Kantor Perpustakaan, Arsip Daerah dan Dokumentasi

KANTOR PERPUSTAKAAN, ARSIP DAERAH, DAN DOKUMENTASI


SUSUNAN ORGANISASI pdf_icon

Susunan Organisasi Kantor Perpustakaan, Arsip Daerah dan Dokumentasi terdiri dari :

  1. Kepala Kantor;
  2. Bagian Tata Usaha;
  3. Seksi Perpustakaan;
  4. Seksi Kearsipan;
  5. Seksi Dokumentasi;
  6. Kelompok Jabatan Fungsional.

 

21. KANTOR PERPUSTAKAAN, ARSIP DAERAH, DAN DOKUMENTASI

TUGAS DAN KEWAJIBAN, FUNGSI, DAN URAIAN TUGAS
JABATAN-JABATAN PADA KANTOR PERPUSTAKAAN, ARSIP DAERAH, DAN DOKUMENTASI

21. Kepala Kantor:

Tugas dan Kewajibanmelaksanakan penyusunan dan kebijakan daerah di bidang perpustakaan, arsip daerah, dan dokumentasi.

Fungsi

  1. Perumusan kebijakan Kantor
  2. Penyusunan rencana stratejik kantor
  3. Penyelenggaraan pelayanan umum di bidang perpustakaan, arsip daerah, dan dokumentasi.
  4. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan.program dan kegiatan kantor
  5. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan kantor

Uraian Tugas

  1. Merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan dan mengendalikan serta menetapkan kebijakan di bidang layanan pustaka, pengelolaan arsip daerah, serta dokumentasi.
  2. Pembina dan mengarahkan Kepala Bagian Tata Usaha dan para Kepala Seksi dalam melaksanakan tugasnya;
  3. Melakukan pembinaan terhadap kedisiplinan pegawai dalam lingkup Kantor;
  4. Melakukan upaya pembinaan dan peningkatan kualitas sumber daya pegawai dalam lingkup Kantor;
  5. Melakukan pembinaan dan pengendalian atas pengelolaan keuangan dan penerimaan Kantor;
  6. Melakukan pembinaan dan pengendalian atas pengelolaan perlengkapan dan peralatan Kantor;
  7. Menyelenggarakan koorkantori dengan instansi atau unit kerja terkait;
  8. Menilai prestasi kerja Kepala Bagian dan Kepala Seksi dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati;
  10. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Bupati melalui Sekda.

21.a. Kepala Bagian Tata Usaha

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Kantor dalam melaksanakan perencanaan, pengendalian data, pembinaan dan evaluasi program / kegiatan kantor.

Fungsi

  1. Pelaksanaan kebijakan teknis bagian
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan bagian
  3. Pembinaan, pengkoorkantorian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup bagian
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup bagian

Uraian Tugas

  1. Menyusun program dan rencana kerja Bagian Tata Usaha sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Melaksanakan surat menyurat untuk kepentingan dinas;
  3. Menerima, meneliti, mengagenda, dan mendistribusikan surat-surat masuk dan surat keluar;
  4. Melakukan pengarsipan surat-surat dinas dan dokumen lainnya;
  5. Mengelola urusan rumah tangga dan keprotokolan;
  6. Mengelola urusan administrasi keuangan;
  7. Mengelola urusan administrasi kepegawaian;
  8. Mengelola urusan administrasi perlengkapan dan peralatan;
  9. Mengkoordinasikan penyusunan laporan pelaksanaan program/ kegiatan;
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Kantor;
  11. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Kantor.

21.b. Kepala Seksi Perpustakaan

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Kantor dalam melaksanakan kegiatan penyelenggaraan perpustakaan

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoorkantorian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Menyusun petunjuk teknis pelaksanaan layanan pustaka;
  2. Menyusun program dan kegiatan seksi perpustakaan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  3. Menyusun koleksi bahan pustaka sesuai dengan nomor klasifikasi;
  4. Mengelompokkan majalah, surat kabar, bulletin pada tempatnya;
  5. Menyusun kartu cataloq;
  6. Melayani pengunjung atau pengguna jasa perpustakaan;
  7. Membantu pengunjung atau pengguna jasa perpustakaan untuk menemukan informasi yang dibutuhkan;
  8. Mengawasi pengunjung dan pemakai koleksi umum dan koleksi referensi;
  9. Melaksanakan penjilidan dan pembundelan;
  10. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Layanan pustaka;
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Kantor;
  12. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Kantor.

21.c.Kepala Seksi Kearsipan

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Kantor dalam melaksanakan kegiatan penyelenggaraan kearsipan

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoorkantorian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Menyusun petunjuk teknis kebijakan pengelolaan kearsipan dinamis dan statis, pengembangan sumberdaya aparatur kearsipan dan penggunaan sarana dan prasarana kearsipan;
  2. Menyusun program dan kegiatan seksi kearsipan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  3. Melaksanakan pembinaan kearsipan terhadap perangkat daerah kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan serta badan usaha milik daerah;
  4. Melaksanakan pemeliharaan, penyelamatan, pelestarian dan pengamanan arsip daerah;
  5. Melaksanakan pengawasan dan supervisi terhadap penyelenggaraan kearsipan daerah;
  6. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan hasil pelaksanaan kegiatan Seksi;
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Kantor;
  8. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Kantor.

