Tekan Penyebaran HIV/AIDS, KPA Dorong Warga Jadi WPA

16-09-2015-216-09-2015-1Kian mengkhawatirkannya virus mematikan HIV/AIDS di Kabupaten Luwu Timur membuat Pemerintah dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Luwu Timur gencar melakukan upaya pencegahan, salah satunya dengan menggelar Orientasi Warga Peduli HIV dan AIDS (WPA) dengan tujuan meningkatkan partisipasi dan kapasitas masyarakat dalam meminimalisir serta menghindari terjangkit penyakit mematikan itu.

Kegiatan Orientasi WPA yang berlangsung di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Luwu Timur (16/09/2015) melibatkan 63 orang peserta yang terdiri dari perwakilan keagamaan sebanyak 12 orang, perwakilan Orgaisasi sebanyak 17 orang, Tokoh Masyarakat 22 orang dan perwakilan dari kecamatan sebanyak 11 orang dengan mengundang KPA Provinsi Sulawesi Selatan KPA Kabupaten Luwu Timur dan Pokja VCT RS. INCO PT. Vale Indonesia sebagai fasilitator dan narasumber dengan materi yang disampaikan yakni strategi menghadapi masyarakat dalam mensosialisasikan gerakan penanggulangan HIV AIDS.

Dalam laporannya Sekretaris KPA Luwu Timur Andi Tulleng, mengatakan di Kabupaten Luwu Timur per Februari 2015, data dari KPA Luwu Timur, Dinas Kesehatan dan RS. INCO PT. Vale Indonesia telah tercatat 99 kasus HIV/AIDS yang terdiri dari 53 laki-laki dan 46 perempuan. Angka ini belum menggambarkan kasus yang sebenarnya yang terjadi di masyarakat. Olehnya itu, kegiatan ini nantinya diharapkan masyarakat akan lebih berperan aktif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan masalah HIV dan AIDS di Kabupaten Luwu Timur mengingat epidemi HIV dan AIDS merupakan  fenomena gunung es, dimana yang terlihat hanya permukaannya saja akan tetapi jumlah sesungguhnya jauh lebih besar dan tidak pernah terungkap secara jelas.

Read more: Tekan Penyebaran HIV/AIDS, KPA Dorong Warga Jadi WPA

 

Calon Haji Luwu Masuk Asrama Haji Makassar

JCH-Lutim-15-09-2015-2JCH-Lutim-15-09-2015-1Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Luwu Timur memasuki asrama Haji Sudiang Makassar pagi ini pukul 08.00 Wita, Selasa (15/09/2015). Rombongan Calon Haji Luwu Timur diserahkan Penjabat Bupati, Irman Yasin Limpo kepada Panitia Embarkasih Makassar, H. Iskandar Pellang, Kabid Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel.

Tiba di Asrama Haji, para calon haji Luwu Timur yang berjumlah 121 ini akan bergabung dengan kelompok terbang (kloter) 25 gelombang ke 2 bersama Kabupaten Gowa, Pangkep, dan  Tana Toraja.

"Setelah tiba di asrama, akan di cek kesehatan, diberi penyuluhan dan pembinaan. Setelah itu, besok paginya, para jamaah calon haji akan dilepas Panitia Embarkasih Makassar menuju Bandara Hasanuddin untuk diterbangkan menuju Jeddah pada pukul 04.45 Wita," kata Iskandar.

Ia juga mengingatkan agar jamaah menjaga kesehatan dan kondisi tubuh mengingat cuaca ekstrim di mekkah. "Senantiasa gunakan masker," katanya.

Mewakili empat Kabupaten, Penjabat Bupati Luwu Timur, Irman Yasin Limpo mengatakan pelaksanaan ibadah haji, selain siap rohani juga yang penting disiapkan adalah fisik.

Read more: Calon Haji Luwu Masuk Asrama Haji Makassar

   

Retribusi Menara Telekomunikasi Dikaji ulang

Paripurna-11-09-2015Pemerintah Kabupaten Luwu Timur akan mengkaji ulang Peraturan Daerah  Nomor 33 Tahun 2011 tentang Retribusi pengendalian menara telekomunikasi. Hal ini mengacu pada  putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 46/PUU-XII/2014 terhadap permohonan uji materi penjelasan pasal 124 Undang Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang mengamanatkan bahwa setiap Pemerintah Daerah wajib menindak lanjuti hasil keputusan tersebut terkait tarif retribusi pengendalian menara telekomunikasi.

Demikian disampaikan Penjabat Bupati Luwu Timur, Irman Yasin Limpo pada sidang Paripurna DPRD dengan agenda penyerahan empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), Jumat (‎11/09/2015).

Menurutnya putusan Mahkamah Konstitusi harus ditindak lanjuti dengan merevisi Perda Nomor 33 Tahun 2011, dimana rancangan peraturan daerah ini pada pokoknya mengatur tentang tarif retribusi yang didasarkan pada biaya jasa pengawasan yang digunakan pemerintah dalam rangka pengawasan dan pengendalian menara,  dan tidak lagi mengacu pada ketentuan paling tinggi dua persen dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) menara.

Read more: Retribusi Menara Telekomunikasi Dikaji ulang

   

Page 690 of 1034

HUT Ke 16 Kab. Luwu Timur

HUT 16 Lutim web ok

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
inspektorat

 PENILAIAN MATURITAS SPIP
 PEMKAB. LUWU TIMUR
 TAHUN 2018

data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA l PROFIL LUWU TIMUR
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh Dinas
 Komunikasi dan Informatika
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

SISTEM PERLINDUNGAN ANAK

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 3 Tahun 2014

Tentang
Sistem Perlindungan Anak

[File unduh disini]

Pengarustamaan Gender

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 2 Tahun 2018

Tentang
Pengarustamaan Gender
Dalam Pembangunan

[File unduh disini]

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666