Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial

DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI, DAN SOSIAL

SUSUNAN ORGANISASI pdf_icon

Susunan Organisasi Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Sosial terdiri dari :

  1. Kepala Dinas;
  2. Sekretariat;
    Sekretariat terdiri dari :
    1. Sub Bagian Perencanaan;
    2. Sub Bagian Keuangan; dan
    3. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
  3. Bidang Pemberdayaan Ketenagakerjaan;
    Bidang Pemberdayaan Ketenagakerjaan terdiri dari :
    1. Seksi Penempatan dan Perluasan Kerja; dan
    2. Seksi Pelatihan dan Peningkatan Sumber Daya Manusia.
  4. Bidang Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja;
    Bidang Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja terdiri dari :
    1. Seksi Hubungan Industrial; dan
    2. Seksi Perlindungan Tenaga Kerja.
  5. Bidang Ketransmigrasian;
    Bidang Ketransmigrasian terdiri dari :
    1. Seksi Penyiapan Pemukiman dan Penempatan; dan
    2. Seksi Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi.
  6. Bidang Sosial;
    Bidang Sosial terdiri dari :
    1. Seksi Masalah Sosial dan Penanggulangan Bencana; dan
    2. Seksi Kesejahteraan Sosial dan Tanda Kehormatan.
  7. Unit Pelaksana Teknis Dinas;
  8. Kelompok Jabatan Fungsional.

12. DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI, DAN SOSIAL

TUGAS DAN KEWAJIBAN, FUNGSI, DAN URAIAN TUGAS
JABATAN-JABATAN PADA DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI, DAN SOSIAL

12. Kepala Dinas

Tugas dan Kewajiban melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan dibidang tenaga kerja, transmigrasi, dan sosial

Fungsi

  1. Perumusan kebijakan Dinas
  2. Penyusunan rencana stratejik dinas
  3. Penyelenggaraan pelayanan umum di bidang sosial, tenaga kerja, dan transmigrasi.
  4. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan.program dan kegiatan dinas
  5. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan Dinas

Uraian Tugas

  1. Merumuskan kebijakan tehnis dan operasional di bidang social,tenaga kerja, dan transmigrasi.
  2. Merumuskan program dan kegiatan di bidang social, tenaga kerja ,dan transmigrasi.
  3. Melaksanakan pencegahan timbulnya permasalahan sosial, gender, pelayanan dan rehabilitasi sosial, serta pemberian bantuan sosial.
  4. Melestariakan nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan, kejuangan dan nilai-nilai kesetiakawanan sosial.
  5. Melaksanakan pengelolaan kesejahteraan sosial terpadu dan berlanjut.
  6. Melaksanakan koordinasi kegiatan instansi pemerintah, swasta, lembaga sosial dan organisasi perempuan dan organisasi masyarakat lainnya.
  7. Melaksanakan pembinaan kewenangan di bidang ketenagakerjaan.
  8. Melaksanakan pengelolaan, penyelenggaraan penyuluhan ketenagakerjaan
  9. Melaksanakan pengawasan, pengendalian dan pemantauan terhadap pelayanan di bidang ketenagakerjaan.
  10. Melaksanakan penyuluhan dan pelatihan keterampilan ketenagakerjaan.
  11. Menyusun rencana dan program skala prioritas dan strategi dalam rangka pelaksanaan transmigrasi.
  12. Melaksanakan pengelolaan, pengolahan dan pengumpulan data dan informasi serta evaluasi kegiatan transmigrasi.
  13. Melaksanakan koordinasi antar instansi terkait, lembaga-lembaga dan pelaksanaan transmigrasi bagi masyarakat.
  14. Melaksanakan, membina dan mengawasi pengelolaan administrasi umum, meliputi ketatalaksanaan, keuangan, kepegawaian, perlengkapan dan peralatan.
  15. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Bupati.
  16. Melaporkan dan mempertanggung jawabkan pelaksanaan program dan kegiatan dinas tenaga kerja dan transmigrasi kepada Bupati, melalui Sekretaris Daerah.

