelaksanaan evlauasi program dan kegiatan pejabat non structural dalam lingkup seksi.

Uraian Tugas :

  1. Membuat rencana induk dan rencana daerah dalam rangka pembangunan daerah pemukiman akibat bencana;
  2. Membuat rencana pengembangan wilayah yang berkenaan dengan penanggulangan bencana;
  3. Membuat rencana tata ruang wilayah yang berkenaan dengan penanggulangan bencana;
  4. Membuat rencana induk dan rencana detail pembangunan fasilitas prasarana dalam rangka penanggulangan bencana;
  5. Membuat peta rawan bencana dan penyebarannya kepada masyarakat;
  6. Menyediakan data potensi penanggulangan bencana yang dapat digunakan;
  7. Menyediakan data wilayah yang dapat digunakan dalam system informasi penanggulangan bencana Indonesia;
  8. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan atasan sesuai dengan bidang tugasnya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

4.b. Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan Pemadam Kebakaran

Tugas dan Kewajiban menyelenggarakan sebagian tugas pokok Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Pemadam Kebakarandalam rangka penyiapan pelatihan, sarana dan prasarana serta dukungan logistic untuk menghindari kemungkinan kejadian bencana.

Fungsi :

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi;
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi;
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non structural dalam lingkup seksi;
  4. Pelaksanaan evlauasi program dan kegiatan pejabat non structural dalam lingkup seksi.

Uraian Tugas :

  1. Melakukan pelatihan staf dan satuan melalui uji coba dan gelada tentang rencana kontijensi bencana;
  2. Memberikan petunjuk-petunjuk tentang tugas yang akan dilaksanakan dalam penanggulangan bencana sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing;
  3. Menyiapkan fasilitas dan spesifikasi keahlian Tim Reaksi Cepat (TRC) maupun Satgas Penanggulangan Bencana;
  4. Menyiapkan pos-pos komunikasi di daerah rawan bencana termasuk fasilitas komunikasi;
  5. Menyebarkan informasi tentang bencana yang mungkin timbul denga  segala akibatnya sebagai persiapan penyelamatan atau pengungsian;
  6. Menyiapkan dan memeriksa tanda-tanda bahaya yang berlaku guna peringatan dini bagi masyarakat untuk mengetahui bencana yang terjadi;
  7. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan atasan sesuai dengan bidang tugasnya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
5. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik

Tugas dan Kewajiban melaksanakan kegiatan mencari, mengumpulkan data, melakukan penelitian korban dan kerusakan di lapangan tempat bencana dan mengadakan, menerima, menyiapkan dan menyalurkan bantuan logistic saat terjadi bencana.

Fungsi :

  1. Perumusan rencana dan pelaksanan kegiatan kedaruratan dan logistic penanggulangan bencana;
  2. Penyiapan perumusan kebijakan teknis pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap penanggulangan bencana;
  3. Pelaksanaan evaluasi pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana;
  4. Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

Uraian Tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan Bidang Kedaruratan dan Logistik sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancer;
  3. Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan;
  4. Membuat konsep, mengoreksi, memaraf dan / atau menandatangani naskah dinas;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Melaksanakan perumusan rencana dan pelaksanaan pengkajian kedaruratan dan logistic;
  7. Menyiapkan perumusan kebijakan teknis Bidang Kedaruratan dan Logistik;
  8. Melaksanakan evaluasi pelaksanaan kegiatan kedaruratan dan logistic;
  9. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas kedaruratan dan logistic dan memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan atasan sesuai dengan bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

5.a. Kepala Seksi Kedaruratan

Tugas dan Kewajiban menyelenggarakan sebagian tugas pokok Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik dalam hal melakukan tindakan koordinasi penyelamatan, kesehatan, pekerjaan umum, social dan keamanan saat terjadi bencana di lokasi terjadinya bencana.

Fungsi :

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi;
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi;
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non structural dalam lingkup seksi;
  4. Pelaksanaan evlauasi program dan kegiatan pejabat non structural dalam lingkup seksi.

