Dinas Kesehatan

DINAS KESEHATAN


SUSUNAN ORGANISASI pdf_icon

Susunan Organisasi Dinas Kesehatan terdiri dari :

  1. Kepala Dinas;
  2. Sekretariat;
    Sekretariat terdiri dari :
    1. Sub Bagian Perencanaan;
    2. Sub Bagian Keuangan; dan
    3. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
  3. Bidang Pelayanan Kesehatan;
    Bidang Pelayanan Kesehatan terdiri dari :
    1. Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar;
    2. Seksi Pelayanan Rujukan; dan
    3. Seksi Pelayanan Khusus.
  4. Bidang Pelayanan Farmasi dan Perbekalan Kesehatan;
    Bidang Pelayanan Farmasi dan Perbekalan Kesehatan terdiri dari :
    1. Seksi Farmasi dan Makanan;
    2. Seksi Perizinan dan Pengawasan; dan
    3. Seksi Perbekalan Kesehatan.
  5. Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan;
    Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan terdiri dari :
    1. Seksi Penyakit Menular;
    2. Seksi Penyakit Tidak Menular; dan
    3. Seksi Penyehatan Lingkungan.
  6. Bidang Kesehatan Masyarakat;
    1. Seksi Kesehatan Keluarga;
    2. Seksi Gizi; dan
    3. Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Promosi.
  7. Unit Pelaksana Teknis Dinas;
  8. Kelompok Jabatan Fungsional.

 

TUGAS DAN KEWAJIBAN, FUNGSI, DAN URAIAN TUGAS
JABATAN-JABATAN PADA DINAS KESEHATAN

7. Kepala Dinas:

Tugas dan Kewajiban melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang kesehatan.

Fungsi

  1. Perumusan kebijakan Dinas
  2. Penyusunan rencana stratejik dinas
  3. Penyelenggaraan pelayanan umum di bidang kesehatan
  4. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan.program dan kegiatan dinas
  5. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan Dinas

Uraian Tugas

  1. Merumuskan kebijakan teknis dan operasional di bidang kesehatan.
  2. Mengarahkan penyusunan program dan kegiatan dinas kesehatan berdasarkan usulan bidang dan bagian tata usaha, puskesmas serta UPTD.
  3. Memantau pelaksanaan program dan kegiatan Dinas kesehatan.
  4. Mengendalikan kewenangan dinas yang dimiliki dalam bidang kesehatan.
  5. Membina pelaksanaan ketatausahaan, bidang-bidang tehnis dan UPTD.
  6. Mengkoordinasikan pelaksanaan program dan kegiatan dinas kesehatan dengan instansi terkait
  7. Mengevaluasikan setiap pelaksanaan program dan kegiatan Dinas Kesehatan secara priodik.
  8. Melaporkan dan mempertanggung jawabkan pelaksanaan program dan kegiatan dinas kesehatan kepada Bupati, melalui Sekretaris Daerah.

7.a. Sekretaris Dinas:

Tugas dan Kewajiban tugas membantu Kepala Dinas dalam menyelenggarakan pelayanan administrasi; merencanakan, memantau, mengendalikan dan mengevaluasi aset, program/ kegiatan dan pengembangan di bidang kesehatan serta pembinaan organisasi.

Fungsi

  1. Penyusunan kebijakan teknis administrasi kepegawaian, administrasi keuangan ,perencanaan pelaporan dan urusan rumah tangga.
  2. Penyelenggaraan kebijakan administrasi umum
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan Sub bagian
  4. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan sub bagian

Uraian Tugas

  1. Merencanakan operasional kerja Sekretariat Dinas berdasarkan rencana dan sasaran yang telah ditetapkan sebagai pedoman kerja.
  2. Mengkoordinasi segala kegiatan antara bidang dalam lingkup dinas.
  3. Mengatur dan membina kerjasama dalam pengurusan administrasi dinas.
  4. Memberi petunjuk analisis dan pengembangan kinerja dinas.
  5. Mengkoordinasikan/menyelenggarakan perencanaan,pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan kegiatan dinas.
  6. Memberi petunjuk pembinaan organisasi, pendidikan dan latihan dalam rangka pengembangan sumber daya aparatur dinas.
  7. Mengatur urusan tata usaha, keuangan, aset, perencanaan dan pengendalian serta pembinaan kepegawaian dinas.
  8. Mengatur tata naskah dinas dan rumah tangga dinas.
  9. Melaksanakan inventarisasi semua barang bergerak dan tidak bergerak milik dinas.
  10. Memberi petunjuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban pada lingkungan dinas.
  11. Membina perpustakaan dinas.
  12. Membina dan mengarahkan pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Sub Bagian Keuangan dan Sub Bagian Perencanaan.
  13. Menyelia pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Sub Bagian Keuangan dan Sub Bagian Perencanaan.
  14. Mengembangkan pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Sub Bagian Keuangan dan Sub Bagian Perencanaan.
  15. Mengevaluasi pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Sub Bagian Keuangan dan Sub Bagian Perencanaan.
  16. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas Sekretariat Dians kepada Kepala Dinas.
  17. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.

