Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah

DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASSET DAERAH


SUSUNAN ORGANISASI pdf_icon

Susunan Organisasi Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah terdiri dari :

  1. Kepala Dinas;
  2. Sekretariat;
    Sekretariat terdiri dari :
    1. Sub Bagian Perencanaan;
    2. Sub Bagian Keuangan; dan
    3. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
  3. Bidang Pendapatan;
    Bidang Pendapatan terdiri dari :
    1. Seksi Pendataan Objek Pajak dan Retribusi Daerah;
    2. Seksi Penetapan Pajak dan Retribusi Daerah; dan
    3. Seksi Pendapatan Lain – Lain dan Bagi Hasil Pajak.
  4. Bidang Anggaran;
    Bidang Anggaran terdiri dari :
    1. Seksi Perencanaan Anggaran;
    2. Seksi Analisis Anggaran; dan
    3. Seksi Pengalokasian dan Pemanfaatan Anggaran.
  5. Bidang Akuntansi;
    Bidang Akuntansi terdiri dari :
    1. Seksi Verifikasi;
    2. Seksi Pembukuan dan Neraca Daerah; dan
    3. Seksi Pelaporan dan Pertanggungjawaban.
  6. Bidang Asset Daerah;
    Bidang Asset Daerah terdiri dari :
    1. Seksi Inventarisasi;
    2. Seksi Pendistribusian; dan
    3. Seksi Penghapusan.
  7. Unit Pelaksana Teknis Dinas;
  8. Kelompok Jabatan Fungsional.

13. DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASSET DAERAH

TUGAS DAN KEWAJIBAN, FUNGSI, DAN URAIAN TUGAS
JABATAN-JABATAN PADA DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASSET DAERAH

13. Kepala Dinas:

Tugas dan Kewajiban melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang pendapatan, pengelolaan keuangan dan asset daerah.

Fungsi

  1. Perumusan kebijakan Dinas
  2. Penyusunan rencana stratejik dinas
  3. Penyelenggaraan pelayanan umum di bidang pendapatan, pengelolaan keuangan dan asset daerah.
  4. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan.program dan kegiatan dinas
  5. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan Dinas

Uraian Tugas

  1. Merumuskan kebijakan dan sasaran pembangunan serta pengembangan pendapatan, pengelolaan keuangan dan asset daerah
  2. Merencanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan program pendapatan, pengelolaan keuangan dan asset daerah
  3. Mengkoordinasikan kegiatan pendaftaran dan penerbitan kartu keluarga, kartu tanda penduduk, akta kelahiran, akta perkawinan, akta kematian, akta perceraian, serta akta pengakuan dan pengesahan anak.
  4. Mengarahkan kegiatan pengelolaan data dan pencatatan mutasi penduduk
  5. Mengarahkan kegiatan di bidang pendapatan, pengelolaan keuangan dan asset daerah. Menyusun standar satuan harga dan analisis standar belanja daerah
    f. Mengusulkan Perda tentang APBD dan perubahan APBD
  6. Menetapkan pedoman evaluasi anggaran pendapatan dan belanja ( APB ) desa sesuai dengan pedoman evaluasi yang ditetapkan pemerintah
  7. Menetapkan kebijakan pengelolaan pajak dan retribusi dan retribusi daerah, keseimbangan fiskal antar desa, pengelolaan investasi dan asset daerah, kebijakan pengelolaan BUMD dan lembaga keuangan mikro kabupaten, Kebijakan pengelolaan pinjaman dan obligasi daerah, serta BLU kabupaten
  8. Menyelenggarakan pengawasan pinjaman dan obligasi daerah serta BLU kabupaten
  9. Menyelenggarakan pengelolaan data dasar penghitungan alokasi DAU kabupaten, penyiapan Data realisasi penerimaan DBH kabupaten
  10. Membina kerjasama dengan instansi dan organisasi lain dilingkungan pemerintah kabupaten
  11. Membina dan mengarahkan personalia, perlengkapan, keuangan dan dokumen dinas
  12. Melaporkan dan mempertanggung jawabkan pelaksanaan program dan kegiatan dinas pendapatan pengelolaan keuangan dan asset daerah kepada Bupati, melalui Sekretaris Daerah

