KETENAGAKERJAAN

KETENAGAKERJAAN BERDASARKAN DATA BPS LUWU TIMUR TAHUN 2014 (http://luwutimurkab.bps.go.id)

KETENAGAKERJAAN
Jumlah pencari kerja yang terdaftar di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Luwu Timur tahun 2013 sebanyak 3.263 orang. Sebagian besar berjenis kelamin perempuan yaitu 2.167 orang, sedangkan laki-laki sebanyak 1.096 orang. Dilihat dari tingkat pendidikan yang ditamatkan, sebanyak 1.580 orang atau 48 persen merupakan lulusan S1.

 

TRANSMIGRASI
Kabupaten Luwu Timur merupakan salah satu daerah tujuan transmigrasi di Propinsi Sulawesi Selatan. Ada 5 Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) di Kabpaten Luwu Timur yang masih dalam binaan Dinas Transmigrasi Kabpaten Luwu Timur. Lokasi UPT yang masih dalam binaan Dinas berada di Kecamatan Towuti. Para Transmigran yang ada di UPT tersebut berasal dari beberapa daerah antara lain Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Banten, Luwu Timur dan D.I Yogyakarta.

 

KETENAGAKERJAAN BERDASARKAN DATA BPS LUWU TIMUR TAHUN 2013 (http://luwutimurkab.bps.go.id)

KETENAGAKERJAAN

Jumlah pencari kerja yang terdaftar di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Luwu Timur tahun 2012  sebanyak 4.873 orang. Sebagian besar berjenis kelamin laki-laki yaitu 3.984 orang, sedangkan perempuan sebanyak 889 orang. Dilihat dari tingkat pendidikan yang ditamatkan, sebanyak 3.376 orang atau 69 persen merupakan lulusan SLTA.

 

TRANSMIGRASI

Kabupaten Luwu Timur merupakan salah satu daerah tujuan transmigrasi di Propinsi Sulawesi Selatan. Ada 6 Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) yang terdapat di Kabupaten Luwu Timur diantaranya di Kecamatan Malili dan Kecamatan Towuti. Para transmigran yang ada di UPT tersebut berasal dari beberapa daerah antara lain Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB/ Bali, Ambon, Poso, Luwu Utara, Timor Timur, dan D.I. Yogyakarta.

Gambar berikut menggambarkan kondisi Unit Pemukiman
Transmigrasi (UPT) ditinjau dari jumlah Kepala Keluarga (KK)
berdasarkan daerah asal tahun 2012.

transmigrasi-2012
 
 

KETENAGAKERJAAN BERDASARKAN DATA BPS LUWU TIMUR TAHUN 2012 (http://luwutimurkab.bps.go.id)

KETENAGAKERJAAN

Tenaga kerja merupakan modal bagi geraknya roda pembangunan. Pentingnya peranan tenaga kerja dalam proses rutin dan pertumbuhan ekonomi tidak mungkin dan tidak pernah terlupakan. Jumlah dan komposisi tenaga kerja akan terus berubah sesuai dengan keadaan demografi. Hasil Survei Ketenagakerjaan (Sakernas) tahun 2011 mencatat jumlah penduduk usia kerja (penduduk berumur 15 tahun ke  atas) mencapai lebih dari 163 ribu orang. Lebih dari 111 ribu orang  merupakan angkatan kerja, dan lebih dari 51 ribu orang bukan merupakan bukan angkatan kerja. Jumlah angkatan kerja tahun 2011 mengalami penurunan jika dibandingkan tahun 2010. Dari angkatan kerja tersebut terdapat 74.724 laki-laki dan 37.032 perempuan. Selanjutnya dari angkatan kerja tersebut terdapat sebanyak 103.754 orang yang bekerja, dan 8.005 orang dengan status pengangguran terbuka (termasuk yang sedang mencari pekerjaan).

Sedangkan dari kategori bukan angkatan kerja tercatat lebih dari 9 ribuan orang yang bersekolah, 35 ribuan orang mengurus rumah tangga, dan 7 ribuan orang melakukan kegiatan lainnya. Pada tahun 2011, sektor pertanian merupakan sektor yang paling dominan menyerap tenaga kerja yaitu sebesar 48 persen, terjadi penurunan dibanding tahun 2010. Sedangkan sektor yang menyerap tenaga kerja terkecil sebesar 4,89 persen adalah sektor industri, terjadi penurunan dibanding tahun 2010.


TRANSMIGRASI
Kabupaten Luwu Timur merupakan salah satu daerah tujuan transmigrasi di Propinsi Sulawesi Selatan. Ada lima Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) yang terdapat di Kabupaten Luwu Timur diantaranya di Kecamatan Malili dan Kecamatan Towuti. Para transmigran yang ada di ketiga UPT tersebut berasal dari beberapa daerah antara lain Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB/ Bali, Ambon, Poso, Luwu Utara, Timor Timur, dan D.I. Yogyakarta.

Sukseskan Asian Games 2018

Iklan Asian Games web

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh BPS
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666