7.a.1) Kepala Subag Perencanaan

Tugas dan Kewajiban membantu Sekretaris dalam melaksanakan perencanaan, pengendalian data, pembinaan dan evaluasi program / kegiatan dinas.

Fungsi

  1. Pelaksanaan kebijakan teknis sub bagian
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan sub bagian
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup Sub bagian
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup sub bagian

Uraian Tugas

  1. Merencanakan kegiatan dan program kerja Sub Bagian Perencanaan berdasarkan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja.
  2. Menghimpundan mempelajari peraturan perundang – undangan, kebijakan teknis, pedoman serta bahan – bahan lainnya yang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Perencanaan.
  3. Menghimpun dan menyiapkan bahan-bahan secara menyeluruh untuk penyusunan rencana kegiatan dinas.
  4. Memfasilitasi pelaksanaan koordinasi dengan bagian dan bidang lainnya untuk menyiapkan bahan penyusunan rencana stratejik dinas.
  5. Menyiapkan penyusunan rencana kerja tahunan secara periodik.
  6. Menyiapkan penyusunan Dokumen Pengguna Anggaran (DPA) dinas.
  7. Menyiapkan dan menyusun bahan pengendalian kegiatan dinas.
  8. Melaksanakan monitoring terhadap pelaksanaan program/kegiatan dinas serta menyiapkan tindak lanjut hasil monitoring.
  9. Menyiapkan bahan dan memfasilitasi pelaksanaan rapat koordinasi tingkat Kabupaten dan Propinsi.
  10. Menyiapkan bahan evaluasi pelaksanaan program/kegiatan dinas dan menyusun LAKIP dinas.
  11. Membina dan mengarahkan pelaksanaan tugas staf Sub Bagian Perencanaan.
  12. Mengevaluasi pelaksaan tugas staf Sub Bagian Perencanaan.
  13. Melaporkan hasil pelaksanan tugas staf Sub Bagian Perencanaan kepada Sekretaris.
  14. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh sekretaris.

7.a.2) Kepala Subag Keuangan

Tugas dan Kewajiban membantu Sekretaris dalam melaksanakan kegiatan anggaran berbasis kinerja dan pertanggungjawaban administrasi keuangan

Fungsi

  1. Pelaksanaan kebijakan teknis sub bagian
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan sub bagian
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup Sub bagian
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup sub bagian

Uraian Tugas

  1. Merencanakan kegiatan dan program kerja Sub Bagian Keuangan berdasarkan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja.
  2. Menghimpundan mempelajari peraturan perundang – undangan, kebijakan teknis, pedoman serta bahan – bahan lainnya yang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Keuangan.
  3. Mengumpulkan, mengolah data dan informasi, mengiventarisasi permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berhubungan dengan tugas-tugas yang berkaitan dengan keuangan.
  4. Melaksanakan analisis keuangan, perbendaharaan, verifikasi, akuntansi, monev anggaran, dan pelaporan keuangan serta aset dinas.
  5. Merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan sub bagian.
  6. Melaksanakan analisis dan pengembangan kinerja sub bagian.
  7. Melaksanakan administrasi keuangan.
  8. Melaksanakan pembinaan terhadap pemegang kas dan penyimpanan/pengurus barang dinas.
  9. Membina dan mengarahkan pelaksanaan tugas staf Sub Bagian Keuangan.
  10. Mengevaluasi pelaksaan tugas staf Sub Bagian Keuangan.
  11. Melaporkan hasil pelaksanan tugas staf Sub Bagian Keuangan kepada Sekretaris.
  12. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh sekretaris.