13.a. Sekretaris Dinas

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Dinas dalam menyelenggarakan pelayanan administrasi; merencanakan, memantau, mengendalikan dan mengevaluasi asset, program/ kegiatan dan pengembangan di bidang pendapatan, pengelolaan keuangan dan asset daerah serta pembinaan organisasi.

Fungsi

  1. Penyusunan kebijakan teknis administrasi kepegawaian, administrasi keuangan, perencanaan pelaporan dan urusan rumah tangga.
  2. Penyelenggaraan kebijakan administrasi umum
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan Sub bagian
  4. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan sub bagian

Uraian Tugas

  1. Merencanakan operasional kerja Sekretariat Dinas berdasarkan rencana dan sasaran yang telah ditetapkan sebagai pedoman kerja
  2. Mengkoordinasi segala kegiatan antara bidang dalam lingkup dinas
  3. Mengatur dan membina kerjasama dalam pengurusan administrasi dinas
  4. Memberi petunjuk analisis dan pengembangan kinerja dinas
  5. Mengkoordinasikan/menyelenggarakan perencanaan,pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan kegiatan dinas
  6. Memberi petunjuk pembinaan organisasi, pendidikan dan latihan dalam rangka pengembangan sumber daya aparatur dinas
  7. Mengatur urusan tata usaha, keuangan, asset, perencanaan dan pengendalian serta pembinaan kepegawaian dinas
  8. Mengatur tata naskah dinas dan rumah tangga dinas
  9. Melaksanakan inventarisasi semua barang bergerak dan tidak bergerak milik dinas.
  10. Memberi petunjuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban pada lingkungan dinas
  11. Membina perpustakaan dinas
  12. Membina dan mengarahkan pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Sub Bagian Keuangan dan Asset dan Sub Bagian Perencanaan
  13. Menyelia pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Sub Bagian Keuangan dan Asset dan Sub Bagian Perencanaan
  14. Mengembangkan pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Sub Bagian Keuangan dan Asset dan Sub Bagian Perencanaan
  15. Mengevaluasi pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Sub Bagian Keuangan dan Asset dan Sub Bagian Perencanaan
  16. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas Sekretariat Dians kepada Kepala Dinas.
  17. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas

13.a.1) Kepala Subag Perencanaan

Tugas dan Kewajiban membantu Sekretaris dalam melaksanakan perencanaan, pengendalian data, pembinaan dan evaluasi program / kegiatan dinas.

Fungsi

  1. Pelaksanaan kebijakan teknis sub bagian
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan sub bagian
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup Sub bagian
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup sub bagian

Uraian Tugas

  1. Merencanakan kegiatan dan program kerja Sub Bagian Perencanaan berdasarkan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja.
  2. Menghimpundan mempelajari peraturan perundang – undangan, kebijakan teknis, pedoman serta bahan – bahan lainnya yang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Perencanaan.
  3. Menghimpun dan menyiapkan bahan-bahan secara menyeluruh untuk penyusunan rencana kegiatan dinas.
  4. Memfasilitasi pelaksanaan koordinasi dengan bagian dan bidang lainnya untuk menyiapkan bahan penyusunan rencana stratejik dinas.
  5. Menyiapkan penyusunan rencana kerja tahunan secara periodik.
  6. Menyiapkan penyusunan Dokumen Pengguna Anggaran (DPA) dinas.
  7. Menyiapkan dan menyusun bahan pengendalian kegiatan dinas.
  8. Melaksanakan monitoring terhadap pelaksanaan program/kegiatan dinas serta menyiapkan tindak lanjut hasil monitoring.
  9. Menyiapkan bahan dan memfasilitasi pelaksanaan rapat koordinasi tingkat Kabupaten dan Propinsi.
  10. Menyiapkan bahan evaluasi pelaksanaan program/kegiatan dinas dan menyusun LAKIP dinas.
  11. Membina dan mengarahkan pelaksanaan tugas staf Sub Bagian Perencanaan.
  12. Mengevaluasi pelaksaan tugas staf Sub Bagian Perencanaan.
  13. Melaporkan hasil pelaksanan tugas staf Sub Bagian Perencanaan kepada Sekretaris.
  14. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh sekretaris.

