Husler - Irwan Hadiri Ritual Ngaben Di Balirejo

Ngaben-AngkonaBupati dan Wakil Bupati Luwu Timur, H.M. Thorig Husler dan Irwan Bachri Syam menghadiri pemakaman salah satu warga desa Balirejo Kecamatan Angkona yang dilaksanakan dengan ritual upacara Ngaben, Rabu (14/09/2016), Warga Balirejo yang bernama Wayan Mutru (65), diantar ratusan kerabat dan keluarganya di pemakaman Umat Hindu desa Wanasari.

“Prosesi persiapan pemakaman mulai dari sesajen, penyiapan biaya pemakaman hingga prosesi pembakaran jenazah dalam upacara Ngaben telah dirampungkan oleh pihak keluarga dan hari ini siap dilaksanakan,” Ujar Ketua Paruman Walaka PHDI Wayan Sudiarsa.

Upacara Ngaben tersebut dipimpin oleh langsung oleh Paruman Pandita, Ida Pandita Empu Satya Laksita Dharma dan dia  juga telah menentukan hari baik pemakaman jenazah. “ Upacara Ngaben bertujuan untuk mengembalikan 5 unsur pada diri orang yang meninggal, yakni api, air, tanah, udara dan hampa udara (eter),” terang I Wayan Sudiarsa yang juga selaku Ketua Harian PHDI Luwu Timur.

Read more: Husler - Irwan Hadiri Ritual Ngaben Di Balirejo

 

Bupati Harapkan Lomba Cerdas Cermat Jadi Agenda Rutin

Pembukaan-Cerdas-CermatLomba cerdas cermat matematika yang dilakukan Dinas Pendidikan Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dikbudparmudora) Kabupaten Luwu Timur bekerjasama tim dari Universitas Cokroaminoto Palopo mendapat apresiasi dari Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler.

Menurutnya Lomba cerdas cermat matematika ini, merupakan bentuk pembinaan dari pemerintah daerah yang bertujuan untuk memacu dan manggairahkan generasi muda khususnya pelajar yang ada di Kabupaten Luwu Timur untuk menyukai mata pelajaran matematika.

"Kegiatan ini merupakan moment yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak kita untuk mengasah kemampuannya berkompetisi secara sehat sekaligus berprestasi" kata Husler saat membuka lomba di Aula Dikbudparmudora, Selasa (14/09/2016).

Ia menambahkan, semangat berkompetisi perlu ditanamkan sejak dini. Pasalnya melalui kompetisi, paras akan mempelajari keterampilan sosial melalui interaksi dengan anak-anak lain, juga belajar soal nilai bekerja keras dan mengembangkan kepercayaan diri.

Apalagi kata Husler, kegiatan ini baru pertama kali diadakan sehingga tentu akan menjadi sarana evaluasi bagi guru bidang studi matematika tentang sejauhmana mata pelajaran ini mampu diserap oleh siswa. Oleh karena itu, katanya lagi, lomba seperti ini perlu diagendakan secara rutin kedepannya, tidak hanya bidang studi matematika saja tapi juga menyentuh bidang studi lainnya.

Read more: Bupati Harapkan Lomba Cerdas Cermat Jadi Agenda Rutin

   

Husler : Ibadah Kurban Bukti Kecintaan Kepada Allah SWT

Perayaan-Idul AdhaKesediaan berqurban merupakan bukti keimanan, kecintaan dan kepasrahan total seorang hamba terhadap khaliknya, qurban juga mengingatkan manusia bahwa jalan menuju kebahagian senantiasa menuntut pengorbanan.

Demikian disampaikan Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler dihadapan ribuan umat islam saat mengikuti ibadah sholat id Hari Raya Idul Adha 1437 H di lapangan Andi Nyiwi Malili, (12/09/2016).

Menurutnya berkurban sejatinya bukan hanya memotong leher hewan kurban, namun berkurban juga bermakna  simbol penyembelihan berhala yang ada di dalam diri manusia seperti berhala dunia, berhala kekikiran, berhala nafsu, dan semua berhala yang menghalangi ketulusan cinta kepada Allah SWT.

"Orang yang berkurban sejatinya sedang diperintahkan untuk menyucikan diri, membersihkan batin, melepaskan jerat-jerat nafsu yang mengekang diri untuk mencapai derajat Taqwa" jelasnya.

Ia menambahkan, nilai-nilai yang terkandung dalam ibadah kurban ini kiranya semakin urgen untuk direnungkan dan kemudian diejawantahkan menjadi spirit pembangunan di tengah kondisi bangsa dengan berbagai problematika yang melanda saat ini. Perintah Allah SWT untuk berbagi daging kurban dengan fakir miskin menunjukkan pentingnya kebersamaan.

Read more: Husler : Ibadah Kurban Bukti Kecintaan Kepada Allah SWT

   

Page 587 of 1036

HUT Ke 16 Kab. Luwu Timur

HUT 16 Lutim web ok

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
inspektorat

 PENILAIAN MATURITAS SPIP
 PEMKAB. LUWU TIMUR
 TAHUN 2018

data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA l PROFIL LUWU TIMUR
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh Dinas
 Komunikasi dan Informatika
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

SISTEM PERLINDUNGAN ANAK

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 3 Tahun 2014

Tentang
Sistem Perlindungan Anak

[File unduh disini]

Pengarustamaan Gender

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 2 Tahun 2018

Tentang
Pengarustamaan Gender
Dalam Pembangunan

[File unduh disini]

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666