Kader PKK Dilatih Kelola Pekarangan

Ketua TP PKK Lutim saat memberikan SambutanPKK menjadi wadah bagi kaum perempuan untuk mengembangkan kemampuan dan potensi yang dimiliki agar secara mandiri mempunyai ketrampilan dan keahlian dalam mengatasi masalah  yang dihadapi secara mandiri melalui peningkatan kapasitas dan kualitas hidup. Oleh karena itu, PKK diharapkan dapat mengarahkan dan membina keluarga guna mewujudkan keluarga sejahtera.

Pekarangan merupakan  sebidang tanah di sekitar rumah yang mudah di usahakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemenuhan gizi mikro melalui perbaikan menu keluarga. Pekarangan sering juga disebut sebagai lumbung hidup, warung hidup atau apotik hidup, Pemanfaatan Pekarangan mesti dikelola melalui pendekatan terpadu berbagai jenis tanaman, ternak dan ikan, sehingga akan menjamin ketersediaan bahan pangan yang beranekaragam secara terus menerus, guna pemenuhan gizi keluarga. Lahan pekarangan memang sudah lama dikenal dan memiliki fungsi multiguna

Pernyataan ini disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Andi Tenri Balobo Hatta  saat membuka kegiatan Pelatihan Pengolahan Hasil Pemanfaatan Pekarangan  yang diikuti puluhan pengurus TP PKK Desa se Kecamatan Malili dan Angkona yang berlangsung di Aula Kantor Camat Malili, Jumat (12/06/2015).

Menurutnya, dalam rangka mencukupi kebutuhan pangan rumah tangga, pemanfaatan pekarangan ini dapat memberikan kontribusi tidak hanya untuk dikonsumsi namun dapat menjadi sumber penghasilan tambahan dalam mencukupi kebutuhan keluarga. "Jika selama ini, kaum bapak lebih besar tanggung jawabnya dalam memenuhi kebutuhan keluarganya, maka pada kondisi yang terjadi saat ini dibutuhkan peran serta kaum perempuan untuk membantu menambah penghasilan keluarga," tambahnya.

Lanjutnya, Peranan kaum perempuan perlu ditingkatkan melalui peningkatan ilmu pengetahuan dan ketrampilan. Salah satunya melalui pelatihan seperti yang dilaksanakan pada hari ini, sehingga kaum perempuan dapat mengelola lahan pekarangan yang sempit, mengolah dan memasarkan produk yang dihasilkan guna meningkatkan pendapatan keluarganya, oleh karena itu kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas kita semua dalam mewujudkan keanekaragaman konsumsi pangan sebagaimana yang tengah dicanangkan pemerintah saat ini,” tandasnya.

Sementara itu Ketua POKJA III PKK, Tia Kamarullah menjelaskan, pelatihan di maksudkan untuk menambah dan meningkatkan ketrampilan dalam hal bagaimana cara pengolahan makanan yang bervariasi,beragam dan bergizi dari hasil pekarangan. Menurut Tia, Pelatihan ini merupakan program kerja penggerak PKK di bidang sandang, pangan dan tata laksana rumah tangga. Penyuluhan ini sangat baik untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi ibu rumah tangga.

Lebih lanjut, Tia  mengatakan Pelatihan ini akan berlangsung ditiap Kecamatan di Kabupaten Luwu Timur dengan narasumber dari Dinas Koperindag Kab. Luwu Timur, Idiyanti, SP. (Humas)

HUT Ke 16 Kab. Luwu Timur

HUT 16 Lutim web ok

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
inspektorat

 PENILAIAN MATURITAS SPIP
 PEMKAB. LUWU TIMUR
 TAHUN 2018

data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
data APBN  Indikator Kinerja Utama |
 Laporan Kinerja Pemerintah |
 Kode Etik PNS |
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA l PROFIL LUWU TIMUR
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh Dinas
 Komunikasi dan Informatika
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

SISTEM PERLINDUNGAN ANAK

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 3 Tahun 2014

Tentang
Sistem Perlindungan Anak

[File unduh disini]

Pengarustamaan Gender

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 2 Tahun 2018

Tentang
Pengarustamaan Gender
Dalam Pembangunan

[File unduh disini]

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666