Wabup Irwan Pimpin Upacara HKN ke 52 Tingkat Kabupaten Luwu Timur

HKNJajaran aparatur Pemerintah Kabupaten Luwu Timur menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 Tahun 2016. Upacara tersebut juga bertepatan dengan hari kesadaran nasional yang dipimpin langsung Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam yang berlangsung di halaman Kantor Bupati, Kamis (17/11/2016)

Dalam acara itu, Irwan menyampaikan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila Djuwita F Moeloek. Dikatakannya, peringataan HKN ini hakekatnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Lanjutnya, Indonesia saat ini mengalami transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti stroke, jantung, diabetes dan lain-lain. Meskipun kesakitan dan kematian akibat Penyakit Menular (PM) semakin menurun, prevalensi penyakit secara umum masih tinggi dan tren ini kemungkinan akan berlanjut seiring dengan perubahan perilaku hidup (pola makan dengan gizi tidak seimbang, kurang aktivitas fisik, merokok dll).

Ia menambahkan, meningkatnya kasus PTM akan menambah beban pemerintah karena penanganannya membutuhkan biaya yang besar. Selain itu, kasus PTM juga menyebabkan hilangnya potensi/modal sumber daya manusia dan menurunnya produktivitas (producity loss) yang pada akhirnya akan mempengaruhi pembangunan sosial dan ekonomi. Mengingat pencegahan penyakit sangat tergantung pada perilaku individu yang didukung oleh kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana serta dukungan regulasi untuk hidup sehat, diperlukan keterlibatan aktif secara terus menerus seluruh komponen baik pemerintah pusat dan daerah, sektor non pemerintah dan masyarakat.

Read more: Wabup Irwan Pimpin Upacara HKN ke 52 Tingkat Kabupaten Luwu Timur

 

Kembangkan Pariwisata, Pemkab Lutim Teken MoU Dengan Universitas Udayana

MoU-LutimUdayanaPemerintah kabupaten Luwu Timur menggandeng universitas Udayana, Bali untuk mengembangkan sektor pariwisata di Luwu Timur. Kerjasama kedua belah pihak ini ditandai dengan penadantanganan nota kesepakatan dan kesepahaman (Mou) antara bupati Luwu Timur, Muhammad Thoriq Husler dengan Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. dr. Ketut Suastika di kampus Pascasarjana Universitas Udayana, Bali, Rabu (16/11/2016).

Penandatangan MoU ini juga disaksikan ketua DPRD Luwu Timur, Amran Syam bersama 3 legislator Lutim lainnya Peter K' Parangan, Iwan Usman dan I Made Sariana serta segenap civitas akedimika fakultas pariwisata Universitas Udayana.
" Universitas Udayana merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki Fakultas Pariwisata dari S1, S2 hingga S3. Sejumlah daerah mengajak kami bekerjasama untuk mengembangkan sektor pariwisatanya, apalagi propinsi Bali memiliki ikon pariwisata internasional," tandas rektor Udayaya, Ketut Suastika.

Dia juga memaparkan, misi yang diemban oleh perguruan tinggi untuk menjabarkan tridarma perguruan tinggi yakni mencetak sumber daya manusia yang handal. " Kami siap memberikan pendampingan sekaligus bertukar wawawasan dan ilmu pengetahuan untuk mengembangkan potensi pariwisata di Luwu Timur," tambahnya.

Read more: Kembangkan Pariwisata, Pemkab Lutim Teken MoU Dengan Universitas Udayana

   

Negosiasi Antara Warga Pemberdayaan dengan Manajemen PT. Vale beserta Pemkab Lutim Hasilkan Beberapa Kesepakatan

Kesepakatan-PemkabdanValePertemuan antara perwakilan masyarakat dari Empat wilayah pemberdayaan dan pihak manajemen PT. VALE Indinesia berlangsung alot. Masyarakat 4 wilayah pemberdayaan yang diwakili oleh Andi Baso yang juga sebagai Mokole (pemimpin adat) Nuha, mendesak agar Manajemen PT. VALE yang di wakili  Vice President Corporate Affair PT. Vale, Cory McPhee disaksikan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur menghasilkan beberapa kesepakatan, Senin (14/11/2016) malam.

Pertemuan tersebut akhirnya membuahkan sejumlah  kesepakatan antara lain;

1. PT. VALE secara prinsip tetap berkomitmen akan melaksanakan kesepakatan yang telah dituangkan secara lisan dan di tandatangani oleh pimpinan PT. Inco pada tahun 2010 yaitu Tony Wenas dan Claudio Bastos.
2. Perwakilan masyarakat  yang diwakili oleh Andi Baso Mappaware meminta agar diberikan dokumen paska tambang, dan itu disepakati Mr. Cory akan memberikan dokumen tersebut selambat-lambatnya, Kamis, 17 Nopember 2016.
3. Sepakat untuk membicarakan dan kemudian menyepakti hak-hak masyarakat atas kawasan pemukiman yang saat ini berada dalam wilayah kontrak karya PT. VALE yang telah diamandemen tahun 2014. Pembicaraan terkait hal ini akan melibatkan masyarakat wilayah pemberdayaan PT. Vale dan Pemda Lutim dngn tetap melakukan survey di lapangan  untuk selanjutnya dikonsultasikan kepada Kementrian ESDM sebelum difinalkan.

Read more: Negosiasi Antara Warga Pemberdayaan dengan Manajemen PT. Vale beserta Pemkab Lutim Hasilkan Beberapa Kesepakatan

   

Page 585 of 1062

HUT Ke 16 Kab. Luwu Timur

HUT 16 Lutim web ok

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
inspektorat

 PENILAIAN MATURITAS SPIP
 PEMKAB. LUWU TIMUR
 TAHUN 2018

data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
data APBN  Indikator Kinerja Utama |
 Laporan Kinerja Pemerintah |
 Kode Etik PNS |
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA l PROFIL LUWU TIMUR
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh Dinas
 Komunikasi dan Informatika
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

SISTEM PERLINDUNGAN ANAK

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 3 Tahun 2014

Tentang
Sistem Perlindungan Anak

[File unduh disini]

Pengarustamaan Gender

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 2 Tahun 2018

Tentang
Pengarustamaan Gender
Dalam Pembangunan

[File unduh disini]

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666