Uraian Tugas :

  1. Member pertolongan terhadap korban di lokasi bencana;
  2. Mengevakuasi korban ke daerah aman;
  3. Mengoordinasikan lokasi daerah aman dan memberikan tindakan lebih lanjut;
  4. Mengoordinasikan evakuasi medic, pengobatan darurat dan lanjutan ke rumah sakit, menjamin kesehatan dan gizi para pengungsi;
  5. Mengoordinasikan perbaikan darurat terhadap sarana ekonomi, perhubungan dan kehidupan masyarakat, penyediaan air bersih dan fasilitas mandi, cuci, dan kakus (MCK);
  6. Melakukan penghitungan kerugian fisik, sarana dan prasarana akibat bencana;
  7. Memberikan bantuan/tindakan penanggulangan bencana;
  8. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan atasan sesuai dengan bidang tugasnya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

5.b. Kepala Seksi Logistik

Tugas dan Kewajiban menyelenggarakan sebagian tugas pokok Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik dalam rangka penyiapan dukungan logistik untuk kejadian bencana.

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi;
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi;
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non structural dalam lingkup seksi;
  4. Pelaksanaan evlauasi program dan kegiatan pejabat non structural dalam lingkup seksi.

Uraian Tugas

  1. Melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam rangka pengadaan logistik;
  2. Menerima, menyiapkan dan menyalurkan bantuan logistik;
  3. Melakukan pemeliharaan bantuan logistik ketika terjadi bencana;
  4. Melakukan pelaporan bantuan baik penerimaan/penyaluran logistik ketika terjadi bencana;
  5. Menyelenggarakan administrasi pertanggung jawaban bantuan bencana;
  6. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan atasan sesuai bidang tugasnya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
6. Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi

Tugas dan Kewajiban melaksanakan kegiatan menganalisa, mengevaluasi rehabilitasi fisik terbatas, rehabilitasi mental, dan menyiapkan rancangan konstruksi tahan gempa, fasilitas penanggulangan bencana serta memberikan saran penyelamatan terhadap bencana.

Fungsi

  1. Perumusan rencana dan pelaksanan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi;
  2. Penyiapan perumusan kebijakan teknis rehabilitasi dan rekonstruksi terhadap bencana;
  3. Pelaksanaan evaluasi pelaksanaan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi;
  4. Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

Uraian Tugas

  1. Menyusun rencana kegiatan Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan;
  4. Membuat konsep, mengoreksi, memaraf dan / atau menandatangani naskah dinas;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Melaksanakan perumusan rencana dan pelaksanaan pengkajian kedaruratan dan logistik;
  7. Menyiapkan perumusan kebijakan teknis bidang rehabilitasi dan rekonstruksi;
  8. Melaksanakan evaluasi pelaksanaan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi;
  9. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas rehabilitasi dan rekonstruksi dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan atasan sesuai dengan bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.
6.a. Kepala Seksi Rehabilitasi

Tugas dan Kewajiban menyelenggarakan sebagian tugas pokok Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi dalam hal menganalisa dan mengevaluasi akibat bencana serta merehabilitasi dan mengendalikan kegiatan rehabilitasi.

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi;
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi;
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non structural dalam lingkup seksi;
  4. Pelaksanaan evlauasi program dan kegiatan pejabat non structural dalam lingkup seksi.

Uraian Tugas

  1. Menganalisa secara menyeluruh dan mengevaluasi akibat bencana;
  2. Merehabilitasi fisik terbatas dan rehabilitasi mental yang terkena bencana;
  3. Mengendalikan dan melaporkan pelaksanaan rehabilitasi ketika terjadi bencana;
  4. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan atasan sesuai bidang tugasnya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

6.b. Kepala Seksi Rekonstruksi

Tugas dan Kewajiban menyelenggarakan sebagian tugas pokok Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi dalam rangka merekonstruksi akibat bencana.