13.a.2) Kepala Subag Keuangan

Tugas dan Kewajiban membantu Sekretaris dalam melaksanakan kegiatan anggaran berbasis kinerja dan pertanggungjawaban administrasi keuangan

Fungsi

  1. Pelaksanaan kebijakan teknis sub bagian
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan sub bagian
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup Sub bagian
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup sub bagian

Uraian Tugas

  1. Merencanakan kegiatan dan program kerja Sub Bagian Keuangan berdasarkan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja.
  2. Menghimpundan mempelajari peraturan perundang – undangan, kebijakan teknis, pedoman serta bahan – bahan lainnya yang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Keuangan.
  3. Mengumpulkan, mengolah data dan informasi, mengiventarisasi permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berhubungan dengan tugas-tugas yang berkaitan dengan keuangan
  4. melaksanakan analisis keuangan, perbendaharaan, verifikasi, akuntansi, monev anggaran, dan pelaporan keuangan dinas.
  5. Merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan sub bagian.
  6. Melaksanakan analisis dan pengembangan kinerja sub bagian.
  7. Melaksanakan administrasi keuangan
  8. Melaksanakan pembinaan terhadap pemegang kas dan penyimpanan/pengurus barang dinas.
  9. Membina dan mengarahkan pelaksanaan tugas staf Sub Bagian Keuangan
  10. Mengevaluasi pelaksaan tugas staf Sub Bagian Keuangan
  11. Melaporkan hasil pelaksanan tugas staf Sub Bagian Keuangan kepada Sekretaris.
  12. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris.

13.a.3) Kepala Subag Umum dan Kepegawaian

Tugas dan Kewajiban membantu Sekretaris dalam menyelenggarakan ketatausahaan, rumah tangga dan perlengkapan serta pengelolaan administrasi kepegawaian dinas

Fungsi

  1. Pelaksanaan kebijakan teknis sub bagian
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan sub bagian
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup Sub bagian
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup sub bagian

Uraian Tugas

  1. Merencanakan kegiatan dan program kerja Sub Bagian Umum dan Kepegawaian berdasarkan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja.
  2. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang – undangan, kebijakan teknis, pedoman serta bahan – bahan lainnyayang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
  3. Mengumpulkan, mengolah data dan informasi, mengiventarisasi permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berhubungan dengan tugas-tugas urusan umum dan kepegawaian;
  4. Memberikan pelayanan : naskah dinas, kearsipan, perpustakaan, komunikasi, pengetikan/penggandaan/pendistribusian, penerimaan tamu, kehumasan dan protokoler;
  5. Melayani keperluan dan kebutuhan serta perawatan ruang kerja, ruang rapat/pertemuan, komunikasi, dan sarana/prasarana kantor;
  6. Melaksanakan pengurusan perjalanan dinas, kendaraan dinas, keamanan kantor serta pelayanan kerumahtanggaan yang lainnya;
  7. Memfasilitasi usulan pengadaan, pengangkatan, mutasi, kesejahteraan pegawai, cuti, penilaian, pemberian penghargaan, pemberian sanksi/hukuman dan pemberhentian/pensiun, serta pendidikan dan pelatihan pegawai;
  8. Menyiapkan bahan koordinasi dan petunjuk teknis kebutuhan dan pengadaan perlengkapan/sarana kerja serta inventarisasi, pendistribusian, penyimpanan, perawatan dan penghapusannya;
  9. Membina dan mengarahkan pelaksanaan tugas staf Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
  10. Mengevaluasi pelaksanaan tugas staf Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
  11. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas staf Sub Bagian Umum dan Kepegawaian kepada Sekretaris.
  12. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris.

