FAD Wadah Menyuarakan Pendapat Anak

FADAnak merupakan investasi sumber daya manusia di masa sekarang dan masa yang akan datang, sekaligus sebagai penerus perjuangan bangsa. Untuk itu anak harus memiliki sumber daya yang berkualitas agar tidak menjadi beban pembangunan. Anak di masa depan dapat menjadi subyek dan motor penggerak pembangunan. Sebagaimana kita ketahui bersama, SDM yang berkualitas tidak dapat lahir secara alamiah, bila anak dibiarkan tumbuh dan berkembang tanpa perlindungan, maka mereka akan menjadi beban pembangunan karena akan menjadi generasi yang lemah, tidak produktif dan tidak kreatif.

Atas dasar itulah, Sabtu 15 Maret 2014, melalui Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (KB-PP) dilaksanakan Kegiatan Forum Anak Daerah (FAD) yang mengundang para Pelajar SLTP dan SLTA se Kabupaten Luwu Timur. "Sebanyak 50 peserta hadir dalam kegiatan FAD kali ini, tentu dengan harapan kegiatan ini dapat menstimulasi jiwa kepemimpinan anak-anak dalam menghadapi berbagai tantangan dimasa yang akan datang, karena anak-anak adalah calon pemimpin di masa depan," jelas Syawalong selaku Ketua Panitia Kegiatan saat membacakan laporannya.

Pelatihan Kegiatan Forum Anak secara resmi dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Muh Zabur. Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (KB-PP) Luwu Timur, Sabtu ( 15/03 ), dengan menghadirkan Narasumber Kepala Bidang Kualitas Hidup Perlindungan Perempuan & Anak Badan PP & KB Provinsi Sulawesi Selatan, Nur Anti,SE, MT.

Bupati Luwu Timur H. Andi Hatta Marakarma, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Muh Zabur, memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap kegiatan tersebut, dikatakannya bahwa Forum Anak Daerah (FAD) sebagai wadah bagi anak untuk menyuarakan pendapat anak adalah bentuk partisipasi anak dalam proses pembangunan anak/manusia. "Oleh karena itu Pemerintah Daerah berupaya memfasilitasi kegiatan-kegiatan seperti ini dalam rangka proses pembentukan generasi muda Kabupaten Luwu Timur yang cerdas, inovatif dan kompetitif," terang Zabur.

"Sangat penting bagi kita semua untuk bertanggung jawab dalam melindungi, mendidik dan mengembangkan anak, kita tentu berharap agar Pelatihan Forum Anak se-Kabupaten Luwu Timur, dapat terlaksana dengan baik yang dapat meningkatkan pemenuhan hak partisipasi anak, memberikan kesempatan anak untuk belajar berorganisasi, dan terbangunnya kemampuan anak dalam berorganisasi dan bernegosiasi," jelas Zabur.

Lebih lanjut lagi, melalui Asisten Administrasi Umum saat membacakan Sambutan Bupati Luwu Timur H. Andi Hatta Marakarma berpesan agar kiranya seluruh pelajar selama mengikuti kegiatan ini, dapat mengikuti seluruh rangkaian acara pelatihan dengan seksama. "Saya tekankan agar pada saat berdiskusi atau pada saat menerima pembekalan dari narasumber hendaknya disimak dengan sebaik-baiknya terutama segala hal yang berhubungan dengan kesejahteraan dan perlindungan anak (KPA), hak-hak dan kewajiban anak, mengidentifikasi dan menganalisa permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh anak saat ini,"terang Zabur sekaligus menutup sambutan. (cie/hms)

HUT Ke 16 Kab. Luwu Timur

HUT 16 Lutim web ok

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
inspektorat

 PENILAIAN MATURITAS SPIP
 PEMKAB. LUWU TIMUR
 TAHUN 2018

data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA l PROFIL LUWU TIMUR
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh Dinas
 Komunikasi dan Informatika
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

SISTEM PERLINDUNGAN ANAK

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 3 Tahun 2014

Tentang
Sistem Perlindungan Anak

[File unduh disini]

Pengarustamaan Gender

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 2 Tahun 2018

Tentang
Pengarustamaan Gender
Dalam Pembangunan

[File unduh disini]

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666