Pemkab Luwu Timur Mediasi Perdamaian Dua Desa di Burau

perjanjian-damaiWarga dua desa di kecamatan Burau yang nyaris bentrok pekan lalu, akhirnya didamaikan. Kedua desa tersebut yakni Desa Kalatiri dan Desa Mabonta. Perdamaian kedua desa ini difasilitasi langsung Pemerintah Kabupaten Luwu Timur bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah  yang berlangsung di Aula Kantor Camat Burau, Rabu (12/11) kemarin.

Proses perdamaian dilakukan dengan menandatangani perjanjian damai antar kedua belah pihak perwakilan dua desa yang bertikai disaksikan Wakil Bupati, HM Thorig Husler, Anggota DPRD, KH Aziz Rajmal dan Juddin Sira, Wakapolres, Kompol Gany Alamsyah Hatta, Perwira Penghubung, Samuel Ledan, Asisten Pemerintahan, Syahdidin Halun, Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, Safei Basir, Kasatpol PP, Inra Fauzi dan Camat Burau, Satri.

Beberapa poin penting dari perjanjian damai tersebut, antara lain kedua belah pihak telah sepakat bahwa permasalahan yang terjadi telah selesai secara kekeluargaan dan bersedia saling memaafkan dan berjanji tidak akan mengungkit permasalahan dan tidak akan mengulangi insiden yang serupa.

Read more: Pemkab Luwu Timur Mediasi Perdamaian Dua Desa di Burau

 

Kemah Budaya Pramuka Lestarikan Permainan Tradisional

kemah-pramuka-budayaUntuk melestarikan permainan tradisional yang sudah ada sejak zaman nenek moyang, gerakan pramuka kwartir cabang Luwu Timur menggelar kemah seni dan budaya yang berlangsung di Lapangan Trans Puncak Indah Malili, Selasa (11/11) lalu.

Kemah seni budaya ini di ikuti 25 Gugus Depan (Gudep) khusus sekolah menengah pertama (SMP) se-Luwu Timur. Beberapa kegiatan yang dilombakan diantaranya lomba engran, bakiak, cukke, hampal, moriringgo, vokal grup, cerita rakyat (dongeng), pawai baju tradisional dsb.

Ketua Panitia Pelaksana, Bakara mengatakan permainan tradisonal ini perlu dilestarikan, agar tidak hilang tergerus zaman. "Kemah seni dan budaya ini dilakukan, tujuannya agar permainan tradisional tetap dapat dinikmati anak-anak masa kini," jelasnya.

Senada dengan Panitia, Wakil Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler mengatakan melalui kegiatan kepramukaan ini diharapkan dapat mendorong pelestarian dan pengembangan budaya daerah.

Read more: Kemah Budaya Pramuka Lestarikan Permainan Tradisional

   

Wabup Lutim Lepas Celebes Mupen On The Road Menuju Palu

mupen-2014mupen-2Rombongan pesona Celebes Trans Mupen on The Road atau Pesona Best Mother hari ini, Selasa (11/11) meninggalkan Kabupaten Luwu Timur menuju Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.  Sebanyak 35 lebih mobil unit penerangan (Mupen) dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara termasuk motor penyuluh KB resmi dilepas Wakil Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler dilapangan Merdeka Puncak Indah Malili.

Hadir diantaranya Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Advokasi KIE BKKBN, Drs Ely Koesnadi, MM, Anggota DPRD Luwu Timur, Tugiat, Sekda, Bahri Suli, Asisten Pemerintahan, Syahidin Halun, Asisten Administrasi Umum, H Baharuddin dan beberapa Kepala SKPD Lingkup Pemkab Luwu Timur.

Kasubdit Advokasi KIE BKKBN, Drs Ely Koesnadi, MM mengatakan pesona best mother kali ini bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 50 atau tahun emas kesehatan nasional. Lanjut Ely Koesnadi, integrasi kegiatan Best Mother ini dengan HKN ke-50 melalui program Keluarga Berencana dengan mengatur kehamilan, menyehatkan ibu dan bayi serta mencegah keduanya dari kematian saat kehamilan dan persalinan.

Ia juga mengatakan, pesona best mother ini merupakan kegiatan strategis untuk menggerakkan segenap potensi dan sumber daya  Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kabupaten/Kota. "Sumber daya yang dimaksud diantaranya, PKB/PLKB, dan Kader KB sebagai penggerak program dilapangan," jelasnya.

Read more: Wabup Lutim Lepas Celebes Mupen On The Road Menuju Palu

   

Page 688 of 950

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
inspektorat

 PENILAIAN MATURITAS SPIP
 PEMKAB. LUWU TIMUR
 TAHUN 2018

data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA l PROFIL LUWU TIMUR
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh Dinas
 Komunikasi dan Informatika
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

SISTEM PERLINDUNGAN ANAK

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 3 Tahun 2014

Tentang
Sistem Perlindungan Anak

[File unduh disini]

Pengarustamaan Gender

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 2 Tahun 2018

Tentang
Pengarustamaan Gender
Dalam Pembangunan

[File unduh disini]

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666