Profil Kecamatan Burau

    PROFIL KECAMATAN BURAU

    Peta-Kec.Burau

      Link Website Kecamatan Burau
      1. KEADAAN GEOGRAFIS

        Kecamatan Burau merupakan salah satu kecamatan yang  terletak di sebelah barat ibu kota Kabupaten Luwu Timur, dengan luas  wilayah 256,23 km 2 . Kecamatan Burau berbatasan dengan Kecamatan  Tomoni di sebelah utara, Kecamatan Wotu di sebelah timur, sebelah  selatan berbatasan dengan Teluk Bone, dan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Luwu Utara. Kecamatan Burau terdiri  dari 18 desa yang kesemuanya berstatus desa definitif. Dari 18 desa  yang ada, terdapat 3 desa yang baru dimekarkan yaitu desa Kalatiri  pemekaran dari desa Mabonta, desa Lambara Harapan pemekaran  dari desa Laro, dan desa Asana pemekaran dari desa Lewonu. Sebagian  besar wilayah Kecamatan Burau bukan daerah pantai dengan topografi  yang relatif datar. Kecamatan Burau dialiri oleh 13 sungai, sebagian  besar mengalir di Desa Jalajja.

      2. PEMERINTAHAN
        Kecamatan Burau terdiri dari 66 dusun dengan 170 RT. Jumlah  Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja di lingkup kantor camat Burau,  puskesmas Burau, Kantor Urusan Agama (KUA) Burau, dan Balai  Penyuluhan Pertanian sebanyak 77 orang, terdiri dari 44 PNS golongan  II, 31 PNS golongan III, dan 2 PNS golongan IV. Selain PNS, terdapat 24  personil polisi yang siap memberikan pelayanan kepada masyarakat  kecamatan Burau.

      3. PENDUDUK
        Pada Tahun 2012 Kecamatan Burau memiliki jumlah penduduk  sebanyak 34.050 orang dengan jumlah Kepala keluarga sekitar 8.096  keluarga. Dengan luas wilayah 256,23 km2, kepadatan penduduk di  Kecamatan Burau tahun 2012 rata-rata 132 orang per kilometer  persegi. Desa yang memiliki kepadatan penduduk paling tinggi adalah  Desa Lagego dengan kepadatan 334 orang per kilometer persegi,  sedangkan Desa Batu Putih mempunyai kepadatan penduduk paling  kecil, yaitu 37 orang per kilometer persegi.

        Dari perbandingan jumlah penduduk laki-laki dengan jumlah  penduduk perempuan dapat dilihat bahwa  Kecamatan Burau memiliki  jumlah penduduk laki-laki yang lebih banyak dibandingkan dengan  jumlah penduduk perempuan. Jumlah penduduk laki-laki sebanyak  17.242 orang sedangkan perempuan sebanyak 16.808 orang, sehingga  rasio jenis kelaminnya sebesar 102,58 yang artinya dari 100 wanita  terdapat sekitar 103 laki-laki. Sementara itu, laju pertumbuhan  penduduk dari tahun 2011-2012 sebesar –1,67 persen.

      4. SOSIAL

        1. PENDIDIKAN
          Fasilitas pendidikan di Kecamatan Burau dari tingkat TK sampai  dengan tingkat SMA telah tersedia. Pada Tahun 2012, Kecamatan  Burau memiliki 27 unit TK dengan jumlah murid 1.189 orang, 20 unit  SD dengan jumlah murid 4.755 orang, 7 unit SLTP dengan jumlah siswa  2.435 orang, dan 3 unit SMA dengan jumlah siswa 1.262 orang. Rasio murid terhadap guru memberikan gambaran rata-rata  banyaknya murid yang diajar oleh seorang guru. Angka rasio ini dapat  digunakan untuk mengukur tingkat efektifitas guru dalam proses  belajar mengajar. Semakin kecil angka rasio maka semakin tinggi  tingkat efektifitas proses belajar mengajar. Pada tahun ajaran  2011/2012 rasio murid terhadap guru SD sebesar 15,14 artinya setiap guru SD rata-rata menghadapi 15 murid SD dalam proses belajar mengajar, untuk tingkat SLTP sebesar 13,09, artinya setiap guru SLTP rata-rata menghadapi 13 murid SLTP dalam proses belajar mengajar, dan untuk tingkat SMA angka rasio siswa guru sebesar 17,29, artinya setiap guru SMA rata-rata menghadapi 17 siswa SMA dalam proses belajar mengajar.

