75 Perangkat Desa Ikut Bimtek Pemerintahan Desa

bimtek-Pemerintahan-DesaSebanyak 75 orang perangkat desa  mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemerintahan Desa yang digelar Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur yang berlangsung di Aula Hotel Melati Mekar, Rabu (13/03). Kegiatan ini dibuka Asisten Pemerintahan Setdakab Lutim, Firmanza DP didampingi Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, Andi Murphy dan Kabag Bina Pemerintahan Desa Setda Provinsi Sulawesi Selatan, H Andi Besse Wana.

Panitia Penyelenggara yang juga Kasubag Bina Kelembagaan Desa Provinsi Sulsel, Rosmawati mengatakan kegiatan bimtek ini berlangsung selama dua hari, 13-14 Maret 2013 yang  bertujuan untuk meningkatkan SDM bagi Lembaga Desa/ Perangkat Desa agar dalam menyelenggarakan urusan Pemerintahan Desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lanjut Rosmawati, Bimtek yang dilaksanakan saat ini merupakan tindak lanjut dari Bimtek yang diselenggarakan pada tahun 2012 lalu yang diikuti sebanyak 100 peserta, namun untuk tahun 2013 ini hanya di ikuti 75 orang peserta.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan, Firmanza DP dalam sambutannya mengatakan Desa  memiliki posisi yang penting dan strategis  sebagai basis penyelenggaraan pelayanan publik, karena itu, kata Firmanza, untuk dapat menjalankan perannya secara efektif dan efesien, Pemerintah Desa perlu terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan kemajuan masyarakat desa dan lingkungan sekitarnya. Dengan kata lain, perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat desa  perlu diimbangi pula dengan Pengembangan Kapasitas Pemerintahan Desanya

Lanjut Fimanza, kelemahan mendasar yang menyebabkan kurang berkembangnya potensi Desa saat ini dikarenakan terbatasnya kapasitas Aparatur yang mengelola pemerintahan desa, karena itu bimtek ini tentunya menjadi sangat penting artinya dalam mengembangkan kapasitas perangkat desa.

“ Pemerintah menyadari, dengan meningkatnya kualitas Kapasitas Pemerintahan Desa,  tentunya diharapkan  dapat memberikan peluang yang besar bagi terlaksananya pembangunan desa secara efektif dan efesien” kata Firmanza.

Menutup sambutannya, Firmanza berharap agar para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga wawasan dan pengetahuannya sebagai perangkat desa semakin baik, dan pada akhirnya dapat menerapkannya dalam tugas dan fungsinya sebagai pelayanan masyarakat. (hr/hms)

PENYALURAN DPG LUTIM BERJALAN LANCAR
Dana pendidikan gratis (DPG) yang bergulir sejak tahun 2008 baik untuk tingkat provinsi Sulawesi Selatan maupun Kabupaten Luwu Timur berjalan lancar serta sesuai mekanisme yang diatur, meskipun sejak 2009 hingga 2012 terjadi perubahan mekanisme penyaluran, namun DPG tersebut tetap tersalur penyalurannya tetap berjalan lancar.
 Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Dikbudparmudora Kabupaten Luwu Timur, Ismail, M.Ed, menanggapi adanya sinyalemen yang berkembang tentang penyaluran DPG yang tidak lagi diterima oleh pihak sekolah sejak tahun 2009.   
Menurut Ismail, Sejak tahun 2009 hingga 2012 terdapat perbedaan mekanisme penyaluran DPG. Kalau pada tahun 2008, mekanisme penyaluran DPG disalurkan langsung ke masing-masing sekolah sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran (RKA) yang disusun oleh sekolah, maka sejak tahun 2009 hingga 2012, penyaluran DPG dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dalam hal ini Dinas Dikbudparmudora, yang disesuaikan dengan kebutuhan sekolah, dimana masing-masing sekolah membuat RKA sesuai kebutuhannya .
“ Jadi dana tersebut tetap tersalur kesekolah-sekolah,hanya penyalurannya yang berada di Dinas Dikbudparmduora, yakni dalam bentuk kegiatan di DPA Dinas Dikbudparmudora, jadi tidak benar kalau dikatakan DPG tahun 2009 hingga 2012 tidak tersalur, ” urai Ismail lebih lanjut
Untuk  tahun 2013 ini penyaluran dana pendidikan gratis  yang melekat pada DPA Dinas Dikbudparmudora dan akan disalurkan ke rekening masing-masing sekolah sesuai dengan RKA yang disusun dengan sistem transfer dilakukan setiap triwulan.  (humas) 
 

Sukseskan Asian Games 2018

Iklan Asian Games web

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh BPS
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666