12.a. Sekretaris Dinas

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Dinas dalam menyelenggarakan pelayanan administrasi; merencanakan, memantau, mengendalikan dan mengevaluasi aset, program/ kegiatan dan pengembangan di bidang tenaga kerja, transmigrasi, dan sosial serta pembinaan organisasi.

Fungsi

  1. Penyusunan kebijakan teknis administrasi kepegawaian, administrasi keuangan, perencanaan pelaporan dan urusan rumah tangga.
  2. Penyelenggaraan kebijakan administrasi umum
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan Sub bagian
  4. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan sub bagian

Uraian Tugas

  1. Merencanakan operasional kerja Sekretariat Dinas berdasarkan rencana dan sasaran yang telah ditetapkan sebagai pedoman kerja.
  2. Mengkoordinasi segala kegiatan antara bidang dalam lingkup dinas.
  3. Mengatur dan membina kerjasama dalam pengurusan administrasi dinas.
  4. Memberi petunjuk analisis dan pengembangan kinerja dinas.
  5. Mengkoordinasikan/menyelenggarakan perencanaan,pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan kegiatan dinas.
  6. Memberi petunjuk pembinaan organisasi, pendidikan dan latihan dalam rangka pengembangan sumber daya aparatur dinas.
  7. Mengatur urusan tata usaha, keuangan, aset, perencanaan dan pengendalian serta pembinaan kepegawaian dinas.
  8. Mengatur tata naskah dinas dan rumah tangga dinas.
  9. Melaksanakan inventarisasi semua barang bergerak dan tidak bergerak milik dinas.
  10. Memberi petunjuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban pada lingkungan dinas.
  11. Membina perpustakaan dinas.
  12. Membina dan mengarahkan pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Sub Bagian Keuangan dan Sub Bagian Perencanaan.
  13. Menyelia pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Sub Bagian Keuangan dan Sub Bagian Perencanaan.
  14. Mengembangkan pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Sub Bagian Keuangan dan Sub Bagian Perencanaan.
  15. Mengevaluasi pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Sub Bagian Keuangan dan Sub Bagian Perencanaan.
  16. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas Sekretariat Dians kepada Kepala Dinas.
  17. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.

12.a.1) Kepala Subag Perencanaan

Tugas dan Kewajiban membantu Sekretaris dalam melaksanakan perencanaan, pengendalian data, pembinaan dan evaluasi program / kegiatan dinas.

Fungsi

  1. Pelaksanaan kebijakan teknis sub bagian
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan sub bagian
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup Sub bagian
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup sub bagian

Uraian Tugas

  1. Merencanakan kegiatan dan program kerja Sub Bagian Perencanaan berdasarkan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja.
  2. Menghimpundan mempelajari peraturan perundang – undangan, kebijakan teknis, pedoman serta bahan – bahan lainnya yang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Perencanaan.
  3. Menghimpun dan menyiapkan bahan-bahan secara menyeluruh untuk penyusunan rencana kegiatan dinas.
  4. Memfasilitasi pelaksanaan koordinasi dengan bagian dan bidang lainnya untuk menyiapkan bahan penyusunan rencana stratejik dinas.
  5. Menyiapkan penyusunan rencana kerja tahunan secara periodik.
  6. Menyiapkan penyusunan Dokumen Pengguna Anggaran (DPA) dinas.
  7. Menyiapkan dan menyusun bahan pengendalian kegiatan dinas.
  8. Melaksanakan monitoring terhadap pelaksanaan program/kegiatan dinas serta menyiapkan tindak lanjut hasil monitoring.
  9. Menyiapkan bahan dan memfasilitasi pelaksanaan rapat koordinasi tingkat Kabupaten dan Propinsi.
  10. Menyiapkan bahan evaluasi pelaksanaan program/kegiatan dinas dan menyusun LAKIP dinas.
  11. Membina dan mengarahkan pelaksanaan tugas staf Sub Bagian Perencanaan.
  12. Mengevaluasi pelaksaan tugas staf Sub Bagian Perencanaan.
  13. Melaporkan hasil pelaksanan tugas staf Sub Bagian Perencanaan kepada Sekretaris.
  14. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh sekretaris.

