Pemkab Lutim Fokuskan Program Desa Mandiri Pangan

dewan-ketahananpanganUntuk mewujudkan kedaulatan pangan, Pemkab Luwu Timur terfokus pada mengembangkan Program Desa Mandiri Pangan serta Program Percepatan Pola Komsumsi Pangan (P2KP). Pasalnya kedua program ini merupakan lokomotif Ketahanan Pangan dalam pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan di Pedesaan.

Pernyataan ini disampaikan Wakil Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler saat membuka rapat dewan ketahanan pangan yang berlangsung di Aula Sasana Praja Kantor Bupati, Rabu (10/12) kemarin. Kegiatan yang bertemakan “Pembangunan Pangan Yang Berkeadilan dan Bermartabat Untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan dan Gizi Seimbang” diikuti beberapa SKPD terkait, penyuluh pertanian dan masyarakat.

Lanjut Husler, Ketahanan Pangan merupakan salah satu pilar utama pembangunan ekonomi di Luwu Timur yang sudah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sejak Tahun 2011 sampai Tahun 2015 mendatang dimana sasaran utamanya memang difokuskan pada wilayah pedesaan.

Selain program desa mandiri pangan, beberapa program lainnya juga terus dikembangkan diantaranya meningkatkan kualitas konsumsi melalui pola komsumsi pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dan mengembangkan Rumah Pangan Lestari (RPL), hingga menjaga stabilitas produksi dan sumberdaya alam secara optimal termasuk pemanfaatan lahan pertanian non produktif.

Sekretaris Badan Ketahanan Pangan, Andi Polejiwa mengatakan tujuan yang ingin dicapai dari rapat ini untuk meningkatkan pemahaman pemerintah dan masyarakat tentang berbagai hambatan pemenuhan hak atas pangan dan strategi dalam melakukan percepatan percapaian sasaran swasembada 5 (lima) komoditas pangan pokok yaitu : Pencapaian swasembada beras, jagung berkelanjutan,swasembada kedelai, gula dan daging sapi pada tahun 2014 merupakan kebijakan nasional yang perlu ditindak lanjuti di daerah secara efektif, efisien, transparan dan akuntable. (hms)

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh BPS
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666