        2. KESEHATAN
          Fasilitas kesehatan di Kecamatan Burau relatif sudah lengkap.  Kecamatan ini memiliki 1 unit puskesmas, 10 unit Pustu, 6 unit  Poskesdes, 36 unit posyandu, 2 praktek dokter, 21 praktek bidan, dan  terdapat 2 unit apotek. Tenaga medis yang tersedia di kecamatan  Burau diantaranya 3 dokter umum dan 1 dokter gigi, 22 bidan, 21  perawat, 27 dukun bayi, dan 41 tenaga kesehatan lainnya.

          Jumlah Pengunjung Puskesmas Burau pada tahun 2012 rata  rata mencapai 3.603 orang perbulan atau sekitar 150 orang per hari  kerjanya. Jumlah pengunjung puskesmas yang menggunakan  Jamkesda sebesar 41.230 orang, pengguna jamkesmas sebesar 1.365  orang, dan pengguna jamsostek sebesar 647 orang.  Berdasarkan data dari Badan KB-KS Se-Kecamatan Burau,  jumlah Pasangan Usia Subur (PUS) mencapai 5.328 pasangan. Badan KB-KS Se-Kecamatan Burau juga mencatat bahwa 7.580 Wanita Berumur 15-49 Tahun dan Berstatus Kawin Sedang Menggunakan/Memakai Alat KB.

        3. AGAMA
          Mayoritas penduduk Kecamatan Burau beragama Islam.  Kondisi ini antara lain dapat dilihat dari banyaknya tempat ibadah bagi  umat Islam seperti mesjid sebanyak 57 buah dan mushalah/langgar  sebanyak 15 buah. Penduduk kecamatan Burau sebagian juga  memeluk agama Kristen dan Hindu dengan jumlah tempat ibadah  berupa gereja sebanyak 35 buah dan pura sebanyak 3 buah.

        4. SOSIAL LAINNYA
          Tinggi atau rendahnya frekuensi tindak kriminal akan menjadi  indikator besarnya ancaman terhadap keamanan dan ketertiban  umum di daerah. Oleh karena itu, sebagai indikator keamanan maka  statistik kriminal perlu diamati dari waktu ke waktu. Sampai dengan  tahun 2012, tercatat terjadi 52 kasus kriminalitas yang didominasi oleh  kasus perkelahian dan penganiayaan serta pencurian.

        5. PERUMAHAN DAN LINGKUNGAN
          Pada umumnya masyarakat Kecamatan Burau menggunakan  sumur sebagai sumber air minum utama. Sebagai bahan bakar untuk  memasak, masyarakat Burau masih menggunakan Gas LPG dan kayu bakar sebagai pilihan utama. Sebagian besar bangunan rumah di Kecamatan Burau belum permanen, jumlahnya mencapai 4.000 rumah, sedangkan rumah semi permanen dan permanen masing-masing sebanyak 1.813 dan 1.157 rumah.

      5. PERTANIAN DAN PERKEBUNAN

        1. TANAMAN PANGAN
          Luas lahan sawah yang berada di kecamatan Burau hingga  akhir tahun 2012 mencapai 3.381 hektar. Luas panen padi di  Kecamatan Burau selama tahun 2012 sebanyak 5.848 hektar dengan  produksi mencapai 39.518,70 ton. Selain komoditas padi, Kecamatan  Burau juga menjadi penghasil tanaman pangan lain seperti Jagung,  kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu dan ubi jalar. 

        2. HORTIKULTURA
          Kecamatan Burau juga menjadi penghasil tanaman  hortikultura berupa sayuran dan tanaman  buah-buahan. Komoditi  yang dihasilkan dari tanaman sayuran meliputi Cabe, Tomat, dan  Kacang panjang. Tanaman buah-buahan yang dihasilkan meliputi  mangga, durian, jeruk, pepaya, pisang, nanas, dan rambutan dengan  produksi terbesar adalah buah Rambutan sebanyak 1.546 ton.

        3. PERKEBUNAN
          Untuk sub sektor perkebunan, Kecamatan Burau merupakan  produsen tanaman kelapa, kelapa sawit, lada, dan kakao. Tanaman  kelapa sawit dan kakao merupakan tanaman perkebunan paling  potensial di kecamatan Burau. Luas panen kelapa sawit sebesar 1.224,17 ha menghasilkan produksi sebesar 8.451,03 ton, sedangkan  tanaman kakao dengan luas panen sebanyak 6.841,18 ha  menghasilkan produksi sebesar 3.829,05 ton selama tahun 2012. 