13. b. Kepala Bidang Pendapatan

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan kegiatan di bidang pendapatan daerah

Fungsi

  1. Penyusunan kebijakan teknis bidang
  2. Penyelenggaraan program dan kegiatan bidang
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang
  4. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang

Uraian Tugas

  1. Merencanakan kegiatan di bidang pendapatan daerah
  2. Mengarahkan pelaksanaan kegiatan di bidang pendapatan daerah
  3. Mengatur kegiatan di bidang pendapatan daerah
  4. Membimbing tehnis pelaksanaan kegiatan di bidang pendapatan daerah
  5. Mengevaluasi pelaksanaan program bidang.
  6. Menganalisa dan mengembangkan kinerja bidang.
  7. Melaporkan kegiatan bidang kepada kepala dinas.

13. b. 1)Kepala Seksi Pendataan Objek Pajak dan retribusi dan Retribusi Daerah

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan pendataan objek pajak dan retribusi dan retribusi daerah

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Melaksanakan rencana penerimaan pendapatan daerah yang bersumber dari pajak dan retribusi daerah
  2. Menyiapkan segala usaha dan kegiatan untuk merencanakan, mempersiapkan bahan, mengolah, menyusun program kerja dan merumuskan kebijaksanaan teknis mengenai penetapan tarif dan penetapan target pajak dan retribusi daerah
  3. Membuat kebijakan teknis pemungutan pajak dan retribusi daerah meliputi pendataan, penetapan, penerimaan, penyetoran dan penagihan
  4. Melaksanakan evaluasi tata cara pemungutan, pemasukan, pengumpulan, pembukuan dan penyusunan laporan pajak dan retribusi daerah
  5. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi yang berkaitan dengan pajak dan retribusi daerah
  6. Membuat pembukuan dan menyusun laporan mengenai segala keperluan dan dalam lingkungan Bidang Pendapatan asli Daerah
  7. Penyelenggaraan dan melaksanakan berbagai hal yang berhubungan dengan sengketa, keberatan dan restitusi pajak dan retribusi daerah
  8. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi
  9. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang

13. b. 2)Kepala Seksi Penetapan Pajak dan Retribusi Daerah

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan penetapan objek pajak dan retribusi dan retribusi daerah

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Penyelenggaraan pemungutan, penagihan, pemasukan dan pengumpulan pajak dan retribusi
  2. Melaksanakan kebijaksanaan teknis dibidangnya meliputi segala usaha dan kegiatan untuk menyelenggarakan pemungutan, penagihan dan pemasukan penerimaan daerah yang bersumber dari penerimaan retribusi dan pajak
  3. Perumusan kebijaksanaan teknis penerimaan daerah yang bersumber dari dana perimbangan keuangan pemerintah pusat dan daerah serta penerimaan dari bagi hasil pajak
  4. Melaksanakan monitoring, pengendalian, pengumpulan dan evaluasi tata cara pemungutan, pemasukan, pengumpulan, pembukuan dan penyusunan laporan
  5. Menyiapkan konsep bahan pertimbangan kepada Kepala Dinas dalam penetapan retribusi
  6. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi
  7. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang

13. b. 3)Kepala Seksi Pendapatan Lain-lain dan Bagi Hasil Pajak dan retribusi

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan pendapatan lain-lain dan bagi hasil pajak dan retribusi

