Irman YL Terima Badik Pusaka Pompessi Luwu

Pompessi-1Penjabat Bupati Luwu Timur, Irman Yasin Limpo mendapatkan hadiah  badik pusaka dari Pemerhati Pusaka atau Pompessi Luwu di Rumah Jabatan Bupati Luwu Timur, (04/02/2016). Hadiah ini merupakan simbol kehormatan kepada Irman Yasin Limpo.

Kita sadar bahwa dalam melestarikan budaya, kita sering mendapat hambatan, namun saya patut memberikan apresiasi kepada Pompessi Luwu yang terus berupaya mengenalkan dan menjaga nilai-nilai budaya dan tradisi kearifan lokal,” Ujar Irman saat menerima kunjungan Pompessi Luwu di kediamannya.

Sementara itu, Ketua Pompessi  Luwu, Indra wijaya mengatakan bahwa Badik Luwu yang di berikan kepada Pj. Bupati Luwu Timur dibuat khusus dari besi khas Luwu, pamor,kurrisi bori bojo dan rakkapeng.

Read more: Irman YL Terima Badik Pusaka Pompessi Luwu

 

Irman YL Berencana Bangun Kampus Diklat di Luwu Timur

Penjabat Bupati Luwu Timur yang juga Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)  Provinsi Sulawesi Selatan Irman Yasin Limpo berencana membangun Kampus Baru di Kota Malili, Ibu Kabupaten Luwu Timur.

Rencana tersebut disampaikan Irman dihadapan Bupati Luwu H.A. Mudzakkar saat menghadiri Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV di Ruang Pola Simpurusiang Kantor Bupati Luwu, Rabu (03/02/2016).

Menurutnya pembangunan kampus baru ini akan mempersingkat jarak tempuh para Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya di wilayah Luwu Raya yang akan mengikuti berbagai Diklat, seperti Diklat Prajabatan maupun Diklatpim IV.

"Para ASN di wilayah Luwu Raya ini tidak perlu lagi menempuh perjalanan yang cukup jauh ke Makassar untuk mengikuti Diklat. Kampus Baru di Malili nantinya bisa menjadi solusi," tandasnya.

Saat ini, kata Irman, Badan Diklat Provinsi Sulawesi Selatan‎ telah memiliki tiga Kampus di Makassar. Pertama, Kampus I berlokasi di Jalan Sultan Alauddin, kemudian Kampus II di Jalan Cendrawasih dan Kampus III terletak di Jalan Pampang Raya.

Read more: Irman YL Berencana Bangun Kampus Diklat di Luwu Timur

   

Budidaya Jamur Tiram, Peluang Bisnis Yang Menjanjikan

Tidak banyak masyarakat Luwu Timur yang menjadikan bisnis Jamur Tiram sebagai pilihan, selain suhu udara yang kurang mendukung, juga dikarenakan masih kurangnya pemahaman sebahagian orang terkait cara budidaya jamur tersebut.

Namun bagi, Haspina (39) wanita asal Dusun Cerekang, Desa Manurung, Kecamatan Malili, dengan telaten berbekal ilmu dan referensi dari berbagai sumber, sukses menjadi pelaku usaha pembudidaya Jamur Tiram di Luwu Timur, Usaha ini berawal dari keinginan untuk memajukan perekonomian keluarga, Haspina yang akrab disapa Pina memulai pembudidayaan jamur tiram di sebuah ruangan dibelakang rumahnya.

Usaha budidaya yang digagasnya beberapa tahun  lalu, hingga sekarang mulai berkembang. Awalnya ia hanya memiliki 1.000 kantongan bibit jamur (baglog) namun seiring dengan berkembangnya usaha tersebut, kini ia telah memiliki 8000 kantongan bibit  jamur tiram.

“Saat ini saya bisa panen hingga 15 kg/hari, dari hasil panen ini saya bandrol harga Rp. 20.000/Kg kepada pengepul,” terang Pina, Minggu (01/02/2016) ditemui ketika sedang memetik jamur tiram yang ia kelolanya.

Menyoal teknis budidayannya, menurutnya tidak terlalu sulit, proses yang pertama dikerjakan adalah membuat media tempat bibit jamur dengan bahan baku dari serbuk sisa gergajian kayu, dedak atau kulit padi serta tepung jagung yang dicampur air kemudian diaduk hingga merata selanjutnya dikemas dalam kantong plastik.

Selanjutnya, bubuk olahan yang telah dicampur dimasukkan ke dalam kantong plastik kemudian diikat dan dimasukkan ke dalam bak seperti oven untuk dipanggang kurang lebih 10 sampai 12 jam agar media akan digunakan memadat sebelum dimasukkan bibit.

Read more: Budidaya Jamur Tiram, Peluang Bisnis Yang Menjanjikan

   

Page 682 of 1062

HUT Ke 16 Kab. Luwu Timur

HUT 16 Lutim web ok

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
inspektorat

 PENILAIAN MATURITAS SPIP
 PEMKAB. LUWU TIMUR
 TAHUN 2018

data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
data APBN  Indikator Kinerja Utama |
 Laporan Kinerja Pemerintah |
 Kode Etik PNS |
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA l PROFIL LUWU TIMUR
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh Dinas
 Komunikasi dan Informatika
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

SISTEM PERLINDUNGAN ANAK

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 3 Tahun 2014

Tentang
Sistem Perlindungan Anak

[File unduh disini]

Pengarustamaan Gender

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 2 Tahun 2018

Tentang
Pengarustamaan Gender
Dalam Pembangunan

[File unduh disini]

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666