        4. PETERNAKAN
          Sapi potong merupakan ternak besar terbanyak yang terdapat  di Kecamatan Burau, jumlahnya mencapai 1.365 ekor. Ternak kecil  yang paling banyak dipelihara di kecamatan Burau adalah ternak  kambing sebanyak 768 ekor. Sementara itu ayam kampung menjadi  ternak unggas yang paling banyak di pelihara, jumlahnya mencapai  19.789 ekor.

        5. PERIKANAN
          Kecamatan Burau adalah salah satu kecamatan yang berada di  pesisir Teluk Bone sehingga daerah ini memiliki potensi yang sangat  besar terhadap perikanan laut dengan total produksi yang dihasilkan  selama tahun 2012 sebanyak 2.030 ton ikan. Disamping perikanan  laut, daerah ini juga memiliki potensi terhadap perikanan budidaya  dengan produksi sebesar 6.981 ton. Produksi perikanan budidaya terbanyak di Kecamatan ini berada pada budidaya laut dengan total produksi sebanyak 5.169 ton.

      6. PERINDUSTRIAN, PERTAMBANGAN DAN ENERGI

        1. PERINDUSTRIAN
          Pada tahun 2012, Kecamatan Burau memiliki 112 usaha industri dengan jumlah tenaga kerja sebesar 182 orang. Usaha industri yang paling banyak menyerap tenaga kerja adalah usaha industri kayu, barang -barang dari kayu ( tidak termasuk furnitur), dan barang - barang anyaman dari rotan, bambu, dan sejenisnya, jumlahnya mencapai 90 orang.

        2. PERTAMBANGAN DAN ENERGI
          Kecamatan Burau memiliki potensi penggalian batu dan pasir, potensi ini terletak di desa Lumbewe dan desa Jalajja. Sebagian besar masyarakat yang ada di kecamatan Burau menggunakan listrik PLN, hanya desa Cendana, batu putih, dan sebagian masyarakat desa lagego yang menggunakan listrik non PLN. Jumlah Rumah tangga pelanggan listrik PLN di Kecamatan Burau mencapai 3.671 rumah tangga, sementara pelanggan listrik non PLN sebanyak 227 rumah tangga.

      7. TRANSPORTASI DAN KOMUNIKASI
        Sarana transportasi darat sudah cukup memadai di Kecamatan  Burau, hal ini terlihat dari ketersediaan kendaraan umum penghubung antar desa seperti motor ojek. Hanya saja ketersediaan pom bensin belum dapat dinikmati oleh masyarakat Kecamatan Burau. Fasilitas Komunikasi dan Informasi di kecamatan ini belum memadai, hal ini terlihat dari tidak adanya fasilitas wartel dan warnet, begitupula dengan kantor pos.

      8. PERDAGANGAN, HOTEL DAN RESTORAN
        Untuk menunjang kegiatan perekonomian penduduk di Kecamatan Burau, sampai dengan tahun 2012 kecamatan ini didukung oleh 8 unit pasar, 4 rumah makan/restoran, dan 15 unit warung makan/kedai.

      9. KEUANGAN
        Pada tahun 2012 realisasi pendapatan Asli Daerah Kecamatan Burau mencapai angka 100 persen, begitupula realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang mencapai angka 100 persen untuk tiap desanya. Hal ini mencerminkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak untuk pembangunan relatif tinggi. Lembaga keuangan yang tersedia di Kecamatan Burau terletak di desa Jalajja, masing-masing satu bank BRI dan satu unit pegadaian.

      10. LETAK GEOGRAFIS DAN BATAS ADMINISTRASI KECAMATAN BURAU

      11. LETAK GEOGRAFIS/Geographical Location

        2 25’ 50” - 2 40’ 09”

         
        Lintang Selatan/South Latitude

        120 33’ 08” - 121 46’ 35

        Bujur Timur/East Lon
        BATAS-BATAS WILAYAH/Administration Boundaries

        SEBELAH UTARA/North Side

        :
        Kecamatan Tomoni / Subdistrict of Tomoni

        SEBELAH TIMUR/East Side

        :
        Kecamatan Wotu / Subdistrict of Wotu

        SEBELAH SELATAN/South Side

        :
        Teluk Bone / Gulf of Bone

        SEBELAH BARAT/ West Side

        :
        Kabupaten Luwu Utara / Regency of Luwu Utara
        LUAS WILAYAH/Total Area 256,23 km2
        JUMLAH DESA/ Number of Village 18 Definitif/ Definitive
        Sumber : Badan Pusat Statistik Kabupaten Luwu Timur