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Penyelenggaraan penerimaan BUMD, pendapatan lain-lain dan bagi hasil pajak dan bkan pajak kedalam kas daerah secara optimal sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
  2. Melaksanakan kebijaksanaan teknis dibidangnya meliputi segala usaha dan kegiatan untuk menyelenggarakan pemungutan, penagihan dan pemasukan penerimaan daerah yang bersumber dari penerimaan BUMD, pendapatan lain-lain, penerimaan bagi hasil pajak dan bukan pajak
  3. Perumusan kebijaksanaan teknis penerimaan daerah yang bersumber dari dana perimbangan keuangan pemerintah pusat dan daerah serta penerimaan dari bagi hasil bukan pajak
  4. Melaksanakan monitoring, pengendalian, pengumpulan dan evaluasi tata cara pemungutan, pemasukan, pengumpulan, pembukuan dan penyusunan laporan
  5. Menyiapkan konsep bahan pertimbangan kepada Kepala Dinas dalam penetapan pendapatan lain-lain Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi
  6. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang

13. c. Kepala Bidang Anggaran

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan kegiatan di bidang anggaran daerah

Fungsi

  1. Penyusunan kebijakan teknis bidang
  2. Penyelenggaraan program dan kegiatan bidang
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang
  4. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang

Uraian Tugas

  1. Merencanakan kegiatan di bidang anggaran daerah
  2. Mengarahkan pelaksanaan kegiatan di bidang anggaran daerah
  3. Mengatur kegiatan di bidang anggaran daerah
  4. Membimbing tehnis pelaksanaan kegiatan di bidang anggaran daerah
  5. Mengevaluasi pelaksanaan program bidang.
  6. Menganalisa dan mengembangkan kinerja bidang.
  7. Melaporkan kegiatan bidang kepada kepala dinas.

13. c.1) Kepala Seksi Perencanaan Anggaran

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan perencanaan anggaran

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Membuat rencana kerja seksi Penyusunan APBD
  2. Melaksanakan pengkajian kebijakan pengalokasian anggaran daerah;
  3. Menyiapkan bahan perumusan pedoman Penyusunan APBD
  4. Melaksanakan rekapitulasi dokumen anggaran dan perubahan anggaran
  5. Membuat alokasi dan perubahan anggaran daerah
  6. Membuat analisa standar belanja, standar satuan harga dan standar pelayanan mimimal
  7. Membuat anggaran pendapatan belanja daerah
  8. Membuat laporan hasil evaluasi dan monitoring kegiatan seksi Penyusunan APBD
  9. Menganalisa dan mengembangkan kinerja bidang
  10. Melaporkan kegiatan bidang kepada kepala dinas

13. c. 2)Kepala Seksi Analisis Anggaran

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan analisis anggaran

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Membuat rencana kerja seksi analisis anggaran
  2. Pengoreksian Kelengkapan DPA- SKPD yang diajukan
  3. Melaksanakan verifikasi DPA-SKPD
  4. Melaksanakan akuntansi SKPD
  5. Menyiapkan laporan keuangan SKPD
  6. Melaksanakan verifikasi harian atas penerimaan
  7. Pengawasan pelaksanaan anggaran SKPD
  8. Pengevaluasian pelaksanaan anggaran SKPD
  9. Menganalisa dan mengembangkan kinerja bidang.
  10. Melaporkan kegiatan bidang kepada kepala dinas.

13. c. 3)Kepala Seksi Pengalokasian dan Pemanfaatan Anggaran

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan pengalokasian dan pemanfaatan anggaran

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Menyusun dan merencanakan kegiatan kegiatan pengalokasian dan pemanfaatan anggaran
  2. Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pengalokasian dan pemanfaatan anggaran
  3. Mengevaluasi kegiatan kegiatan pengalokasian dan pemanfaatan anggaran
  4. Melaksanakan analisis dan pengembangan kinerja seksi.
  5. Melaporkan kegiatan seksi kepada Kepala bidang.

