12 Pimpinan Parpol Tandatangani Deklarasi Damai

deklarasi-damaiTepat sehari menjelang masa kampanye Pemilihan Legislatif 2014, Komisi Pemilihan Umum   Daerah (KPUD) Luwu Timur menggelar deklarasi pemilu damai di Lapangan Merdeka Puncak Indah Kecamatan Malili, Sabtu (15/03).

Acara diawali dengan pembacaan Ikrar Deklarasi Pernyataan Sikap Pemilu Damai 2014 oleh Divisi Hukum KPUD Luwu Timur, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Naskah Deklarasi Pernyataan Sikap Pemilu damai Damai 2014 oleh 12 Pimpinan Parpol peserta pemilu 2014.

Pernyataan deklarasi damai diantaranya berisi kesepakatan para pimpinan partai politik untuk mewujudkan proses dan pelaksanaan pemilu legislatif secara jujur, tertib lancar, aman dan damai serta siap menerima hasil pemilu yang dinyatakan sah menurut peraturan dan perundang undangan yang berlaku.

Penandatangan tersebut disaksikan oleh Wakil Bupati Luwu Timur HM. Thoriq Husler dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Luwu Timur serta Ketua KPUD Kabupaten Luwu Timur Muhammad Nur dan Ketua Panwaslu Kabupaten Luwu Timur Rahman Atja.

Diungkapkan oleh Sekretaris KPUD Luwu Timur Abbas bahwa sesuai instruksi  dari KPU Pusat,  sebelum masa kampanye dimulai,  KPU diwajibkan menggelar penandatanganan deklarasi damai oleh pimpinan  partai politik peserta pemilu. “Deklarasi damai pada hari ini tidak hanya digelar di Kabupaten Luwu Timur saja namun serentak dihelat diseluruh daerah di Indonesia, hal ini sekaligus menjadi gaung sosialisasi kepada masyarakat” Kata Abbas selaku Ketua Panitia penyelenggara deklarasi damai.
 
Sementara Wakil Bupati Luwu Timur HM. Thoriq Husler dalam arahannya mengatakan bahwa keberhasilan dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2014 adalah juga kesuksesan bagi seluruh bangsa Indonesia dalam menjalankan kehidupan berdemokrasi,  Oleh sebab itu melalui kesempatan tersebut Wakil Bupati  mengharapkan kepada peserta calon anggota legislatif senantiasa menjaga sikap dan etika selama brerlangsungnya tahapan.

”Melalui Deklarasi Pernyataan Sikap Pemilu Damai 2014 yang kita nyatakan dan tandatangai bersama, saya mengharapkan agar semua peserta, maka semua aturan main tentang Pemilu khususnya Tata Cara Pemungutan dan Perhitungan Suara, sehingga hal ini juga akan mendorong para pemilih untuk menggunakan hak pilihnya,” tandas Husler.

Dan kepada penyelenggara pemilu, Husler mengharapkan untuk teap bekerja dengan baik dan benar serta tetap mengedepankan sikap netralitas, dalam melaksanakan tahapan tahapan pemilu agar pelaksanaan pemilu yang berkualitas dapat terwujud.
Selain mennggelar deklarasi pemilu damai, sebelumnya KPU Luwu Timur juga menggelar kirab karnaval dengan mengambil rute dari Lapangan sepak bola Kecamatan Burau dan berakhir di Lapangan Merdeka Kecamatan Malili. Rombongan kirab karnaval dilepas oleh Wakapolres Luwu Timur Kompol Marsuki didamping Ketua KPUD Kabupaten Luwu Timur Muhammad Nur.

Ketua KPUD Kabupaten Luwu Timur Muhammad Nur sesaat sebelum melepas peserta kirab karnaval pemilu damai mengatakan kegiatan karnaval itu merupakan bagian dari sosialisasi nasional pelaksanaan pemilu legislatif 2014. “Karnaval pemilu ini juga sebagai wadah  perkenalan sekaligus silaturahmi antar parpol kepada masyarakat menjelang masuknya masa kampanye guna mewujudkan pemilu yang Luber, Jujur dan Adil,” ungkap Cici sapaan akrab Muhammad Nur.
 
Lebih lanjut Muhammad Nur menjelaskan setelah deklarasi dan karnaval, maka tahapan Pemilu akan memasuki masa kampanye Rapat Umum selama 21 hari, terkait lokasi dan jadwal kampanye masing-masing parpol sudah kami tuangkan dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Luwu Timur.

Pihaknya berharap, dengan telah ditandatanganinya deklarasi Pemilu damai tersebut maka setiap parpol peserta pemilu bisa menjaga norma dan kaidah-kaidah yang sudah diatur dalam Undang-Undang serta Peraturan KPU.
 
"Mewujudkan Pemilu yang berkualitas dan berintegritas adalah tanggung jawab semua pihak demi suksesnya pelaksanaan hak politik masyarakat untuk memilih wakil-wakilnya di lembaga legislatif, untuk itu diperlukan kesadaran politik bagi semua pihak agar Pemilu 2014 nanti benar-benar berlangsung jujur dan adil” kuncinya. (ophy/hms)

HUT Ke 16 Kab. Luwu Timur

HUT 16 Lutim web ok

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
inspektorat

 PENILAIAN MATURITAS SPIP
 PEMKAB. LUWU TIMUR
 TAHUN 2018

data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA l PROFIL LUWU TIMUR
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh Dinas
 Komunikasi dan Informatika
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

SISTEM PERLINDUNGAN ANAK

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 3 Tahun 2014

Tentang
Sistem Perlindungan Anak

[File unduh disini]

Pengarustamaan Gender

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 2 Tahun 2018

Tentang
Pengarustamaan Gender
Dalam Pembangunan

[File unduh disini]

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666