      12. LUAS WILAYAH DAN STATUS HUKUM DESA/KELURAHAN DI KECAMATAN BURAU
      13. DESA/KELURAHAN
        LUAS WILAYAH (km2)
        PRESENTASE (km²)
        STATUS HUKUM
        DEFINITIF
        PERSIAPAN
        001. LAUWO
        27,22
        10,62
        v
        002. LAGEGO
        7,45
        2,91
        v
        003. BURAU
        10,04
        3,92
        v
        004. LUMBEWE
        17,55
        6,85
        v
        005. JALAJJA
        14,61
        5,70
        v
        006. MABONTA
        10,39
        4,05
        v
        007. LARO
        5,96
        2,33
        v
        008. LEWONU
        14,33
        5,59
        v
        009. LANOSI
        19,87
        7,75
        v
        010. BONEPUTE
        18,58
        7,25
        v
        011. BENTENG
        12,23
        4,77
        v
        012. LAMBARESE
        20,01
        7,81
        v
        013. CENDANA
        25,09
        9,79
        v
        014. BATU PUTIH
        24,09
        9,40
        v
        015. BURAU PANTAI                        8,04                   3,14 v
        016. KALATIRI                        8,39               3,27 v
        017.LAMBARAHARAPAN                    5,00                1,95 v
        018. ASANA                        7,38         2,88 v
        JUMLAH
        256,23
        100,00
        18
        0
        Sumber : Badan Pusat Statistik Kabupaten Luwu Timur

      14. WILAYAH DAN TOPOGRAFI DESA/KELURAHAN DI KECAMATAN BURAU
      15. DESA/KELURAHAN
        WILAYAH
        TOPOGRAFI
        PANTAI
        BUKAN PANTAI
        DATAR
        BERBUKIT BUKIT
        001. LAUWO
        v
        v
        002. LAGEGO
        v
        v
        003. BURAU
        v
        v
        004. LUMBEWE
        v
        v
        005. JALAJJA
        v
        v
        006. MABONTA
        v
        v
        007. LARO
        v
        v
         
        008. LEWONU
        v
        v
        009. LANOSI
        v
        v
        010. BONEPUTE
        v
        v
        011. BENTENG
        v
        v
        012. LAMBARESE
        v
        v
        013. CENDANA
        v
        v
        014. BATU PUTIH
        v
        v
        015. BURAU PANTAI
        v
        v
        016. KALATIRI
        v
        v
        017.LAMBARAHARAPAN
        v
        v
        018. ASANA
        v
        v
        JUMLAH
        4
        14
        12
        6
        Sumber : Badan Pusat Statistik Kabupaten Luwu Timur

      16. JARAK DESA/KELURAHAN KE IBUKOTA KECAMATAN DAN KE IBUKOTA KABUPATEN
        DI KECAMATAN BURAU
        DESA/KELURAHAN
        JARAK KE - (Km)
        IBUKOTA KECAMATAN
        IBUKOTA KABUPATEN
        001. LAUWO
        5
        71
        002. LAGEGO
        3
        69
        003. BURAU
        1
        67
        004. LUMBEWE
        1
        63
        005. JALAJJA
        3
        60
        006. MABONTA
        10
        67
        007. LARO
        12
        52
        008. LEWONU
        11
        53
        009. LANOSI
        10
        54
        010. BONEPUTE
        8
        56
        011. BENTENG
        6
        58
        012. LAMBARESE
        5
        59
        013. CENDANA
        12
        69
        014. BATU PUTIH
        8
        75
        015. BURAU PANTAI 3 69
        015. KALATIRI 7 64
        015.LAMBARAHARAPAN 14 54
        015. ASANA 13 55
        Sumber : Kantor Desa Se-Kecamatan Burau