7.a.3) Kepala Subag Umum dan Kepegawaian

Tugas dan Kewajiban membantu Sekretaris dalam menyelenggarakan ketatausahaan, rumah tangga dan perlengkapan serta pengelolaan administrasi kepegawaian dinas

Fungsi

  1. Pelaksanaan kebijakan teknis sub bagian
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan sub bagian
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup Sub bagian
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup sub bagian

Uraian Tugas

  1. Merencanakan kegiatan dan program kerja Sub Bagian Umum dan Kepegawaian berdasarkan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja.
  2. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang – undangan, kebijakan teknis, pedoman serta bahan – bahan lainnyayang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
  3. Mengumpulkan, mengolah data dan informasi, mengiventarisasi permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berhubungan dengan tugas-tugas urusan umum dan kepegawaian;
  4. Memberikan pelayanan : naskah dinas, kearsipan, perpustakaan, komunikasi, pengetikan/penggandaan/pendistribusian, penerimaan tamu, kehumasan dan protokoler;
  5. Melayani keperluan dan kebutuhan serta perawatan ruang kerja, ruang rapat/pertemuan, komunikasi, dan sarana/prasarana kantor;
  6. Melaksanakan pengurusan perjalanan dinas, kendaraan dinas, keamanan kantor serta pelayanan kerumahtanggaan yang lainnya;
  7. Memfasilitasi usulan pengadaan, pengangkatan, mutasi, kesejahteraan pegawai, cuti, penilaian, pemberian penghargaan, pemberian sanksi/hukuman dan pemberhentian/pensiun, serta pendidikan dan pelatihan pegawai;
  8. Menyiapkan bahan koordinasi dan petunjuk teknis kebutuhan dan pengadaan perlengkapan/sarana kerja serta inventarisasi, pendistribusian, penyimpanan, perawatan dan penghapusannya;
  9. Membina dan mengarahkan pelaksanaan tugas staf Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
  10. Mengevaluasi pelaksanaan tugas staf Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
  11. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas staf Sub Bagian Umum dan Kepegawaian kepada Sekretaris.
  12. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris

7.b.Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan dasar, pelayanan rujukan, serta pelayanan khusus.

Fungsi

  1. Penyusunan kebijakan teknis bidang
  2. Penyelenggaraan program dan kegiatan bidang
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang P
  4. enyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang

Uraian Tugas

  1. Merencanakan kegiatan pelayanan kesehatan dasar, pelayanan rujukan, serta pelayanan khusus.
  2. Melaksanakan kegiatan kesehatan komunitas dan pelayanan kesehatan jiwa.
  3. Melaksanakan pelayanan medik berupa bina pelayanan medik dasar, bina pelayanan medik spesialis, bina pelayanan penunjang medik dan jaminan pemeliharaan kesehatan.
  4. Mengadakan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya NAPZA, rokok, dan alkohol.
  5. Menganalisa dan mengembangkan kinerja bidang.
  6. Melaporkan kegiatan bidang kepada kepala dinas melalui Sekretaris.

7.b.1)Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan dasar.

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Merencanakan kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat.
  2. Membimbing pelaksanaan kegiatan pelayanan keperawatan yang meliputi bina pelayanan keperawatan dasar, spesialistik, kebidanan dan keluarga.
  3. Melaksanakan penyuluhan kesehatan komunitas seperti olah raga, kesehatan perkotaan,daerah tertinggal dan terpencil, kesehatan indera, serta kesehatan tradisional.
  4. Membimbing secara teknis bina pelayanan kesehatan jiwa di sarana kesehatan dan non kesehatan.
  5. Melaksanakan kegiatan pembinaan pelayanan kesehatan jiwa anak, remaja, dan lansia.
  6. Melakukan pencegahan dan penanggulangan masalah NAPZA, rokok dan alkohol.
  7. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi.
  8. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang.

7.b.2)Kepala Seksi Pelayanan Rujukan

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan pelayanan rujukan.

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Membuat persiapan serta pelaksanaan kegiatan pelayanan rujukan.
  2. Membimbing secara teknis pelaksanaan kegiatan bina medik dasar, bina pelayanan penunjang medik dan jaminan pemeliharaan kesehatan.
  3. Melaksanakan pelayanan rujukan mikrobiologi dan imunologi, patologi, dan toksikologi, radiologi rehabilitasi medik dan pemantapan mutu penunjang medik.
  4. Melakukan pelayanan rujukan masalah NAPZA, rokok dan alkohol.
  5. Menganalis dan mengembangkan kinerja seksi.
  6. Melaporkan kegiatan seksi pelayanan khusus kepada kepala bidang.

7.b.3)Kepala Seksi Pelayanan Khusus

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan yang berhubungan pelayanan khusus.