12.a.2) Kepala Subag Keuangan

Tugas dan Kewajiban membantu Sekretaris dalam melaksanakan kegiatan anggaran berbasis kinerja dan pertanggungjawaban administrasi keuangan

Fungsi

  1. Pelaksanaan kebijakan teknis sub bagian
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan sub bagian
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup Sub bagian
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup sub bagian

Uraian Tugas

  1. Merencanakan kegiatan dan program kerja Sub Bagian Keuangan berdasarkan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja.
  2. Menghimpundan mempelajari peraturan perundang – undangan, kebijakan teknis, pedoman serta bahan – bahan lainnya yang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Keuangan.
  3. Mengumpulkan, mengolah data dan informasi, mengiventarisasi permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berhubungan dengan tugas-tugas yang berkaitan dengan keuangan.
  4. melaksanakan analisis keuangan, perbendaharaan, verifikasi, akuntansi, monev anggaran, dan pelaporan keuangan serta aset dinas.
  5. Merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan sub bagian.
  6. Melaksanakan analisis dan pengembangan kinerja sub bagian.
  7. Melaksanakan administrasi keuangan.
  8. Melaksanakan pembinaan terhadap pemegang kas dan penyimpanan/pengurus barang dinas.
  9. Membina dan mengarahkan pelaksanaan tugas staf Sub Bagian Keuangan.
  10. Mengevaluasi pelaksaan tugas staf Sub Bagian Keuangan.
  11. Melaporkan hasil pelaksanan tugas staf Sub Bagian Keuangan kepada Sekretaris.
  12. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh sekretaris.
12.a.3) Kepala Subag Umum dan Kepegawaian

Tugas dan Kewajiban membantu Sekretaris dalam menyelenggarakan ketatausahaan, rumah tangga dan perlengkapan serta pengelolaan administrasi kepegawaian dinas

Fungsi

  1. Pelaksanaan kebijakan teknis sub bagian
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan sub bagian
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup Sub bagian
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup sub bagian

Uraian Tugas

  1. Merencanakan kegiatan dan program kerja Sub Bagian Umum dan Kepegawaian berdasarkan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja.
  2. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang – undangan, kebijakan teknis, pedoman serta bahan – bahan lainnyayang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
  3. Mengumpulkan, mengolah data dan informasi, mengiventarisasi permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berhubungan dengan tugas-tugas urusan umum dan kepegawaian;
  4. Memberikan pelayanan : naskah dinas, kearsipan, perpustakaan, komunikasi, pengetikan/penggandaan/pendistribusian, penerimaan tamu, kehumasan dan protokoler;
  5. Melayani keperluan dan kebutuhan serta perawatan ruang kerja, ruang rapat/pertemuan, komunikasi, dan sarana/prasarana kantor;
  6. Melaksanakan pengurusan perjalanan dinas, kendaraan dinas, keamanan kantor serta pelayanan kerumahtanggaan yang lainnya;
  7. Memfasilitasi usulan pengadaan, pengangkatan, mutasi, kesejahteraan pegawai, cuti, penilaian, pemberian penghargaan, pemberian sanksi/hukuman dan pemberhentian/pensiun, serta pendidikan dan pelatihan pegawai;
  8. Menyiapkan bahan koordinasi dan petunjuk teknis kebutuhan dan pengadaan perlengkapan/sarana kerja serta inventarisasi, pendistribusian, penyimpanan, perawatan dan penghapusannya;
  9. Membina dan mengarahkan pelaksanaan tugas staf Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
  10. Mengevaluasi pelaksanaan tugas staf Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
  11. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas staf Sub Bagian Umum dan Kepegawaian kepada Sekretaris.
  12. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris.

12.b. Kepala Bidang Sosial

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan kegiatan di bidang sosial.