      17. DATA DESA DAN NAMA KEPALA DESA DI KECAMATAN BURAU

        NAMA
        NAMA KEPALA DESA
        KECAMATAN
        ALAMAT
        DESA
        BURAU
        JL. TRANS SULAWESI KM. 502 MKS-BURAU, KODE POS 92971
        BURAU
        ANDI PAMELLERI
        JALAJJA
        MUH. IQBAL SAMAD
        LEWONU
        EDI PURNOMO
        LAMBARESE
        LUKMAN
        LAUWO
        THARIM LANGAJI, SE
        BONE PUTE
        FIRDAUS
        LUMBEWE
        NAHRIS
        MABONTA
        TAMSIN
        LARO
        SEHU
        BENTENG
        ANDI SALAHUNDDIN
        BATU PUTIH
        BAHARUDDIN
        LANOSI
        MUHTAR
        LAGEGO
        MASDAR SYAM
        CENDANA
        M. ARSAH
        BURAU PANTAI
        AKMAL, S.Ag
        KALATIRI
        -
        LAMBARA HARAPAN
        -
        ASANA
        -

      Idul Fitri 1438H / 2017M

      Banner-Idul-Fitri-1438H

      Webmail
      email_icon
      Weblink SKPD
    1. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
    2. Dinas PMD
    3. Dinas Lingkungan Hidup
    4. Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan
    5. Dinas PPKB
    6. Dinas Dukcapil
    7. Dinas Pertanian
    8. Dinas Perkintan
    9. Dinas Kesehatan
    10. Dinas Pendidikan
    11. Dinas PerkopUKM
    12. Dinas SosPP & PA
    13. Dinas PU & PR
    14. Dinas Komunikasi dan Informatika
    15. Dinas Perhubungan
    16. Badan Perlitbangda
    17. BKPSDM
    18. BPBD
    19. Badan Pengelolaan Keuangan Daerah
    20. Inspektorat
    21. RSUD Ilagaligo
    22. Kesbangpol
    23. SatpolPP & Damkar
    24. Kecamatan Burau
    25. Kecamatan Wotu
    26. Kecamatan Mangkutana
    27. Kecamatan Kalaena
    28. Kecamatan Tomoni
    29. Kecamatan Tomoni Timur
    30. Kecamatan Angkona
    31. Kecamatan Kalaena
    32. Kecamatan Malili
    33. Kecamatan Wasuponda
    34. Kecamatan Towuti
    35. Kecamatan Nuha
    36. Monev Ekbang 2015

      Format Monitoring Evaluasi
      Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang)
      Setdakab. Luwu Timur

      [File unduh disini]

      Info LPSE Lutim

      .:: LPSE Lutim new1

      Info ULP Lutim

      .:: Info ULP Lutim 2014 new1

      • Pengumuman Lelang Manual Tahap 1 2014
      • Pengumuman Lelang Manual Tahap 2 2014
      • Pengumuman Lelang Manual Tahap 3 2014
      • Daftar Paket Siap Lelang terbaru
      • Daftar Nama-nama Paket ULP Pokja Barang

      ..:: Data selengkapnya Unduh Disini

      Informasi Ketenagakerjaan

      .:: Renstra Naker
          2016 - 2021
      new1

       

      Sepagai upaya peningkatan pelayanan ketenagakerjaan pada Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial khususnya pelayanan Wajib Lapor Ketenagakerjaan bagi perusahaan yang ada di lingkup Pemeritah Kabupaten Luwu Timur, maka Disnakertransos menyediakan Formulir Wajib Lapor Ketenagakerjaan untuk dapat diunduh oleh para pengusaha yang akan melakukan pengurusan Wajib Lapor Ketenagakerjaan.

        Link Download

        Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
         Rencana Pembangunan
         Jangka
        Menengah Daerah
         Kab. Luwu Timur

        data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
         Informasi APBD, Produk
         Hukum, Produk Perencanaan
         Kabupaten Luwu Timur

        Koper-OK  BANSOS DAN DANA HIBAH 
         Informasi Bantuan Sosial
         dan Dana Hibah 2017
         Kabupaten Luwu Timur

        BAKOHUMASJ-fix

        LPSEJ-fix

        BPSJ-fix

        Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

        Seluruh Informasi Pembangunan
        Daerah Kabupaten Luwu Timur
        seluruhnya lengkap disajikan
        pada link di bawah ini

        Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

        Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

        Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
        dalam Pembangunan, bertema

        Fintech untuk Pembangunan
        yang Inklusif dan Berkelanjutan

        Gunakan tagar #fintech
        (Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

        Unduh File Disini

        fintech

        Arsip Berita

      • 2017 (179)
      • 2016 (389)
      • 2015 (282)