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Membuat persiapan serta pelaksanaan kegiatan pelayanan medik dan jaminan pemeliharaan kesehatan.
  2. Membimbing secara teknis pelaksanaan kegiatan bina medik spesialis.
  3. Melaksanakan pelayanan mikrobiologi dan imunologi, patologi, dan toksikologi, radiologi rehabilitasi medik dan pemantapan mutu penunjang medik.
  4. Menganalis dan mengembangkan kinerja seksi.
  5. Melaporkan kegiatan seksi pelayanan khusus kepada kepala bidang.

7.c.Kepala Bidang Pelayanan Farmasi dan Perbekalan Kesehatan

Tugas dan Kewajiban membantu kepala dinas dalam melaksanakan kegiatan pelayanan farmasi dan perbekalan kesehatan.

Fungsi

  1. Penyusunan kebijakan teknis bidang
  2. Penyelenggaraan program dan kegiatan bidang
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang
  4. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang

Uraian Tugas

  1. Menyusun dan merencakan kegiatan pendayagunaan pelayanan farmasi dan perbekalan kesehatan
  2. Melaksanakan kegiatan pendayagunaan pelayanan farmasi dan perbekalan kesehatan
  3. Menyiapkan bahan untuk perbekalan kesehatan.
  4. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendayagunaan pelayanan farmasi dan pelayanan kesehatan.
  5. Memantau program kerja pelayanan farmasi dan perbekalan kesehatan.
  6. Menganalisa dan mengembangkan kinerja bidang.
  7. Melaporkan kegiatan bidang kepada kepala dinas melalui Sekretaris.

7.c.1)Kepala Seksi Farmasi dan Makanan

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan pendayagunaan farmasi dan makanan secara baik dan benar.

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan standarisasi dan bintek penggunaan obat yang rasional.
  2. Melaksanakan kegiatan pembinaan farmasi dan makanan komunitas dan klinik.
  3. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan penyediaan kebutuhan farmasi dan makanan
  4. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi.
  5. Melaporkan hasil kegiatan seksi kepada kepala bidang.

7.c.2)Kepala Seksi Perizinan dan Pengawasan

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan pengawasan dan perizinan

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Merencanakan dan melaksanakan pengawasan dan perizinan di bidang kesehatan.
  2. Melaksanakan kegiatan pembinaan peranserta masyarakat dalam memantau peredaran makanan, minuman, obat, dan alat kesehatan.
  3. Mengevaluasi, mengelola dan memantau peredaran makanan, minuman, obata, dan alat kesehatan dalam masyarakat.
  4. Melaksanakan akreditasi kesehatan berupa pelaksanaan bina sarana kesehatan.
  5. Melaksanakan perizinan dan pengawasan bagi makanan dan minuman hasil olahan pedagang kaki lima, warung, rumah makan, cafe, restoran, dan sejenisnya maupun hasil produksi industri rumah tangga.
  6. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi.
  7. Melaporkan kegiatan seksi perizinan dan pengawasan kepada kepala bidang.

7.c.3)Kepala Seksi Perbekalan Kesehatan

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan perbekalan kesehatan.

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Menyusun rencana kegiatan kebutuhan perbekalan kesehatan.
  2. Mengevaluasi, mengelola dan memantau persediaan farmamin dan perbekalan kesehatan lainnya
  3. Melaksanakan bina produksi dan distribusi alat kesehatan, produk diagnostic dan reagensia serta perbekalan kesehatan rumah tangga.
  4. Membimbing secara teknis pengawasan terhadap alat kesehatan dan farmasi.
  5. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan penyediaan kebutuhan alat kesehatan dan farmasi.
  6. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi.
  7. Melaporkan hasil kegiatan seksi kepada kepala bidang.

7.d.Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan kegiatan pemberantasan penyakit dan penyehatan lingkungan.

Fungsi

  1. Penyusunan kebijakan teknis bidang
  2. Penyelenggaraan program dan kegiatan bidang
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang
  4. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang

Uraian Tugas

  1. Menyusun dan merencanakan kegiatan pencegahan dan pemberantasan penyakit dan penyehatan lingkungan.
  2. Melaksanakan kegiatan pengendalian penyakit menular, surveillance epidomiologi, dan penyakit yang bersumber dari binatang.
  3. Melaksanakan kegiatan pencegahan dan pengobatan penyakit tidak menular.
  4. Melakukan kegiatan pemeliharaan kesehatan kerja, hiperbarik dan kedirgantaraan.
  5. Melaksanakan analisa dan pengembangan kinerja bidang.
  6. Melaporkan segala kegiatan bidang kepada kepala dinas melalui Sekretaris.