Fungsi

  1. Penyusunan kebijakan teknis bidang
  2. Penyelenggaraan program dan kegiatan bidang
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang
  4. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang

Uraian Tugas

  1. Merencanakan kegiatan penanggulangan masalah social dan bencana serta upaya peningkatan kesejahteraan sosial warga masyarakat dan pemberian tanda kehormatan bagi pihak yang berjasa dalam pengentasan kemiskinan.
  2. Mengarahkan pelaksanaan kegiatan kegiatan pembinaan tenaga fungsional dan pekerja sosial, identifikasi penyandang masalah kesejahteraan sosial dan penyuluhan sosial, serta pengembangan potensi dan sumber kesejahteraan sosial.
  3. Mengatur kegiatan kegiatan pembinaan tenaga fungsional dan pekerja sosial, identifikasi penyandang masalah kesejahteraan sosial dan penyuluhan sosial, serta pengembangan potensi dan sumber kesejahteraan sosial.
  4. Membimbing tehnis pelaksanaan kegiatan kegiatan pembinaan tenaga fungsional dan pekerja sosial, identifikasi penyandang masalah kesejahteraan sosial dan penyuluhan sosial, serta pengembangan potensi dan sumber kesejahteraan sosial.
  5. Mengevaluasi pelaksanaan program bidang.
  6. Menganalisa dan mengembangkan kinerja bidang.
  7. Melaporkan kegiatan bidang kepada kepala dinas.

12.b. 1)Kepala Seksi Masalah Sosial dan Penanggulangan Bencana

Tugas dan Kewajiban mempunyai tugas membantu Kepala Bidang dalam mengatasi masalah sosial dan melaksanakan penanggulangan bencana.

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Merencanakan dan mengarahkan kegiatan kegiatan rehabilitasi sosial anak terlantar dan lanjut usia, rehabilitasi sosial anak nakal, tuna sosial dan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya, rehabilitasi sosial penyandang cacat., bantuan terhadap korban tindak kekerasan dan penanggulangan bencana.
  2. Menyiapkan bahan koordinasi kegiatan penanggulangan masalah sosial dan bencana.
  3. Menyiapkan bahan dan menyusun sistim metode kerja kegiatan penanggulangan masalah sosial dan bencana.
  4. Memberikan bimbingan teknis tentang kegiatan penanggulangan masalah sosial dan bencana.
  5. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi.
  6. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang.

12.b. 2)Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial dan Tanda Kehormatan

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan upaya peningkatan kesejahteraan sosial warga masyarakat dan pemberian tanda kehormatan bagi pihak yang berjasa dalam pengentasan kemiskinan.

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Merencanakan dan mengarahkan kegiatan identifikasi penyandang masalah kesejahteraan sosial serta pengembangan potensi dan sumber kesejahteraan sosial.
  2. Menyiapkan bahan koordinasi kegiatan kegiatan identifikasi penyandang masalah kesejahteraan sosial serta pengembangan potensi dan sumber kesejahteraan sosial.
  3. Menyiapkan bahan dan menyusun sistim metode kerja kegiatan kegiatan identifikasi penyandang masalah kesejahteraan sosial serta pengembangan potensi dan sumber kesejahteraan sosial.
  4. Memberikan bimbingan teknis tentang kegiatan kegiatan identifikasi penyandang masalah kesejahteraan sosial serta pengembangan potensi dan sumber kesejahteraan sosial.
  5. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi.
  6. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang.

12.c. Kepala Bidang Pemberdayaan Ketenagakerjaan

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan pemberdayaan ketenagakerjaan

Fungsi

  1. Penyusunan kebijakan teknis bidang
  2. Penyelenggaraan program dan kegiatan bidang
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang
  4. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang

Uraian Tugas

  1. Merencanakan kegiatan penempatan dan perluasasn tenaga kerja serta pelatihan dan peningkatan sumber daya manusia
  2. Mengarahkan pelaksanaan penempatan dan perluasasn tenaga kerja serta pelatihan dan peningkatan sumber daya manusia
  3. Mengatur kegiatan penempatan dan perluasasn tenaga kerja serta pelatihan dan peningkatan sumber daya manusia
  4. Membimbing tehnis pelaksanaan penempatan dan perluasasn tenaga kerja serta pelatihan dan peningkatan sumber daya manusia
  5. Mengevaluasi pelaksanaan program bidang.
  6. Menganalisa dan mengembangkan kinerja bidang.
  7. Melaporkan kegiatan bidang kepada Kepala Dinas.

12.c. 1)Kepala Seksi Penempatan dan Perluasan Kerja

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan penempatan dan perluasan kesempatan kerja.

