Pemkab Luwu Timur Peringati Nuzulul Qur'an

nuzulul-quranPemerintah Kabupaten Luwu Timur menggelar peringatan malam Nuzulul Qur'an yang berlangsung di Masjid Raya Al-Ikhwan Sorowako Kecamatan Nuha, Sabtu (04/06/2015). Malam Nuzulul Qur'an ini diisi ceramah akbar oleh Prof. Dr. HM. Said Mahmud, Lc. Ma, Guru besar ilmu filsafat islam dan bahasa arab IAIN Palopo.

Peringatan ini juga dihadiri langsung Bupati Luwu Timur, H Andi Hatta Marakarma, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan seluruh pimpinan unit kerja.

Bupati Luwu Timur, H Andi Hatta Marakarma menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat atas dukungan dan kepercayaannya kepada pemerintah selama 12 tahun. Menurutnya banyak keberhasilan yang dicapai selama ini merupakan kerja keras seluruh komponen masyarakat.

"Pemerintah selalu menetapkan APBD yang berpihak pada masyarakat. Jika tahun ini APBD telah menyentuh angka Rp 1,2 Trilyun, 63 persen dialokasikan untuk belanja publik seperti pembangunan jalan, jembatan dan infrastruktur lainnya, sementara sisanya 37 persen untuk belanja pegawai," kata Hatta.

Read more: Pemkab Luwu Timur Peringati Nuzulul Qur'an

 

Angkatan VII, PPI Tamatkan 122 Peserta

penamatan-ppiSetelah melewati masa pelatihan selama 3 bulan, Pada tanggal 03 Juli 2015 Program Pelatihan Industri (PPI) angkatan VII Tahun 2015 mengikuti seremoni penamatan studi di Kampus PPI Enggano Camp, Kecamatan Towuti (03/07). Para alumnus PPI yang dinyatakan lulus berhak mengantongi sertifikat kompentensi sesuai program studi yang mereka jalani masing masing yaitu Operator Alat Berat (Mining) 35 peserta, Mekanik Alat Berat (MEM) 36 peserta, Operator Process Plant 31 peserta, dan operator SCM 21 peserta.

Peserta PPI berasal dari 11 kecamatan di Luwu Timur, adapun mekanisme pelaksanaan pelatihannya yakni peserta dilatih dengan pendekatan “Learning by doing” atau belajar dengan keterampilan melalui teori serta pola On The Job Training (OJT) menjadi satu tim kerja dengan karyawan permanen dengan bimbingan dan pengawasan yang ketat oleh para instruktur yang kompeten dibidangnya masing masing yang sebelumnya telah dibekali safety standar dari Tim EHS PT. Vale,  yang pelaksanaannya sebahagian besar dilokasi kerja PT. Vale.

 “Angkatan ke VII PPI dengan jumlah peserta sebanyak 122 peserta berhasil menyelesaikan program dengan prestasi tanpa kecelakaan kerja atau “Zero Accident”, semoga ini menjadi awal yang baik dan dapat dipertahankan hingga ke dunia kerja yang sebenarnya,” kata Direktur PPI Muh. Thamrin dalam laporannya.

Read more: Angkatan VII, PPI Tamatkan 122 Peserta

   

Penelitian Ilmiah Danau Towuti Berlangsung Sukses

TDP 1Kegiatan pengambilan sampel lumpur Danau Towuti yang dilakukan oleh Tim Penelitian Ilmiah Danau Towuti akan segera berakhir. Kegiatan penelitian yang dilangsungkan mulai pertengahan Mei hingga awal Juli ini merupakan sebuah kolaborasi para peneliti bidang lingkungan dari Indonesia, Amerika Serikat, Jerman, Swiss, dan Kanada, serta merupakan yang pertama kalinya dilakukan di Asia Tenggara. Dari tiga titik pengambilan sampel di tengah danau, tim berhasil memperoleh endapan lumpur lunak masing-masing dengan kedalaman sekitar 150 meter.

Lumpur di dalam Danau Towuti mulai terendapkan di atas batuan dasar danau sejak terbentuknya danau ratusan ribu tahun yang lalu. Analisis karakter fisika, kimia, dan biologi dari endapan lumpur Towuti yang akan dilakukan di berbagai universitas dalam dan luar negeri akan dapat memberikan data rekonstruksi perubahan iklim dan lingkungan di Sulawesi sejak kira-kira tujuh ratus ribu tahun yang lalu. Selain itu, tim peneliti berharap bisa menaksir secara lebih akurat usia Danau Towuti yang tergolong danau purba. “Pemahaman yang tepat akan sejarah panjang iklim dan lingkungan Sulawesi di masa lalu lewat kajian lumpur Danau Towuti dapat membantu kita untuk memprediksi perubahan iklim dan lingkungan di masa depan, tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga di tingkat dunia,” ujar Satrio Adi Wicaksono, kandidat doktor di Universitas Brown, Amerika Serikat, yang terlibat dalam penelitian ini. “Kami juga berharap dapat memperkenalkan Danau Towuti lebih jauh ke dunia internasional sebagai danau purba dengan ekosistem unik dan punya peranan penting bagi studi iklim global,” lanjut Satrio.

Dalam audiensi dengan Pemda Lutim di Malili pada hari Kamis (2/7/2015), Prof. Dr. Satria Bijaksana, ketua tim peneliti sekaligus guru besar bidang fisika kebumian di Institut Teknologi Bandung, mengungkapkan bahwa anggota tim akan pulang kembali ke negara asal pekan depan. Alat-alat pengambilan sampel yang saat ini masih berada di tengah danau juga akan segera ditarik ke darat untuk kemudian dikirimkan kembali ke Amerika Serikat. “Pengambilan sampel kami sempat terkendala masalah teknis dengan alat, sehingga jadwal kepulangan harus tertunda hingga dua minggu. Alhamdulillah sekarang kami sudah hampir selesai,” terang Satria.

Read more: Penelitian Ilmiah Danau Towuti Berlangsung Sukses

   

Page 682 of 1007

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
inspektorat

 PENILAIAN MATURITAS SPIP
 PEMKAB. LUWU TIMUR
 TAHUN 2018

data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA l PROFIL LUWU TIMUR
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh Dinas
 Komunikasi dan Informatika
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

SISTEM PERLINDUNGAN ANAK

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 3 Tahun 2014

Tentang
Sistem Perlindungan Anak

[File unduh disini]

Pengarustamaan Gender

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 2 Tahun 2018

Tentang
Pengarustamaan Gender
Dalam Pembangunan

[File unduh disini]

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666