Beragam Atraksi Meriahkan Hari Jadi Tana Luwu ke 748 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke 70 Di Luwu Timur

23-Januari23-Januari-Atraksi tiga pesawat sukhoi dan 16 penerjun payung mengundang decak kagum ribuan warga yang menyaksikan langsung puncak acara Peringatan Hari Jadi Luwu ke 748 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke 70 dengan tema "Peningkatan Akslerasi Menuju Peradaban Yang Lebih Maju"  yang dipusatkan di City Center atau Bundaran Kota Malili. Tidak hanya itu, aksi para Yonif 700/Rider yang melakukan simulasi pembebasan sandra teroris menambah semarak perayaan bernuansa sejarah di Tana Luwu ini.

Tidak hanya atraksi militer, sejumlah atraksi budaya juga dihadirkan diantaranya tarian kolosal dari berbagai anak suku seperti tarian Rongkong, Toraja, Pamona, Padoe, dan Matano oleh para pelajar SMA sederajat yang ikut ambil bagian dalam perayaan ini. Selain itu juga ada pagelaran Kirab Budaya oleh Kerajaan Luwu dan Gowa.

Acara ini dihadiri Wakil Gubernur Provinsi Sulsel, Agus Arifin Nu'mang, Muspida Sulsel, Bupati Luwu, Andi Mudzakkar, Walikota Palopo, HM HM Judas Amir, Ketua DPRD, Amran Syam,  Sri Paduka Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau Opu To Bau, Ketua Tellum Poccoe, Ichsan Yasin Limpo, Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur Terpilih, HM Thorig Husler dan Irwan Bahri Syam, dan mantan Bupati Luwu Timur 2 periode, H Andi Hatta Marakarma.

"Peringatan ini kita jadikan momentum penting mengenang masa lalu dan memperbaharui semangat untuk melakukan introspeksi terhadap kerja, karya, dan semangat kita dalam membangun Tana Luwu dimasa depan" kata Penjabat Bupati, Irman Yasin Limpo, Sabtu (23/01/2016).

Read more: Beragam Atraksi Meriahkan Hari Jadi Tana Luwu ke 748 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke 70 Di Luwu Timur

 

Ratusan Pencinta Motor Trail Ikuti Jambore Trail Adventure Lutim 2016

Motor-TrailRatusan pencinta motor trail terlibat dalam event Jambore Trail Adventure. Event ini digelar dalam rangka memperingati Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke-70 dan Hari jadi Luwu yang ke-748 yang jatuh tepat pada tanggal 23 Januari 2016. Selain dari Tana Luwu, event ini juga diikuti daerah lainnya, di Sulbar, Sultra dan Sulteng.

Kegiatan Jambore Adventure kali ini sebagai bagian dari refleksi peringatan perlawanan rakyat Luwu ke- 70 dan Hari Jadi Luwu ke-748, yang di lepas secara resmi Pj.Bupati Luwu Timur, Irman Yasin Limpo, peserta event tersebut di Lapangan Merdeka Malili, Sabtu (23/01/2016), yang didampingi oleh Muspida Kabupaten Luwu Timur.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka peringatan Perlawanan Rakyat Luwu ke- 70 dan Hari Jadi Luwu ke-748. Dan yang paling penting adalah bagaimana memperkuat tali silaturahim antarsesama penggemar motor trail di Indonesia. Motivasi lainnya adalah kami ingin memperkenalkan objek wisata alam yang ada di Luwu Timur,” pungkas Irman

Menariknya, event yang memacu adrenalin ini,juga diikuti beberapa pejabat dan anggota DPRD Tana Luwu dan Pejabat dari daerah Lainnya. Rute yang akan dilalui peserta motor trail Adventure ini mengambil start dari lapangan Merdeka selanjutnya mengitari jalan lingkar Malili tempat berlangsungnya upacara perlawanan rakyat Luwu ke- 70. Setelah itu, para raiders menuju land Mark Luwu Timur terus ke Landangi, Parumpanai, Dandawasu, Mantadulu dan finish di Wotu, dengan medan yang cukup menantang, Jambore Adventure ini juga diikuti Bupati Luwu Timur terpilih 2016-2021, Muhammad Thoriq Husler yang diapit ratusan peserta dari berbagai kabupaten/ kota.