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Melayani pendaftaran pencari kerja dan permintaan tenaga kerja serta memberikan informasi yang diperlukan dalam mempertemukan pencari kerja dengan lowongan yang ada.
  2. Membuat laporan IPK serta menyebarluaskan ke masyarakat.
  3. Mengumpulkan dan mengolah data pencari kerja dan lowongan pekerjaan untuk laporan IPK.
  4. Memberian pelayanan kepada tenaga kerja asing dalam permintaan izin kerja.
  5. Melaksanakan tehnis padat karya pra survey, pemilihan lokasi dan lain - lain.
  6. Membina penyerapan tenaga kerja AKAL, AKAD dan AKAH.
  7. Memberikan penyuluhan usaha mandiri melalui kelompok kerja.
  8. Memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang Teknologi Tepat Guna (TTG) serta memberikan bimbingan penggunaannya agar tercipta pengembangan potensi wilayah dan kesempatan kerja.
  9. Memberikan bimbingan dan pengarahan kepada TKS/TKMP dan membantu penyelesaian masalah yang timbul dilapangan.
  10. Mengatur pelaksanaan fisik proyek padat karya.
  11. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi.
  12. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang

12.c. 2)Kepala Seksi Pelatihan dan Peningkatan Sumber Daya Manusia

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan pelatihan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Melaksanakan pembinaan instruktur lembaga latihan kerja (LLK) dan lembaga Latihan Kerja Swasta (LLKS).
  2. Melakukan pembinaan Terhadap pelaksanaan latihan yang dilaksanakan oleh lembaga latihan Kerja(LLK) dan Lembaga Latihan Kerja Swasta (LLKS) .
  3. Melaksanakan penyuluhan da bibingan kepada pengusaha, usaha kecil menengah (UKM) dalam rangka peningkatan produktifitas.
  4. Melaksanakan sertifikasi Lembaga Latihan Kerja Swasta.
  5. Menyiapkan standarisasi dan pelaksanaan test kualifikasi dan perijinan Lembaga latihan Kerja Swasta (LLKS).
  6. Melaksanakan pemagangan / on the job training (OJT).
  7. Menginventarisis lembaga latihan dan produktifitas yang mencakup: Jumlah, Kwalitas, lokasi dan fasilitas latihan.
  8. Melaksanakan uji keterampilan.
  9. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi.
  10. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang

12.d. Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan kegiatan di bidang hubungan industrial dan perlindungan tenaga kerja

Fungsi

  1. Penyusunan kebijakan teknis bidang
  2. Penyelenggaraan program dan kegiatan bidang
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang
  4. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang
  5. Merencanakan kegiatan pembinaan hubungan industrial dan perlindungan tenaga kerja

Uraian Tugas

  1. Hubungan industrial dan syarat – syarat kerja serta pengawasan ketenagakerjaan.
  2. Mengarahkan pelaksanaan pembinaan hubungan Indusreial daan syarat-syarat kerja pengawasan ketenagakerjaan.
  3. Membimbing tehnis pelaksanaan pembinaan hubungan industrial dan syarat-syarat serta penawasan ketenagakerjaan.
  4. Membimbing tehnis pelaksanaan pembinaan hubungan industrial dan syarat-syarat kerja serta pengawasan Ketenagakerjaan.
  5. Mengevaluasi pelaksanaan Program Pembinaan hubungan industrial dan sayarat-syarat kerja serta pengawasan ketenagakerjaan.
  6. Menganalisa dan mengembangkan kinerja bidang.
  7. Melaporkan kegiatan bidang kepada kepala dinas

12.d. 1)Kepala Seksi Hubungan Industrial

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan pembinaan hubungan industrial

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Menyiapkan bahan bimbingan pembinaan organisasi pekerjaan perusahaan lembaga triparlit dan biparlit serta perselisihan hubungan industrial bagi pekerja dan pengusaha.
  2. Menyusun bahan pembinaan organisasi pekerja dan perusahaan triparlit dan biparlit serta perselisihan hubungan industrial bagi pekerja dan pengusaha.
  3. Melaksanan penyuluhan bahan pembinaan pelaksanaan persyaratan kerja.
  4. Melaksanan pembinaan penyelesaian perselisihan hubungan industrial.
  5. Menganalisan dan mengembangkan kinerja seksi.
  6. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang.