7.d.1)Kepala Seksi Penyakit Menular

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan dalam melaksanakan kegiatan pencegahan dan pemberantasan penyakit menular.

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan pemberantasan penyakit menular langsung seperti TBC, AIDS/PMS, ISPA, Diare, Cacingan, kusta, frambusia dan infeksi saluran pencernaan serta menyebarluaskan informasi cara pemberantasannya.
  2. Melaksanakan kegiatan pengendalian vector dan pengendalian penyakit yang bersumber dari binatang seperti penyakit malaria, arbovirosis, zoonosis, filariasis.
  3. Melakukan kegiatan penanggulangan KLB dan surveillance epidemiologi serta pelaksanaan karantina kesehatan dan imunisasi.
  4. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi.
  5. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang.

7.d.2)Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan dalam melaksanakan kegiatan pencegahan dan pengobatan penyakit tidak menular.

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Merencanakan kegiatan pencegahan dan pengobatan penyakit tidak menular serta menyebarluaskan informasi cara pencegahan dan pengobatannya.
  2. Melakukan kegiatan penanggulangan penyakit tidak menular serta menyebarluaskan informasi cara pencegahan dan pengobatannya.
  3. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi.
  4. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang.

7.d.3)Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan penyehatan lingkungan.

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Merencanakan kegiatan penyehatan lingkungan seperti penyehatan air, kualitas lingkungan, penyehatan kawasan dan sanitasi darurat.
  2. Melaksanakan kegiatan program tentang cara membangun sarana air minum yang bersih dan sehat.
  3. Melakukan kegiatan sanitasi makanan dan bahan pangan serta pengamanan limbah baik berupa limbah industri maupun limbah rumah tangga.
  4. Mengevaluasi serta melaksanakan kegiatan–kegiatan kesehatan matra misalnya : kesehatan haji, kesehatan transmigrasi, penanggulangan krisis kesehatan, perkemahan, hiperbarik, bencana alam keadaan darurat misalnya di udara, darat dan di air serta kesehatan matra lainnya.
  5. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi.
  6. Melaporkan kegiatan seksi penyehatan lingkungan dan kesehatan matra kepada kepala bidang.

7.e.Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan kegiatan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Fungsi

  1. Penyusunan kebijakan teknis bidang
  2. Penyelenggaraan program dan kegiatan bidang
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang
  4. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang

Uraian Tugas

  1. Mengkoordinasikan pelaksanaan program kesehatan masyarakat dengan unit terkait agar di peroleh sinkronisasi dalam pelaksanaan programnya.
  2. Mengarahkan pelaksanaan kegiatan puskesmas, posyandu, serta usaha kesehatan sekolah.
  3. Mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan program kesehatan masyarakat.
  4. Menganalisa dan mengembangkan kinerja bidang.
  5. Melaporkan kegiatan bidang kepada kepala dinas melalui Sekretaris

7.e.2)Kepala Seksi Kesehatan Keluarga (Seksi Kesehatan Keluarga dan Keluarga Berencana).

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan kesehatan keluarga

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Menyusun dan merencanakan kegiatan kesehatan keluaga dan KB.
  2. Merencanakan kegiatan tentang program kesehatan ibu, anak, remaja dan lansia.
  3. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan program kesehatan ibu, anak, remaja dan lansia.
  4. Melaksanakan program keluarga berencana dan bimbingan teknis kesehatan reproduksi.
  5. Melaksanakan penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan keluarga dan KB.
  6. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi.
  7. Membuat laporan kegiatan seksi kepada kepala bidang

7.e.3)Kepala Seksi Gizi

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan kegiatan perbaikan dan peningkatan kualitas gizi masyarakat.

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Menyusun dan merencanakan kegiatan penyuluhan gizi masyarakat dan turut meningkatkan kualitas gizi masyarakat.
  2. Melaksanakan kegiatan pencegahan dan penanggulangan masalah gizi seperti gizi mikro, gizi makro, gizi institusi dan SKPG.
  3. Melaksanakan bimbingan teknis program bimbingan Gizi.
  4. Melaksanakan penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gizi.
  5. Melaksanakan pengawasan dan membantu pemenuhan gizi balita pada keluarga tidak mampu.
  6. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi.
  7. Melaporkan kegiatan seksi gizi masyarakat kepada kepala bidang.

7.e.4)Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Promosi

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dalam melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan promosi kesehatan.