13. d. Kepala Bidang Akuntansi

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan kegiatan di bidang akuntansi daerah

Fungsi

  1. Penyusunan kebijakan teknis bidang
  2. Penyelenggaraan program dan kegiatan bidang
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang
  4. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang

Uraian Tugas

  1. Merencanakan kegiatan di bidang akuntansi daerah
  2. Mengarahkan pelaksanaan kegiatan di bidang akuntansi daerah
  3. Mengatur kegiatan di bidang akuntansi daerah
  4. Membimbing tehnis pelaksanaan kegiatan di bidang akuntansi daerah
  5. Mengevaluasi pelaksanaan program bidang.
  6. Menganalisa dan mengembangkan kinerja bidang.
  7. Melaporkan kegiatan bidang kepada kepala dinas.

13. d. 1)Kepala Seksi Verifikasi

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan verifikasi

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Membuat rencana kerja seksi verifikasi
  2. Pengujian kebenaran penagihan, penerbitan Surat Perintah Membayar (SPM) terhadap belanja pegawai dan belanja non pegawai
  3. Pembinaan ketatausahaan keuangan dan perbendaharaan
  4. Penyelesaian masalah perbendaharaan dan ganti rugi, dan pengelolaan Dana Perimbangan/Subsidi Daerah Otonom dan keuangan pensiun serta pengelolaan administrasi bidang perbendaharaan
  5. Melaksanakan pengujian dan analisa Surat Perintah Membayar (SPM) Uang Persediaan (UP) , Ganti Uang Persediaan (GU) ,Tambahan Uang Persediaan (TU) dan Langsung (LS) yang diajukan Pejabat Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran
  6. Penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
  7. Pengendalian pengeluaran kas (cash outflow) daerah
  8. Menganalisa dan mengembangkan kinerja bidang
  9. Melaporkan kegiatan bidang kepada kepala dinas
  10. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi.
  11. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang.

13. d. 2)Kepala Seksi Pembukuan dan Neraca Daerah

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan pembukuan dan neraca daerah

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Membuat rencana kerja seksi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas
  2. Melaksanakan sistem dan prosedur akuntansi yang berkenaan dengan penerimaan dan pengeluaran kas daerah
  3. Melaksanakan pencatatan transaksi dan/atau kejadian keuangan daerah yang berkenaan dengan penerimaan dan pengeluaran kas daerah (pajak dan retribusi daerah, retribusi daerah, pendapatan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, lain-lain PAD, dan penerimaan pembiayaan) ke dalam buku jurnal penerimaan kas daerah
  4. Melaksanakan pencatatan, pengelolaan berdasarkan objek penerimaan dan pengeluaran kas daerah (pajak dan retribusi daerah,retribusi daerah, pendapatan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, lain-lain PAD, dan penerimaan pembiayaan) atas transaksi dan/atau kejadian yang berkenaan dengan penerimaan dan pengeluaran kas daerah kedalam buku besar penerimaan dan pengeluaran kas daerah
  5. Melaksanakan pencatatan, penggolongan berdasarkan rincian obyek penerimaan dan pengeluaran kas daerah
  6. Melaksanakan koordinasi penerapan prosedur akuntansi selain kas, yang berkenaan dengan transaksi atau kejadian pengesahan pertanggung jawaban pengeluaran, koreksi kesalahan pencatatan, penerimaan hibah, pembelian aset tetap secara kredit, pemindahtanganan atas aset tetap/barang milik daerah dan penerimaan aset tetap/barang milik daerah tanpa konsekuensi kas
  7. Membuat laporan penerimaan dan pengeluaran kas daerah dan arus kas masuk dan Kas keluar secara periodik (semesteran dan laporan akhir tahun)
  8. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi
  9. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang

13. d. 3)Kepala Seksi Pelaporan dan Pertanggungjawaban

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan pelaporan dan pertanggungjawaban