12.d. 2)Kepala Seksi Perlindungan Tenaga Kerja

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan perlindungan tenaga kerja

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Menyusun bahan pembinaan norma kerja umum dan khusus.
  2. Menyusun bahan pembinaan norma kerja jaminan sosial tenaga kerja.
  3. Melaksanakan penyusunan norma kerja umum dan norma kerja khusus termasuk tenaga kerja wanita, orang muda, anak cacat dan lansia.
  4. Melaksanakan pembinaan dan pengawasan norma keselamatan kerja,lingkungan kerja.
  5. Mengawasi norma pelaksanaan kerja.
  6. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi.
  7. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang.

12.e. Kepala Bidang Ketransmigrasian

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan kegiatan penyiapan pemukiman transmigrasi, penempatan, serta pengembangan masyarakat dan kawasan transmigrasi

Fungsi

  1. Penyusunan kebijakan teknis bidang
  2. Penyelenggaraan program dan kegiatan bidang
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang
  4. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang

Uraian Tugas

  1. Merencanakan kegiatan penyiapan pemukiman transmigrasi, pengerahan, penempatan dan layak huni, serta pembinaan ekonomi sosial budaya.
  2. Mengarahkan pelaksanaan kegiatan penyiapan pemukiman transmigrasi, pengerahan, penempatan dan layak huni, serta pembinaan ekonomi sosial budaya.
  3. Mengatur kegiatan penyiapan pemukiman transmigrasi, pengerahan, penempatan dan layak huni, serta pembinaan ekonomi sosial budaya.
  4. Membimbing tehnis pelaksanaan kegiatan penyiapan pemukiman transmigrasi, pengerahan, penempatan dan layak huni, serta pembinaan ekonomi sosial budaya.
  5. Mengevaluasi pelaksanaan Program kegiatan penyiapan pemukiman transmigrasi, pengerahan, penempatan dan layak huni, serta pembinaan ekonomi sosial budaya.
  6. Menganalisa dan mengembangkan kinerja bidang.
  7. Melaporkan kegiatan bidang kepada kepala dinas

12.e. 1)Kepala Seksi Penyiapan Pemukiman dan Penempatan

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan penyiapan pemukiman transmigrasi dan penempatan.

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  2. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  3. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Melaksanakan penyuluhan pendaftaran dan seleksi calon transmigrasi.
  2. Memberikan pelayanan akomodasi terhadap transmigran yang akan ditempatkan di unit pemukiman transmigrasi.
  3. Melaksanakan penyiapan dokumen pencadangan areal pemukiman transmigrasi dan penyelesaian status hak atas tanah.
  4. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan penyiapan lahan bangunan sarana dan prasarana berdasarkan spesifikasi tehnis yang telah ditetapkan.
  5. Menginventarisasi penambahan dan perbaikan sarana dan prasarana pemukiman transmigrasi.
  6. Melaksanakan penyuluhan kegiatan pengerahan, penempatan dan layak huni.
  7. Memberikan pelayanan kegiatan pengerahan, penempatan dan layak huni.
  8. Melaksanakan penyiapan dokumen kegiatan pengerahan, penempatan dan layak huni.
  9. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan pengerahan, penempatan dan layak huni.
  10. Menginventarisasi kegiatan pengerahan, penempatan dan layak huni.
  11. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi.
  12. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang.

12.e. 2)Kepala Seksi Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan pengembangan masyarakat dan kawasan transmigrasi

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Menginventarisir kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan.
  2. Melaksanakan pembinaan generasi muda, olahraga dan peningkatan peranan wanita.
  3. Memberikan pelayanan kesehatan dan KB bersama instansi terkait.
  4. Melaksanakan penyuluhan kesehatan lingkungan.
  5. Melaksanakan pelayanan bantuan pangan, mental spiritual, adaptasi masyarakat, seni dan budaya serta pelayanan pos.
  6. Menyiapkan pembentukan perangkat pemerintahan desa dan lembaga desa.
  7. Melakukan penyuluhan dan bimbingan usaha swadaya serta peningkatan produksi masyarakat.
  8. Memberikan pelayanan dan bimbingan kelembagaan ekonomi dan pemasaran.
  9. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi.
  10. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang.