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Menyusun dan merencanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan promosi kesehatan.
  2. Melaksanakan pelaksanaan kegiatan dukungan sosial dan pelaksanaan advokasi.
  3. Melaksanakan bimbingan tehnis tentang kegiatan pemberdayaan masyarakat dan promosi kesehatan.
  4. Melakukan pemberdayaan masyarakat dan promosi kegiatan dengan menggunakan metode, teknik dan teknologi promosi.
  5. Menyiapkan sarana dan prasarana dalam melaksanakan pemberdayaan masyarakat dan promosi kesehatan seperti sosialisasi kesehatan.
  6. Melaksanakan penyuluhan dan memfasilitasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan berupa kegiatan upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM).
  7. Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan promosi kesehatan.
  8. Menganalisa dan mengembangkan kinerja seksi.
  9. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang.

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) mempunyai tugas melaksanakan tugas operasional Dinas Kesehatan di wilayah kerjanya masing – masing yang meliputi pembinaan, bimbingan, penyuluhan dan pelatihan di bidang kesehatan.

Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas di bidang kesehatan sesuai keahlian.

Idul Fitri 1438H / 2017M

Banner-Idul-Fitri-1438H

Webmail
email_icon
Weblink SKPD
  • Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
  • Dinas PMD
  • Dinas Lingkungan Hidup
  • Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan
  • Dinas PPKB
  • Dinas Dukcapil
  • Dinas Pertanian
  • Dinas Perkintan
  • Dinas Kesehatan
  • Dinas Pendidikan
  • Dinas PerkopUKM
  • Dinas SosPP & PA
  • Dinas PU & PR
  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Dinas Perhubungan
  • Badan Perlitbangda
  • BKPSDM
  • BPBD
  • Badan Pengelolaan Keuangan Daerah
  • Inspektorat
  • RSUD Ilagaligo
  • Kesbangpol
  • SatpolPP & Damkar
  • Kecamatan Burau
  • Kecamatan Wotu
  • Kecamatan Mangkutana
  • Kecamatan Kalaena
  • Kecamatan Tomoni
  • Kecamatan Tomoni Timur
  • Kecamatan Angkona
  • Kecamatan Kalaena
  • Kecamatan Malili
  • Kecamatan Wasuponda
  • Kecamatan Towuti
  • Kecamatan Nuha
  • Monev Ekbang 2015

    Format Monitoring Evaluasi
    Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang)
    Setdakab. Luwu Timur

    [File unduh disini]

    Info LPSE Lutim

    .:: LPSE Lutim new1

    Info ULP Lutim

    .:: Info ULP Lutim 2014 new1

    • Pengumuman Lelang Manual Tahap 1 2014
    • Pengumuman Lelang Manual Tahap 2 2014
    • Pengumuman Lelang Manual Tahap 3 2014
    • Daftar Paket Siap Lelang terbaru
    • Daftar Nama-nama Paket ULP Pokja Barang

    ..:: Data selengkapnya Unduh Disini

    Informasi Ketenagakerjaan

    .:: Renstra Naker
        2016 - 2021
    new1

     

    Sepagai upaya peningkatan pelayanan ketenagakerjaan pada Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial khususnya pelayanan Wajib Lapor Ketenagakerjaan bagi perusahaan yang ada di lingkup Pemeritah Kabupaten Luwu Timur, maka Disnakertransos menyediakan Formulir Wajib Lapor Ketenagakerjaan untuk dapat diunduh oleh para pengusaha yang akan melakukan pengurusan Wajib Lapor Ketenagakerjaan.

      Link Download

      Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
       Rencana Pembangunan
       Jangka
      Menengah Daerah
       Kab. Luwu Timur

      data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
       Informasi APBD, Produk
       Hukum, Produk Perencanaan
       Kabupaten Luwu Timur

      Koper-OK  BANSOS DAN DANA HIBAH 
       Informasi Bantuan Sosial
       dan Dana Hibah 2017
       Kabupaten Luwu Timur

      BAKOHUMASJ-fix

      LPSEJ-fix

      BPSJ-fix

      Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

      Seluruh Informasi Pembangunan
      Daerah Kabupaten Luwu Timur
      seluruhnya lengkap disajikan
      pada link di bawah ini

      Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

      Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

      Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
      dalam Pembangunan, bertema

      Fintech untuk Pembangunan
      yang Inklusif dan Berkelanjutan

      Gunakan tagar #fintech
      (Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

      Unduh File Disini

      fintech

      Arsip Berita

    • 2017 (179)
    • 2016 (389)
    • 2015 (282)