Tata Ruang Luwu Timur Terbaik Kedua di Sulsel

Tata ruang sebagai produk dari kegiatan perencanaan ruang, selain berfungsi untuk mengefektifkan pemanfaatan ruang dan mencegah terjadinya konflik antar-fungsi dalam proses pemanfaatan ruang, juga ditujukan untuk melindungi masyarakat sebagai pengguna ruang dari bahaya-bahaya lingkungan yang mungkin timbul akibat pengembangan fungsi ruang pada lokasi yang tidak sesuai peruntukan. Hal tersebut di atas telah digariskan dalam Undang-undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Penataan ruang menyangkut seluruh aspek kehidupan sehingga masyarakat perlu mendapat akses dalam proses perencanaan penataan ruang. Setelah menjadi yang tercepat di Sulawesi Selatan dalam menyusun rancangan peraturan daerah (raperda) tentang rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Luwu Timur 2011-2031, pemerintah Kabupaten Luwu Timur juga terus mengawal proses pembangunan di daerah ini secara bersama-sama, sesuai dengan muatan-muatan yang tertuang dalam RTRW Kabupaten Luwu Timur.

Read more: Tata Ruang Luwu Timur Terbaik Kedua di Sulsel

 

Lutim-Morowali Luncurkan Produk Tortilla

Pemerintah daerah Luwu Timur dan Morowali (Sulawesi Tengah) menandatangani program unggulan bersama hasil kerajinan tangan ibu rumah tangga yang berlabel Tortilla atau penganan ringan. Penandatangan kerjasama  produk yang dikemas dalam berbagai cita rasa ini berlangsung dalam di Morowali, Sulawesi Tengah, Rabu malam (4/12) oleh Bupati Morowali, Anwar Hafid dan Bupati Lutim, Hatta Marakarma.  

Sebelum dilakukan tandatangan diawali peluncuran produk Tortilla Sedap Morowali (TSM) dan Tortilla Mammi Luwu Timur oleh  Deputi pengkajian SDM UKM Kementerian Koperasi dan UKM, I Wayan Karya, disaksikan Pangdam VII Wirabuana, Mayjen (TNI) Bachtiar. Bupati Morowali, Anwar Hafid menyatakan, keberhasilan program Tortilla Mammi Luwu Timur telah mengilhami dirinya untuk mengadopsi program pelatihan industri yang diyakini mampu menggerakkan ekonomi kerakyatan." Sebagai tahap awal kami telah mengirimkan 100 ibu rumah tangga ke LPPTG Malindo mempelajari teknik pembuatan makanan ringan," tandas Anwar.

Read more: Lutim-Morowali Luncurkan Produk Tortilla

   

Morowali Gagas Sisiter City

Bupati Luwu Timur, Andi Hatta Marakarma dan Bupati Morowali, Anwar Hafid menyepakati konsep penggandengan dua kabupaten yang bertetangga tersebut menjadi kota kembar atau Sister City. Pernyataan tersebut diungkapkan kedua kepala daerah ini saat bertemu di Bungku, Sulawesi Tengah pada acara Hut ke-14 Kabupaten Morowali, Kamis (05/12).

Bupati Morowali,Anwar Hafid memaparkan gagasan ini karena melihat kondisi geografis dan demografi Luwu Timur yang hampir sama dengan daerah Morowali. “ Salah satu alasan menggulirkan ide ini adalah konsep tata ruang kabupaten Luwu Timur yang sangat baik dan perlu kami adopsi, seperti penempatan pusat perkantoran dan pemerintahan di kawasan Puncak Indah Malili,” sebut Anwar mencontohkan. Selain itu, menurut Anwar, kedua daerah perbatasan memiliki potensi daerah seperti areal Pertambangan, khususnya Nikel yang dikelola PT.Vale Indonesia. “PT. Vale juga mempunyai areal konsesi di Morowali, begitupun di Luwu Timur, tentunya kesamaan ini akan mendorong terciptanya regulasi yang mengarah pada Pertambangan yang ramah lingkungan bagi kedua daerah,” tambahnya.

Read more: Morowali Gagas Sisiter City

   

Page 585 of 732

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh BPS
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666