Joglo Tani Wujudkan Kemandirian Petani

Diskusi Pertanian Terpadu Bersama Ketua Joglo Tani Sleman

pertanianJos atau "jangan omong saja" menjadi kata pamungkas yang terus menerus digaungkan Ketua Joglo Tani Sleman, Yogyakarta,  T.O Suprapto saat menjadi narasumber pada diskusi pertanian terpadu yang diikuti puluhan kelompok tani, koordinator BP3K dan para  penyuluh di Aula Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Luwu Timur, Rabu (01/10).

Diskusi yang difasilitasi Program Terpadu Pengembangan Masyarakat (PTPM) dan A+CSR menghadirkan T.O Suprapto pendiri Joglo Tani dengan slogan " Monumen Kebangkitan Petani Indonesia " yang telah melahirkan konsep pertanian Manajemen Akar Sehat (MAS) atau lebih populer dengan istilah System of Rice Intensification (SRI). Metode ini terbukti meningkatkan hasil pertanian dan juga ramah lingkungan.

Dalam diskusi tersebut, TO Suprapto mengatakan petani di Indonesia belum merdeka. Mereka hidup di bawah tekanan ekonomi, alam, sosial, budaya, globalisme, dan kebijakan. Oleh karena itu, TO Suprapto terus mendorong petani di Luwu Timur untuk mulai memikirkan membangun konsep Joglo Tani sebagai sebuah gerakan kebangkitan petani.

Read more: Joglo Tani Wujudkan Kemandirian Petani

 

PNS Luwu Timur Sumbang 22 Ekor Sapi

Sebanyak 22 ekor sapi disumbangkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur untuk menyemarakkan perayaan Idul Adha 1435 Hijriyah tahun ini. Hewan kurban ini akan disalurkan ke seluruh kecamatan yang selanjutnya akan dinikmati oleh warga tidak mampu.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) yang juga koordinator tabungan kurban Pemkab Luwu Timur, Dohri As'ari yang ditemui dikantornya, Rabu (01/10/2014) mengatakan hewan kurban yang berjumlah 22 ekor sapi tersebut berasal dari kelompok tabungan kurban 156 PNS yang tersebar diseluruh SKPD.

"Kelompok tabungan kurban ini sengaja diprogramkan untuk memudahkan para PNS yang ingin berkurban. Caranya,  setiap kelompok terdiri atas tujuh orang PNS dengan besaran sumbangan Rp 100.000 rupiah yang dipotong oleh bendahara SKPD pada setiap bulannya selama satu tahun untuk disetor ke rekening Bendahara Bagian Kesra," jelas Dohri.

Read more: PNS Luwu Timur Sumbang 22 Ekor Sapi

   

Guru TK ikuti Semiloka Perubahan Mindset

tkPerubahan cara berfikir atau mindset guru dalam jenjang pendidikan sangat penting dilakukan mengingat kondisi kemajuan dan informasi yang saat ini cukup pesat tentu memerlukan penyesuaian.

Hal tersebut disampaikan Staf Ahli Pembangunan, Labesse yang mewakili Bupati Luwu Timur saat membuka Seminar dan Lokakarya (Semiloka) Perubahan Mindset Guru TK Negeri/Swasta se - Kabupaten Luwu Timur yang berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 29-30 September 2014, di Di Gedung Simpurusiang, Senin (29/09).

Menurut Labesse, guru yang terampil mengajar tentu harus pula memiliki pribadi yang baik dan mampu menjadi panutan bagi para siswanya. Perubahan terhadap cara berpikir, hanya akan terjadi jika kita membuang terlebih dahulu metode-metode atau cara-cara berpikir masa lampau, dan menggantinya dengan cara berpikir baru sesuai dengan tuntutan zaman atau situasi dan kondisi saat ini.

Namun kata Labesse persoalan umumnya yang dapat lihat secara kasat mata adalah justru kemampuan untuk melakukan perubahan cara berpikir inilah yang paling sullit dirubah oleh para guru karena sudah merasa terbiasa.
“untuk menghadapi perubahan zaman maka setiap orang dituntut untuk melakukan perubahan terhadap cara berpikirnya,” ungkap Labesse.

Read more: Guru TK ikuti Semiloka Perubahan Mindset

   

Page 588 of 832

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh BPS
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666