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi;
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi;
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non structural dalam lingkup seksi;
  4. Pelaksanaan evlauasi program dan kegiatan pejabat non structural dalam lingkup seksi.

Uraian Tugas

  1. Melakukan kegiatan yang berkenaan dengan ketahanan terhadap gempa;
  2. Menyiapkan fasilitas terhadap penanggulangan bencana;
  3. Memberikan saran-saran serta laporan terhadap penyelamatan akibat bencana;
  4. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan atasan sesuai dengan bidang tugasnya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

 

Idul Fitri 1438H / 2017M

Banner-Idul-Fitri-1438H

Webmail
email_icon
Weblink SKPD
  • Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
  • Dinas PMD
  • Dinas Lingkungan Hidup
  • Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan
  • Dinas PPKB
  • Dinas Dukcapil
  • Dinas Pertanian
  • Dinas Perkintan
  • Dinas Kesehatan
  • Dinas Pendidikan
  • Dinas PerkopUKM
  • Dinas SosPP & PA
  • Dinas PU & PR
  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Dinas Perhubungan
  • Badan Perlitbangda
  • BKPSDM
  • BPBD
  • Badan Pengelolaan Keuangan Daerah
  • Inspektorat
  • RSUD Ilagaligo
  • Kesbangpol
  • SatpolPP & Damkar
  • Kecamatan Burau
  • Kecamatan Wotu
  • Kecamatan Mangkutana
  • Kecamatan Kalaena
  • Kecamatan Tomoni
  • Kecamatan Tomoni Timur
  • Kecamatan Angkona
  • Kecamatan Kalaena
  • Kecamatan Malili
  • Kecamatan Wasuponda
  • Kecamatan Towuti
  • Kecamatan Nuha
  • Monev Ekbang 2015

    Format Monitoring Evaluasi
    Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang)
    Setdakab. Luwu Timur

    [File unduh disini]

    Info LPSE Lutim

    .:: LPSE Lutim new1

    Info ULP Lutim

    .:: Info ULP Lutim 2014 new1

    • Pengumuman Lelang Manual Tahap 1 2014
    • Pengumuman Lelang Manual Tahap 2 2014
    • Pengumuman Lelang Manual Tahap 3 2014
    • Daftar Paket Siap Lelang terbaru
    • Daftar Nama-nama Paket ULP Pokja Barang

    ..:: Data selengkapnya Unduh Disini

    Informasi Ketenagakerjaan

    .:: Renstra Naker
        2016 - 2021
    new1

     

    Sepagai upaya peningkatan pelayanan ketenagakerjaan pada Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial khususnya pelayanan Wajib Lapor Ketenagakerjaan bagi perusahaan yang ada di lingkup Pemeritah Kabupaten Luwu Timur, maka Disnakertransos menyediakan Formulir Wajib Lapor Ketenagakerjaan untuk dapat diunduh oleh para pengusaha yang akan melakukan pengurusan Wajib Lapor Ketenagakerjaan.

      Link Download

      Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
       Rencana Pembangunan
       Jangka
      Menengah Daerah
       Kab. Luwu Timur

      data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
       Informasi APBD, Produk
       Hukum, Produk Perencanaan
       Kabupaten Luwu Timur

      Koper-OK  BANSOS DAN DANA HIBAH 
       Informasi Bantuan Sosial
       dan Dana Hibah 2017
       Kabupaten Luwu Timur

      BAKOHUMASJ-fix

      LPSEJ-fix

      BPSJ-fix

      Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

      Seluruh Informasi Pembangunan
      Daerah Kabupaten Luwu Timur
      seluruhnya lengkap disajikan
      pada link di bawah ini

      Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

      Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

      Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
      dalam Pembangunan, bertema

      Fintech untuk Pembangunan
      yang Inklusif dan Berkelanjutan

      Gunakan tagar #fintech
      (Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

      Unduh File Disini

      fintech

      Arsip Berita

    • 2017 (179)
    • 2016 (389)
    • 2015 (282)