Read more: Ratusan Pencinta Motor Trail Ikuti Jambore Trail Adventure Lutim 2016

   

Perlawanan Rakyat Luwu Ke 70 dan Peringatan Hari Jadi Luwu Ke 748

"Peningkatan Akselerasi Menuju Peradaban Yang Lebih Maju”

23 Januari 2016, Masyarakat Luwu Timur memeringati Hari Perlawanan Rakyat Luwu yang ke-70 bersamaan dengan Peringatan Hari Jadi Luwu ke 748. Momentum untuk memperbarui semangat pembangunan Tana Luwu yang lebih maju, sejahtera, mandiri dan berdaya saing.
------------------------------------

Masyarakat Indonesia yang tinggal di luar Sulawesi, mungkin tak banyak yang mengenal Andi Djemma, Pahlawan Nasional dari Luwu, Sulawesi Selatan. Andi Djemma lahir di Palopo, Sulawesi Selatan, 15 Januari 1901 dan wafat di Makassar, Sulawesi Selatan, 23 Februari 1965. Andi Djemma adalah Raja (Datu) Luwu, yang berjuang di wilayahnya untuk mempertahankan NKRI.

Kedatuan Luwu adalah kerajaan pertama di Sulawesi Selatan yang menyatakan bergabung ke dalam NKRI begitu kemerdekaan dikumandangkan Bung Karno dan Bung Hatta. Andi Djemma kemudian memimpin “Gerakan Soekarno Muda” dan memimpin Perlawanan Semesta Rakyat Luwu, pada 23 Januari 1946.

Andi Djemma memimpin Rakyat Luwu untuk mengangkat senjata melawan tentara Sekutu dan NICA (Netherlands Indies Civil Administration ). Perlawanan itu dibalas  Gubernur Jenderal Belanda, Van Mook, dengan menjatuhkan bom ke Kota Palopo. Toh,  Andi Djemma bersama rakyatnya tidak gentar dengan serangan bom itu. Andi Djemma menegaskan bahwa Bumi Sawerigading, julukan Tana Luwu, tidak rela dijajah kembali Belanda, sehingga Perang pun pecah di hampir semua wilayah Luwu. Tanggal 23 Januari, ketika Andi Djemma menyerukan perlawanan terhadap Sekutu sekarang diperingati sebagai Hari Perlawanan Rakyat Semesta oleh masyarakat Luwu.

Tahun ini, Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke-70 yang diperingati bersamaan dengan Peringatan Hari Jadi Luwu ke 748, berlangsung di Kabupaten Luwu Timur dengan mengangkat tema "Peningkatan Akselerasi Menuju Peradaban Yang Lebih Maju". Peringatan ini tentu tidak diharapkan hanya bermakna seremoni tetapi menjadi sebuah momentum baru untuk memperbaharui semangat pembangunan Tana Luwu yang lebih maju, sejahtera, mandiri dan berdaya saing.

Read more: Perlawanan Rakyat Luwu Ke 70 dan Peringatan Hari Jadi Luwu Ke 748

   

Page 685 of 1062

HUT Ke 16 Kab. Luwu Timur

HUT 16 Lutim web ok

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
inspektorat

 PENILAIAN MATURITAS SPIP
 PEMKAB. LUWU TIMUR
 TAHUN 2018

data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
data APBN  Indikator Kinerja Utama |
 Laporan Kinerja Pemerintah |
 Kode Etik PNS |
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA l PROFIL LUWU TIMUR
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh Dinas
 Komunikasi dan Informatika
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

SISTEM PERLINDUNGAN ANAK

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 3 Tahun 2014

Tentang
Sistem Perlindungan Anak

[File unduh disini]

Pengarustamaan Gender

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 2 Tahun 2018

Tentang
Pengarustamaan Gender
Dalam Pembangunan

[File unduh disini]

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666