Penelitian Ilmiah Danau Towuti Berlangsung Sukses

TDP 1Kegiatan pengambilan sampel lumpur Danau Towuti yang dilakukan oleh Tim Penelitian Ilmiah Danau Towuti akan segera berakhir. Kegiatan penelitian yang dilangsungkan mulai pertengahan Mei hingga awal Juli ini merupakan sebuah kolaborasi para peneliti bidang lingkungan dari Indonesia, Amerika Serikat, Jerman, Swiss, dan Kanada, serta merupakan yang pertama kalinya dilakukan di Asia Tenggara. Dari tiga titik pengambilan sampel di tengah danau, tim berhasil memperoleh endapan lumpur lunak masing-masing dengan kedalaman sekitar 150 meter.

Lumpur di dalam Danau Towuti mulai terendapkan di atas batuan dasar danau sejak terbentuknya danau ratusan ribu tahun yang lalu. Analisis karakter fisika, kimia, dan biologi dari endapan lumpur Towuti yang akan dilakukan di berbagai universitas dalam dan luar negeri akan dapat memberikan data rekonstruksi perubahan iklim dan lingkungan di Sulawesi sejak kira-kira tujuh ratus ribu tahun yang lalu. Selain itu, tim peneliti berharap bisa menaksir secara lebih akurat usia Danau Towuti yang tergolong danau purba. “Pemahaman yang tepat akan sejarah panjang iklim dan lingkungan Sulawesi di masa lalu lewat kajian lumpur Danau Towuti dapat membantu kita untuk memprediksi perubahan iklim dan lingkungan di masa depan, tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga di tingkat dunia,” ujar Satrio Adi Wicaksono, kandidat doktor di Universitas Brown, Amerika Serikat, yang terlibat dalam penelitian ini. “Kami juga berharap dapat memperkenalkan Danau Towuti lebih jauh ke dunia internasional sebagai danau purba dengan ekosistem unik dan punya peranan penting bagi studi iklim global,” lanjut Satrio.

Dalam audiensi dengan Pemda Lutim di Malili pada hari Kamis (2/7/2015), Prof. Dr. Satria Bijaksana, ketua tim peneliti sekaligus guru besar bidang fisika kebumian di Institut Teknologi Bandung, mengungkapkan bahwa anggota tim akan pulang kembali ke negara asal pekan depan. Alat-alat pengambilan sampel yang saat ini masih berada di tengah danau juga akan segera ditarik ke darat untuk kemudian dikirimkan kembali ke Amerika Serikat. “Pengambilan sampel kami sempat terkendala masalah teknis dengan alat, sehingga jadwal kepulangan harus tertunda hingga dua minggu. Alhamdulillah sekarang kami sudah hampir selesai,” terang Satria.

Kegiatan pengambilan sampel yang didanai oleh lembaga pendanaan ilmu pengetahuan Amerika Serikat (National Science Foundation), Jerman (German Research Foundation), Swiss (Swiss National Science Foundation), serta ICDP (International Continental Scientific Drilling Project) ini sesungguhnya adalah suatu awal dari banyak penelitian bidang lingkungan dan kebumian yang akan menggunakan sampel yang diperoleh. Satria juga berharap bahwa dari kegiatan ini akan lahir banyak publikasi ilmiah mengenai Towuti di jurnal ilmiah internasional yang ditulis oleh para doktor dan peneliti asli Sulawesi.

Satrio yang juga bertindak sebagai koordinator tim peneliti mengatakan bahwa meskipun sempat ada penolakan dari beberapa unsur Kecamatan Towuti akan pengambilan sampel di Danau Towuti, kini masyarakat sudah mengerti akan tujuan serta manfaat dari penelitian ilmiah ini. “Kami senang sekali sudah diundang mengunjungi berbagai sekolah serta berdiskusi dengan tokoh masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat mengenai penelitian kami,” jelas Satrio.
tim peneliti di tengah danau untuk menyaksikan sendiri bagaimana pengambilan sampel dilakukan sesuai standar operasi yang ramah lingkungan dan berlaku secara internasional. "Kami mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan dan kerja sama Pemda Luwu Timur beserta masyarakat sekitar, khususnya masyarakat Kecamatan Towuti, dalam upaya menyukseskan kegiatan penelitian internasional ini, harapan kami data-data yang kami hasilkan dapat memberikan pemahaman lebih mendalam kepada masyarakat serta menunjang keberlanjutan  ekosistem unik Danau Towuti ke depannya," pungkas Satrio. (Satrio A. Wicaksono)

HUT Ke 16 Kab. Luwu Timur

HUT 16 Lutim web ok

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
inspektorat

 PENILAIAN MATURITAS SPIP
 PEMKAB. LUWU TIMUR
 TAHUN 2018

data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA l PROFIL LUWU TIMUR
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh Dinas
 Komunikasi dan Informatika
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

SISTEM PERLINDUNGAN ANAK

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 3 Tahun 2014

Tentang
Sistem Perlindungan Anak

[File unduh disini]

Pengarustamaan Gender

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 2 Tahun 2018

Tentang
Pengarustamaan Gender
Dalam Pembangunan

[File unduh disini]

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666