 

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) mempunyai tugas melaksanakan tugas operasional Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Sosial di wilayah kerjanya masing – masing yang meliputi pembinaan, bimbingan, penyuluhan dan pelatihan di bidang tenaga kerja, transmigrasi, dan sosial.

Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas di bidang tenaga kerja, transmigrasi, dan sosial sesuai keahlian.

Dirgahayu RI ke 72

BANNER-WEBok

Webmail
email_icon
Weblink SKPD
  • Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
  • Dinas PMD
  • Dinas Lingkungan Hidup
  • Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan
  • Dinas PPKB
  • Dinas Dukcapil
  • Dinas Pertanian
  • Dinas Perkintan
  • Dinas Kesehatan
  • Dinas Pendidikan
  • Dinas PerkopUKM
  • Dinas SosPP & PA
  • Dinas PU & PR
  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Dinas Perhubungan
  • Badan Perlitbangda
  • BKPSDM
  • BPBD
  • Badan Pengelolaan Keuangan Daerah
  • Inspektorat
  • RSUD Ilagaligo
  • Kesbangpol
  • SatpolPP & Damkar
  • Kecamatan Burau
  • Kecamatan Wotu
  • Kecamatan Mangkutana
  • Kecamatan Kalaena
  • Kecamatan Tomoni
  • Kecamatan Tomoni Timur
  • Kecamatan Angkona
  • Kecamatan Kalaena
  • Kecamatan Malili
  • Kecamatan Wasuponda
  • Kecamatan Towuti
  • Kecamatan Nuha
  • Monev Ekbang 2015

    Format Monitoring Evaluasi
    Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang)
    Setdakab. Luwu Timur

    [File unduh disini]

    Info LPSE Lutim

    .:: LPSE Lutim new1

    Info ULP Lutim

    .:: Info ULP Lutim 2014 new1

    • Pengumuman Lelang Manual Tahap 1 2014
    • Pengumuman Lelang Manual Tahap 2 2014
    • Pengumuman Lelang Manual Tahap 3 2014
    • Daftar Paket Siap Lelang terbaru
    • Daftar Nama-nama Paket ULP Pokja Barang

    ..:: Data selengkapnya Unduh Disini

    Informasi Ketenagakerjaan

    .:: Renstra Naker
        2016 - 2021
    new1

     

    Sepagai upaya peningkatan pelayanan ketenagakerjaan pada Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial khususnya pelayanan Wajib Lapor Ketenagakerjaan bagi perusahaan yang ada di lingkup Pemeritah Kabupaten Luwu Timur, maka Disnakertransos menyediakan Formulir Wajib Lapor Ketenagakerjaan untuk dapat diunduh oleh para pengusaha yang akan melakukan pengurusan Wajib Lapor Ketenagakerjaan.

      Link Download

      Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
       Rencana Pembangunan
       Jangka
      Menengah Daerah
       Kab. Luwu Timur

      data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
       Informasi APBD, Produk
       Hukum, Produk Perencanaan
       Kabupaten Luwu Timur
      Koper-OK  BANSOS DAN DANA HIBAH 
       Informasi Bantuan Sosial
       dan Dana Hibah 2017
       Kabupaten Luwu Timur
      Koper-OK  BANSOS DAN DANA HIBAH 
       Realisasi Bantuan Sosial
       dan Dana Hibah 2017
       Kabupaten Luwu Timur

      BAKOHUMASJ-fix

      LPSEJ-fix

      BPSJ-fix

      Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

      Seluruh Informasi Pembangunan
      Daerah Kabupaten Luwu Timur
      seluruhnya lengkap disajikan
      pada link di bawah ini

      Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

      Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

      Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
      dalam Pembangunan, bertema

      Fintech untuk Pembangunan
      yang Inklusif dan Berkelanjutan

      Gunakan tagar #fintech
      (Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

      Unduh File Disini

      fintech

      Ikuti Kami

       fb-icon twitter-icon icon YouTube

       SMS CENTER 0853 9403 6666