Penelitian Ilmiah Danau Towuti Berlangsung Sukses

TDP 1Kegiatan pengambilan sampel lumpur Danau Towuti yang dilakukan oleh Tim Penelitian Ilmiah Danau Towuti akan segera berakhir. Kegiatan penelitian yang dilangsungkan mulai pertengahan Mei hingga awal Juli ini merupakan sebuah kolaborasi para peneliti bidang lingkungan dari Indonesia, Amerika Serikat, Jerman, Swiss, dan Kanada, serta merupakan yang pertama kalinya dilakukan di Asia Tenggara. Dari tiga titik pengambilan sampel di tengah danau, tim berhasil memperoleh endapan lumpur lunak masing-masing dengan kedalaman sekitar 150 meter.

Lumpur di dalam Danau Towuti mulai terendapkan di atas batuan dasar danau sejak terbentuknya danau ratusan ribu tahun yang lalu. Analisis karakter fisika, kimia, dan biologi dari endapan lumpur Towuti yang akan dilakukan di berbagai universitas dalam dan luar negeri akan dapat memberikan data rekonstruksi perubahan iklim dan lingkungan di Sulawesi sejak kira-kira tujuh ratus ribu tahun yang lalu. Selain itu, tim peneliti berharap bisa menaksir secara lebih akurat usia Danau Towuti yang tergolong danau purba. “Pemahaman yang tepat akan sejarah panjang iklim dan lingkungan Sulawesi di masa lalu lewat kajian lumpur Danau Towuti dapat membantu kita untuk memprediksi perubahan iklim dan lingkungan di masa depan, tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga di tingkat dunia,” ujar Satrio Adi Wicaksono, kandidat doktor di Universitas Brown, Amerika Serikat, yang terlibat dalam penelitian ini. “Kami juga berharap dapat memperkenalkan Danau Towuti lebih jauh ke dunia internasional sebagai danau purba dengan ekosistem unik dan punya peranan penting bagi studi iklim global,” lanjut Satrio.

Dalam audiensi dengan Pemda Lutim di Malili pada hari Kamis (2/7/2015), Prof. Dr. Satria Bijaksana, ketua tim peneliti sekaligus guru besar bidang fisika kebumian di Institut Teknologi Bandung, mengungkapkan bahwa anggota tim akan pulang kembali ke negara asal pekan depan. Alat-alat pengambilan sampel yang saat ini masih berada di tengah danau juga akan segera ditarik ke darat untuk kemudian dikirimkan kembali ke Amerika Serikat. “Pengambilan sampel kami sempat terkendala masalah teknis dengan alat, sehingga jadwal kepulangan harus tertunda hingga dua minggu. Alhamdulillah sekarang kami sudah hampir selesai,” terang Satria.

Kegiatan pengambilan sampel yang didanai oleh lembaga pendanaan ilmu pengetahuan Amerika Serikat (National Science Foundation), Jerman (German Research Foundation), Swiss (Swiss National Science Foundation), serta ICDP (International Continental Scientific Drilling Project) ini sesungguhnya adalah suatu awal dari banyak penelitian bidang lingkungan dan kebumian yang akan menggunakan sampel yang diperoleh. Satria juga berharap bahwa dari kegiatan ini akan lahir banyak publikasi ilmiah mengenai Towuti di jurnal ilmiah internasional yang ditulis oleh para doktor dan peneliti asli Sulawesi.

Satrio yang juga bertindak sebagai koordinator tim peneliti mengatakan bahwa meskipun sempat ada penolakan dari beberapa unsur Kecamatan Towuti akan pengambilan sampel di Danau Towuti, kini masyarakat sudah mengerti akan tujuan serta manfaat dari penelitian ilmiah ini. “Kami senang sekali sudah diundang mengunjungi berbagai sekolah serta berdiskusi dengan tokoh masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat mengenai penelitian kami,” jelas Satrio.
tim peneliti di tengah danau untuk menyaksikan sendiri bagaimana pengambilan sampel dilakukan sesuai standar operasi yang ramah lingkungan dan berlaku secara internasional. "Kami mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan dan kerja sama Pemda Luwu Timur beserta masyarakat sekitar, khususnya masyarakat Kecamatan Towuti, dalam upaya menyukseskan kegiatan penelitian internasional ini, harapan kami data-data yang kami hasilkan dapat memberikan pemahaman lebih mendalam kepada masyarakat serta menunjang keberlanjutan  ekosistem unik Danau Towuti ke depannya," pungkas Satrio. (Satrio A. Wicaksono)