Lokakarya Destana Dorong Masyarakat Tangguh Hadapi Bencana

Lokakarya Desa Tanggap Bencanapenandatangan-MoUKewaspadaan terhadap resiko bencana di Kabupaten Luwu Timur terus ditumbuhkan dengan melibatkan masyarakat sebagai subjek dalam mewaspadai bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Hal ini dibuktikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Kabupaten Luwu Timur dengan menggelar Lokakarya Desa Tangguh Bencana (DESTANA), Senin (28/9/2015).

Kegiatan lokakarya yang digelar di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Luwu Timur tersebut untuk mendorong masyarakat agar lebih tangguh dalam menghadapi bencana. Selain itu, kegiatan tersebut juga  untuk melatih masyarakat agar dapat lebih terarah, terpadu dan terkoordinasi dalam situasi terjadi bencana.

Sejumlah elemen dari pemerintah dan  masyarakat yang dinilai memiliki peran strategis dalam penanggulangan bencana seperti BPBD Provinsi Sulawesi Selatan dan BPBD Kabupaten Luwu Timur, Pemerintah dan Fasilitator Desa, LSM serta Dunia Usaha dilibatkan dalam lokakarya tersebut, untuk membangun sinergitas dan kewaspadaan bersama semua elemen.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh BPBD Kabupaten Luwu Timur, ada dua desa yang dinilai memiliki kerawanan  yang bencana yang cukup besar yakni, Desa Pongkeru, Kecamatan Malili yang setiap tahun menjadi langganan banjir dan Desa  Kasintuwu, Kecamatan Mangkutana yang berada di daerah rawan longsor menjadi desa yang difokuskan untuk kegiatan pengembangan Program Desa Tangguh Bencana. Diwakili masing-masing fasilitator desa, kedua desa tersebut juga menandatangani kesepakatan bersama yang disaksikan oleh Asisten Pemerintahan H. Syahidin Halun, Drs. Syahrir MM, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Provinsi BPDB Provinsi Sulsel dan Kepala BPBD Kabupaten Luwu Timur Drs. Safe’i  Basir.

Read more: Lokakarya Destana Dorong Masyarakat Tangguh Hadapi Bencana

 

Tekan Golput, Penyelenggara Maksimalkan Partipasi Pemilih Pemula

Pemilih-Pemula-26-09-2015Sebagai upaya meningkatkan angka partisipasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Luwu Timur melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menggelar Sosialisasi Bagi Pemilih Pemula di kalangan pelajar. Seperti terlihat, sejumlah pelajar yang merupakan perwakilan dari 4 sekolah SMA /sederajat se Kota Malili mengikuti kegiatan tersebut di Kawasan Taman Sayang Puncak Indah Malili, Sabtu (26/09/2015).

Kegiatan sosialisasi Pemilihan Umum yang dilaksanakan PPK Kecamatan Malili sebagai usaha untuk memberikan pendidikan politik serta mengajak kepada pemilih pemula agar menggunakan hak pilihnya pada tanggal 09 Desember mendatang.

“Jumlah pemilih pemula dalam pilkada Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur Tahun 2015 cukup signifikan yakni berkisar 15%, olehnya itu kami bersama KPUD berusaha untuk menekan angka golput,” terang Ketua PPK Kecamatan Malili Haryanto Hasan saat ditemui disela sela kegiatan.

Menurut Haryanto, pemilih pemula merupakan pemilih yang memiliki pengetahuan yang masih minim tentang pemilu dan merupakan pemilih mengambang (swings voters), untuk itu dibutuhkan penggerak untuk menarik simpati para pemilih pemula agar menggunakan hak suaranya pada saat pemilihan.

Read more: Tekan Golput, Penyelenggara Maksimalkan Partipasi Pemilih Pemula

   

55 Panwascan Dibekali Bimtek Kesekretariatan

panwaslu-55Menghadapi perhelatan Pemilihan Kepala Daerah Luwu Timur yang tinggal menghitung hari lagi, sebanyak 55 Panitia Pengawas  Kecamatan (Panwascam) yang terdiri dari Kepala Sekretariat, Bendahara, Ketua dan Anggota Panwascam Se-Kabupaten Luwu Timur kembali digembleng. Ke 55 Panwascam dibekali Bimbingan Teknis (Bimtek) Kesekretariatan terkait suksesi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Luwu Timur.

Ketua Panitia Pengawas Pemillihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Luwu Timur Rahman Atja mengatakan Bimtek yang diperuntukan bagi misioner dan sekretariat panwascam ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja sekretariat dan manajemen pengelolaan keuangan yang ada ditingkat kecamatan selain itu juga untuk meningkatkan pengetahuan dalam pengelolaan dana hibah dan mekanisme pertanggungjawaban anggaran.

“Kegiatan ini sangat penting dalam hal menunjang tugas tugas panwascam khususnya dalam hal administrasi dan keuangan,” Ungkap Rahman Atja.

Ia juga membeberkan bahwa pilkada kali ini pemerintah daerah mengucurkan dana hibah sebesar  Rp. 6,1 Miliar, dari dana tersebut 85 % digelontorkan kepada panwascam, pengelolaan anggaran dana hibah diharapkan dikelola dengan cermat sesuai dengan aturan yang berlaku agar nantinya dikemudian hari  tidak menjadi masalah.

Ungkapan yang sama dikemukakan Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Sudirman Rahim bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini adalah bagian dari tanggung jawab sebagai penyelenggara pemilu yang maksudnya agar dapat memahami, mengetahui serta mengerti terhadap mekanisme, aturan dan pertanggungjawaban dalam mengelola keuangan.

Read more: 55 Panwascan Dibekali Bimtek Kesekretariatan

   

Page 688 of 1034

HUT Ke 16 Kab. Luwu Timur

HUT 16 Lutim web ok

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
inspektorat

 PENILAIAN MATURITAS SPIP
 PEMKAB. LUWU TIMUR
 TAHUN 2018

data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA l PROFIL LUWU TIMUR
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh Dinas
 Komunikasi dan Informatika
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

SISTEM PERLINDUNGAN ANAK

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 3 Tahun 2014

Tentang
Sistem Perlindungan Anak

[File unduh disini]

Pengarustamaan Gender

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 2 Tahun 2018

Tentang
Pengarustamaan Gender
Dalam Pembangunan

[File unduh disini]

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666