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Membuat rencana kerja seksi pelaporan Keuangan
  2. Melaksanakan pengumpulan data, menganalisis dan menyusun laporan semesteran dan prognosis APBD tahun anggaran berkenaan
  3. Melaksanakan pengumpulan data, menganalisis dan menyusun laporan akhir tahun pada tahun anggaran yang berkenaan
  4. Melaksanakan prosedur penyusunan laporan realisasi anggaran, neraca daerah, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan daerah tahun berkenaan dan laporan arus kas
  5. Melaksanakan koordinasi penyusunan laporan kinerja SKPD dan ikhtisar laporan keuangan BUMD tahun anggaran berkenaan
  6. Melaksanakan koordinasi penyusunan laporan pertanggungjawaban Melaksanakan APBD tahun anggaran berkenaan
  7. Melaksanakan penyusunan rancangan perda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran
  8. Melaksanakan penyusunan rancangan peraturan bupati tentang penjabaran pertanggungjawaban pelaksanaan APBD;
  9. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi
  10. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang.

13. e. Kepala Bidang Asset Daerah

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan kegiatan di bidang asset daerah

Fungsi

  1. Penyusunan kebijakan teknis bidang
  2. Penyelenggaraan program dan kegiatan bidang
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang
  4. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang

Uraian Tugas

  1. Merencanakan kegiatan di bidang asset daerah
  2. Mengarahkan pelaksanaan kegiatan di bidang asset daerah
  3. Mengatur kegiatan di bidang asset daerah
  4. Membimbing tehnis pelaksanaan kegiatan di bidang asset daerah
  5. Mengevaluasi pelaksanaan program bidang.
  6. Menganalisa dan mengembangkan kinerja bidang.
  7. Melaporkan kegiatan bidang kepada kepala dinas.

13. e. 1)Kepala Seksi Inventarisasi

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan inventarisasi

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Membuat rencana kerja seksi inventarisasi asset daerah
  2. Membuat bahan kebijakan standar pengelolaan inventarisasi asset daerah
  3. Melaksanakan pengawasan inventarisasi dan penghapusan asset daerah
  4. Melaksanakan inventarisasi asset daerah
  5. Melaksanakan legal audit dan legal opinion inventaris asset daerah;
  6. Membuat daftar inventaris asset daerah
  7. Menyimpan dan melengkapi seluruh dokumen/bukti sah kepemilikan asset daerah
  8. Membuat laporan hasil monitoring dan evaluasi kegiatan seksi
  9. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi
  10. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang

13. e. 2)Kepala Seksi Pendistribusian

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan pendistribusian

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Membuat bahan kebijakan standar distribusi pengelolaan asset daerah
  2. Melaksanakan pengawasan distribusi asset daerah.
  3. Melaksanakan pengelolaan, pemanfaatan, penyimpanan, pendistribusian asset daerah;
  4. Membuat daftar inventaris asset daerah
  5. Membuat data dasar neraca asset daerah
  6. Melaksanakan perawatan dan pengendalian pemanfaatan asset daerah
  7. Membuat laporan hasil monitoring dan evaluasi kegiatan seksi distribusi
  8. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi
  9. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang

13. e. 3)Kepala Seksi Penghapusan

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan penghapusan

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Membuat rencana kerja seksi penghapusan asset daerah
  2. Membuat bahan kebijakan standar penghapusan asset daerah
  3. Melaksanakan pengawasan penghapusan asset daerah
  4. Melaksanakan penghapusan asset daerah
  5. Melaksanakan legal audit dan legal opinion penghapusan asset daerah
  6. Membuat daftar penghapusan asset daerah
  7. Membuat dokumen, prosedur dan melaksanakan penghapusan asset daerah
  8. Menyimpan dan melengkapi seluruh dokumen/bukti sah penghapusan asset daerah
  9. Membuat laporan hasil monitoring dan evaluasi kegiatan seksi
  10. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi
  11. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang

 

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) mempunyai tugas melaksanakan tugas operasional Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah di wilayah kerjanya masing – masing yang meliputi pembinaan, bimbingan, penyuluhan dan pelatihan di bidang pendapatan, pengelolaan keuangan dan asset daerah.

Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas di bidang pendapatan, pengelolaan keuangan dan asset daerah sesuai keahlian.

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon
Weblink SKPD
  • Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
  • Dinas PMD
  • Dinas Lingkungan Hidup
  • Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan
  • Dinas PPKB
  • Dinas Dukcapil
  • Dinas Pertanian
  • Dinas Perkintan
  • Dinas Kesehatan
  • Dinas Pendidikan
  • Dinas PerkopUKM
  • Dinas SosPP & PA
  • Dinas PU & PR
  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Dinas Perhubungan
  • Badan Perlitbangda
  • BKPSDM
  • BPBD
  • Badan Pengelolaan Keuangan Daerah
  • Inspektorat
  • RSUD Ilagaligo
  • Kesbangpol
  • SatpolPP & Damkar
  • Kecamatan Burau
  • Kecamatan Wotu
  • Kecamatan Mangkutana
  • Kecamatan Kalaena
  • Kecamatan Tomoni
  • Kecamatan Tomoni Timur
  • Kecamatan Angkona
  • Kecamatan Kalaena
  • Kecamatan Malili
  • Kecamatan Wasuponda
  • Kecamatan Towuti
  • Kecamatan Nuha
  • Monev Ekbang 2015

    Format Monitoring Evaluasi
    Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang)
    Setdakab. Luwu Timur

    [File unduh disini]

    Info LPSE Lutim

    .:: LPSE Lutim new1

    Info ULP Lutim

    .:: Info ULP Lutim 2014 new1

    • Pengumuman Lelang Manual Tahap 1 2014
    • Pengumuman Lelang Manual Tahap 2 2014
    • Pengumuman Lelang Manual Tahap 3 2014
    • Daftar Paket Siap Lelang terbaru
    • Daftar Nama-nama Paket ULP Pokja Barang

    ..:: Data selengkapnya Unduh Disini

    Informasi Ketenagakerjaan

    .:: Renstra Naker
        2016 - 2021
    new1

     

    Sepagai upaya peningkatan pelayanan ketenagakerjaan pada Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial khususnya pelayanan Wajib Lapor Ketenagakerjaan bagi perusahaan yang ada di lingkup Pemeritah Kabupaten Luwu Timur, maka Disnakertransos menyediakan Formulir Wajib Lapor Ketenagakerjaan untuk dapat diunduh oleh para pengusaha yang akan melakukan pengurusan Wajib Lapor Ketenagakerjaan.

      Link Download

      Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
       Rencana Pembangunan
       Jangka
      Menengah Daerah
       Kab. Luwu Timur

      data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
       Informasi APBD, Produk
       Hukum, Produk Perencanaan
       Kabupaten Luwu Timur
      Koper-OK  BANSOS DAN DANA HIBAH 
       Informasi Bantuan Sosial
       dan Dana Hibah 2017
       Kabupaten Luwu Timur
      Koper-OK  BANSOS DAN DANA HIBAH 
       Realisasi Bantuan Sosial
       dan Dana Hibah 2017
       Kabupaten Luwu Timur

      BAKOHUMASJ-fix

      LPSEJ-fix

      BPSJ-fix

      Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

      Seluruh Informasi Pembangunan
      Daerah Kabupaten Luwu Timur
      seluruhnya lengkap disajikan
      pada link di bawah ini

      Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

      Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

      Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
      dalam Pembangunan, bertema

      Fintech untuk Pembangunan
      yang Inklusif dan Berkelanjutan

      Gunakan tagar #fintech
      (Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

      Unduh File Disini

      fintech

      Ikuti Kami

       fb-icon twitter-icon icon YouTube

       SMS CENTER 0853 9403 6666