21.d. Kepala Seksi Dokumentasi

Tugas dan Kewajiban membantu Kepala Kantor dalam melaksanakan kegiatan penyelenggaraan dokumentasi

Fungsi

  1. Penyusunan program dan kegiatan seksi
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan seksi
  3. Pembinaan, pengkoorkantorian , pengendalian, pengawasan program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi
  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non stuktural dalam lingkup seksi

Uraian Tugas

  1. Menyusun petunjuk teknis penyelenggaraan dokumentasi;
  2. Menyusun program dan kegiatan seksi dokumentasi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  3. Melakukan pengembangan dan peningkatan bahan pustaka;
  4. Menyeleksi bahan pustaka;
  5. Melaksanakan pengadaan koleksi bahan pustaka berupa buku, majalah, surat kabar dan bahan bacaan lainnya;
  6. Menerima bahan pustaka dan melakukan inventarisasi ke dalam buku induk;
  7. Melakukan katalog dan mengklasifikasi bahan pustaka;
  8. Melaksanakan penyusunan bilbiografi dalam bentuk data;
  9. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan hasil pelaksanaan kegiatan Seksi;
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Kantor;
  11. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Kantor.

Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas di bidang perpustakaan, arsip daerah dan dokumentasi sesuai keahlian.

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon
Weblink SKPD
  • Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
  • Dinas PMD
  • Dinas Lingkungan Hidup
  • Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan
  • Dinas PPKB
  • Dinas Dukcapil
  • Dinas Pertanian
  • Dinas Perkintan
  • Dinas Kesehatan
  • Dinas Pendidikan
  • Dinas PerkopUKM
  • Dinas SosPP & PA
  • Dinas PU & PR
  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Dinas Perhubungan
  • Badan Perlitbangda
  • BKPSDM
  • BPBD
  • Badan Pengelolaan Keuangan Daerah
  • Inspektorat
  • RSUD Ilagaligo
  • Kesbangpol
  • SatpolPP & Damkar
  • Kecamatan Burau
  • Kecamatan Wotu
  • Kecamatan Mangkutana
  • Kecamatan Kalaena
  • Kecamatan Tomoni
  • Kecamatan Tomoni Timur
  • Kecamatan Angkona
  • Kecamatan Kalaena
  • Kecamatan Malili
  • Kecamatan Wasuponda
  • Kecamatan Towuti
  • Kecamatan Nuha
  • Monev Ekbang 2015

    Format Monitoring Evaluasi
    Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang)
    Setdakab. Luwu Timur

    [File unduh disini]

    Info LPSE Lutim

    .:: LPSE Lutim new1

    Info ULP Lutim

    .:: Info ULP Lutim 2014 new1

    • Pengumuman Lelang Manual Tahap 1 2014
    • Pengumuman Lelang Manual Tahap 2 2014
    • Pengumuman Lelang Manual Tahap 3 2014
    • Daftar Paket Siap Lelang terbaru
    • Daftar Nama-nama Paket ULP Pokja Barang

    ..:: Data selengkapnya Unduh Disini

    Informasi Ketenagakerjaan

    .:: Renstra Naker
        2016 - 2021
    new1

     

    Sepagai upaya peningkatan pelayanan ketenagakerjaan pada Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial khususnya pelayanan Wajib Lapor Ketenagakerjaan bagi perusahaan yang ada di lingkup Pemeritah Kabupaten Luwu Timur, maka Disnakertransos menyediakan Formulir Wajib Lapor Ketenagakerjaan untuk dapat diunduh oleh para pengusaha yang akan melakukan pengurusan Wajib Lapor Ketenagakerjaan.

      Link Download

      Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
       Rencana Pembangunan
       Jangka
      Menengah Daerah
       Kab. Luwu Timur

      data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
       Informasi APBD, Produk
       Hukum, Produk Perencanaan
       Kabupaten Luwu Timur
      Koper-OK  BANSOS DAN DANA HIBAH 
       Informasi Bantuan Sosial
       dan Dana Hibah 2017
       Kabupaten Luwu Timur
      Koper-OK  BANSOS DAN DANA HIBAH 
       Realisasi Bantuan Sosial
       dan Dana Hibah 2017
       Kabupaten Luwu Timur

      BAKOHUMASJ-fix

      LPSEJ-fix

      BPSJ-fix

      Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

      Seluruh Informasi Pembangunan
      Daerah Kabupaten Luwu Timur
      seluruhnya lengkap disajikan
      pada link di bawah ini

      Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

      Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

      Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
      dalam Pembangunan, bertema

      Fintech untuk Pembangunan
      yang Inklusif dan Berkelanjutan

      Gunakan tagar #fintech
      (Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

      Unduh File Disini

      fintech

      Ikuti Kami

       fb-icon twitter-icon icon YouTube

       SMS CENTER 0853 9403 6666