PTPM PT Vale Dorong Pengembangan Padi Sri Organik

PT Vale Indonesia.TBk dan pemerintah daerah kabupaten Luwu Timur melalui koordinasi Program Terpadu Pengembangan Masyarakat (PTPM) pertanian berkelanjutan,   menggelar kegiatan pembelajaran dasar ekologi dan prinsip dasar system of rice intensification (SRI) organik mulai 10-14 Juni 2015  diikuti  40 tenaga teknis penyuluh pertanian se kabupaten Luwu Timur dan 6 petani kader.   Kegiatan dibuka oleh staf ahli pembangunan La besse mewakili bupati Luwu Timur 10 Juni 2015 bertempat di komplek Balai Penyuluh pertanian perikanan dan kehutanan BP3K Kecamatan Nuha.

Kepala badan pelaksana penyuluh pertanian perkebunan dan kehutanan (BP4k) Luwu Timur, Nursih   menyampaikan PTPM Pertanian Berkelanjutan 2015 Fokus kepada mendorong Tercapai perbaikan budidaya pertanian pada komoditas unggulan Kab Luwu Timur,  dengan menggunakan teknologi budidaya yang maju dan ramah lingkungan dan mendorong Terbentuknya kelembagaan petani yang kuat dan berfungsi dalam rangka pembangunan pertanian di kabupaten Luwu Timur.

Program pembelajaran SRI ini adalah kali kedua sebelumnya telah dilakukan untuk untuk angkatan pertama sebanyak 22 orang tenaga penyuluh pertanian, dengan menghadirkan praktisi pertanian organik dari yayasan ALIKSA organik yang difasilitasi oleh PT Vale Indonesia melalui program PTPM. Program SRI ini dan Perencanaan kegiatan program pertanian berkelanjutan disusun bersama PTVI dan SKPD terkait  melalui   Lokakarya penyusunan rencana kerja tahun 2015, tindak lanjut dari kegiatan ini para penyuluh akan melakukan aplikasi bersama kelompok tani dampingan selama satu musim tanam dilanjutkan.

Lokakarya untuk mengkaji temuan selama penerapan SRI selama musim tanam dan pertumbuhan yang sedang berjalan. “ Tahapan akhir dari kegiatan ini  adalah penguatan teknis dan training of trainer yang menghasilkan tenaga penyuluh yang andal dalam penerapan SRI pada tanaman padi,” Kata Nursih.

Sedangkan, Direktur komunikasi dan hubungan luar PT Vale Indonesia, Basri Kamba,  dalam sambutannya mengatakan PTPM merupakan salah satu mekanisme perencanaan pelaksanaan dan pengendalian program pemberdayaan,  sebagai bagian dari kontribusi PTVI untuk berperan serta dalam pembangunan di kabupaten Luwu Timur. Kebijakan dan strategi perusahaan melalui kerjasama kemitraan tiga pihak yaitu PTVI, Pemerintah Daerah dan Masyarakat diharapkan menjadi pengarusutamaan (mainstreaming) dalam implementasi PTPM dengan menyajikan permasalahan bagi masyarakat di sekitar wilayah usaha perusahaan, baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

PT. Vale Indonesia mengembangkan kemitraan untuk menjaring potensi yang muncul dari aktivitas pertambangan untuk membangun warisan keberlanjutan. Perubahan yang dilakukan diharapkan memberikan kontribusi kepada masyarakat setempat dan menjadi pionir dalam membangun kemitraan dengan tujuan untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi dan perbaikan sosial.

PTVI sebagai salah satu perusahan tambang yang dapat berkontribusi secara global melalui penerapan pratek terbaik dalam pembangunan berkelanjutan. Konsep SRI yang diperkenalkan dalam proses pembelajaran ini sejalan dengan tujuan pembangunan pertanian berkelanjutan, dimana aplikasi teknologi yang diperkenalkan berupa Pengetahuan dasar bertani yang ramah lingkungan serta  Meminimalkan  ketergantungan petani terhadap kebutuhan sarana produksi. “ Jangan ada satu jengkal pun tanah di luwu Timur ini yang sakit karena penggunaan pupuk sintetis dan pestisida yang berlebihan.” Imbuh Basri.

Pemerintah mentargetkan peningkatan produksi yang signifikan bagi komoditas padi, jagung dan kedelai.  Target bagi Luwu Timur adalah peningkatan 300 Kg/Hektar bagi padi GKP; jagung minimal 1 Ton/Hektar bagi sawah yang sudah berproduksi, serta produktivitas minimal 5,04 Ton/Hektar bagi pertanaman jagung yang baru. Langkah ini dilakukan untuk mendukung kebijakan pemerintah pusat dalam rangka   menjamin ketahanan dan kemandirian  pangan serta menghadapi perdagangan bebas, kabinet kerja telah menetapkan target pembangunan  pertanian yang salah satunya adalah tercapainya swasembada berkelanjutan padi dan jagung serta swasembada kedelai
Peningkatan produksi tidak boleh mengabaikan kelestarian fungsi lingkungan hidup,  penggunaan pestisida yang tidak terkendali semakin mengkhawatirkan, Penggunaan sarana produksi kimiawi yang tidak bijaksana ini tentunya selain berdampak terhadap ketersediaan produk yang aman bagi manusia, juga dampak buruknya terhadap lingkungan hidup. Harapannya dengan konsep SRI Organik Peningkatan produksi tidak harus dengan mengekploitasi lahan pertanian tanpa menjaga keberlanjutannya. (aco/hms)

HUT Ke 16 Kab. Luwu Timur

HUT 16 Lutim web ok

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
inspektorat

 PENILAIAN MATURITAS SPIP
 PEMKAB. LUWU TIMUR
 TAHUN 2018

data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA l PROFIL LUWU TIMUR
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh Dinas
 Komunikasi dan Informatika
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

SISTEM PERLINDUNGAN ANAK

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 3 Tahun 2014

Tentang
Sistem Perlindungan Anak

[File unduh disini]

Pengarustamaan Gender

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 2 Tahun 2018

Tentang
Pengarustamaan Gender
Dalam Pembangunan

[File unduh disini]

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666