Gubernur Saksikan Sertijab Bupati Luwu Timur

sertijab-2sertijab-1Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo menjamin semua penjabat yang ditunjuk olehnya akan Netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang akan berlangsung pada desember mendatang. Menurutnya, setiap penjabat Bupati harus mampu mengawal dan memfasilitasi pilkada serentak dan hal ini harus dimulai dengan sikap netral. Pernyataan tersebut disampaikan Syahrul usai menyaksikan serah terima jabatan Bupati Luwu Timur antara H Andi Hatta Marakarma dengan Penjabat Bupati, Irman Yasin Limpo di gedung Wanita Simpurusiang, Selasa (06/10/2015).

Selain menjamin netralitas penjabat, Gubernur juga mengingatkan kepada  Penjabat Bupati, Irman Yasin Limpo agar selalu menjaga koordinasi dengan seluruh stakeholder utamanya dalam mengawal agenda pelaksanaan pilkada serentak. Syahurl juga mengharapkan, meski hanya beberapa waktu menjabat, sebagai pemimpin harus ada terobosan-terobosan yang dilakukan terutama dalam meningkatkan pelayanan pemerintahan dan pembangunan.

Gubernur juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada mantan Bupati dan Wakil Bupati, H Andi Hatta Marakarma dan HM Thorig Husler atas dedikasi dan pengabdian yang dilakukan. Menurut Syahrul, capaian pembangunan yang ditorehkan oleh pemerintah daerah Luwu Timur selama ini, tak lepas dari peran Andi Hatta Marakarma sebagai nakhoda pembangunan. “Duet Hatta-Husler dalam periode kepemerintahan di daerah ini kalau saya ibaratkan seperti Soekarno- Hatta nya Luwu Timur,” Katanya.

Read more: Gubernur Saksikan Sertijab Bupati Luwu Timur

 

Gubernur Canangkan Perpanjangan Runway Bandara Sorowako

pencanangan-runway-bandara2pencanangan-runway-bandara1Guna memaksimalkan potensi Bandara Sorowako agar bisa melayani penerbangan komersil, Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo mencanangkan perpanjangan landasan (runway) bandara Sorowako. Pencanangan (ground breaking) perpanjangan landasan bandara Sorowako ini berlangsung, Selasa (06/10/2015) yang disaksikan sejumlah pejabat diantaranya Penjabat Bupati Luwu Timur, Irman Yasin Limpo, Ketua DPRD Amran Syam, Kajari Malili, Ida Komang Ardhana, Mantan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur, Andi Hatta Marakarma dan Muhammad Thorig Husler serta Presiden Direktur PT. Vale Indonesia, TBK Nico Kanter.

Perpanjangan landasan Bandara Sorowako ditandai dengan dumping material sepuluh (10) buah dump truck yang menumpahkan material di lokasi perpanjangan bandara. Penjabat Bupati Luwu Timur, Irman Yasin Limpo memang sudah bertekad untuk membangun investasi di Luwu Timur. Menurutnya, untuk mempercepat pengembangan potensi Luwu Timur, harus ada alternatif jalur udara. Bayangkan saja, jarak tempuh antara Kota Malili dan Kota Makassar dengan menggunakan jalur darat, bisa mencapai 12 hingga 15 jam. Padahal, untuk menarik investor menanamkan modalnya disuatu daerah, salah satu pertimbangannya adalah akses yang mudah dan cepat.

Irman mengatakan, Bandara Sorowako yang saat ini dikelola PT Vale Indonesia sangat layak dikomersilkan. Hanya saja untuk mendaratkan pesawat komersil, harus ada penambahan panjang landasan pacu.  “Untuk mendaratkan pesawat komersil, kita perlu menambah panjang lintasan kurang lebih 175 meter,” katanya.

Read more: Gubernur Canangkan Perpanjangan Runway Bandara Sorowako

   

Komersilkan Bandara Sorowako Untuk Mendorong Investasi

Luwu Timur memiliki potensi pengembangan dan pertumbuhan yang sangat prospektif di masa datang karena karakteristik khusus yang dimilikinya yaitu sebagai wilayah dengan kekayaan sumberdaya alam yang melimpah. Di balik hutan lebat dan sunyinya pegunungan yang menjulang, Luwu Timur menyimpan kekayaan dan keindahan alam yang memukau. Sungai-sungai besar untuk mendorong investasi kelistrikan, potensi pertambangan hingga potensi pertanian dalam arti luas. Makanya, secara alamiah, Kabupaten Luwu Timur memiliki keunggulan komparatif dibandingkan dengan wilayah-wilayah lain di Sulawesi Selatan.

Meski dengan berbagai keunggulan potensi yang dimiliki Luwu Timur, baru sebagian kecil yang dilirik oleh para investor.  Salah satu kendalanya, karena jarak tempuh yang cukup jauh.  Bayangkan saja, jarak tempuh antara Kota Malili dan Kota Makassar dengan menggunakan jalur darat, bisa mencapai 12 hingga 15 jam. Padahal, untuk menarik investor menanamkan modalnya disuatu daerah, salah satu pertimbangannya adalah akses yang mudah dan cepat.

Sejak dilantik menjadi Penjabat Bupati Luwu Timur, Irman Yasin Limpo sudah bertekad untuk membangun investasi di Luwu Timur. Menurut Irman, untuk mempercepat pengembangan potensi Luwu Timur, harus ada alternatif jalur udara. Dia menilai, Bandara Sorowako yang saat ini dikelola PT Vale Indonesia layak dikomersilkan. Apalagi pihak Kementerian Perhubungan RI telah mengeluarkan surat keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 1204 Tahun 2013 yang ditandantangani Menteri EE Mangandaan pasca melakukan site visit di Bandara Sorowako beberapa waktu lalu. Disamping itu, PT Vale Indonesia juga sangat merespon rencana ini. Hanya saja untuk mendaratkan pesawat komersil, harus ada penambahan panjang landasan pacu. “Untuk mendaratkan pesawat komersil, kita perlu menambah panjang lintasan kurang lebih 150 meter,” katanya.

Read more: Komersilkan Bandara Sorowako Untuk Mendorong Investasi

   

Page 684 of 1034

HUT Ke 16 Kab. Luwu Timur

HUT 16 Lutim web ok

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
inspektorat

 PENILAIAN MATURITAS SPIP
 PEMKAB. LUWU TIMUR
 TAHUN 2018

data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA l PROFIL LUWU TIMUR
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh Dinas
 Komunikasi dan Informatika
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

SISTEM PERLINDUNGAN ANAK

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 3 Tahun 2014

Tentang
Sistem Perlindungan Anak

[File unduh disini]

Pengarustamaan Gender

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 2 Tahun 2018

Tentang
Pengarustamaan Gender
Dalam Pembangunan

[File unduh disini]

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666