Luwu Timur Optimis Raih Adipura ke Lima

Pemerintah Kabupaten Luwu Timur kembali tengah berupaya untuk menghadirkan Piala Adipura yang ke lima, hal ini terlihat saat Tim penilai adipura dari Pusat Pengelolaan Ekoregion (PEE) Wilayah Sulawesi dan Maluku melakukan penilaian tahap pertama (P1) di Kota Malili beberapa waktu lalu.

Sejumlah lokasi yang disisir seperti kawasan pasar, jalan protokol, Taman kota  dan puskesmas. Dalam pemantauan disejumlah lokasi,Tim penilai PPE Mustafa didampingi Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Rosmiaty Alwy, Staf Ahli Pembangunan Setdakab Luwu Timur Labesse dan Camat Malili Senfry Oktovianus.

Selain lokasi tersebut, tim juga memantau keberadaan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) dibeberapa lokasi, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) serta beberapa  sekolah yang menjadi titik pantau.

Menurut Mustafa, untuk lokasi sekolah perhatian tim pada pemilahan sampah, pengomposan serta beberapa fasilitas penunjang seperti bank sampah, termasuk WC. Sebagaimana di SDN 223 Balantang, tim juga mengecek jumlah hasil bank sampah milik sekolah tersebut.

Read more: Luwu Timur Optimis Raih Adipura ke Lima

 

PNS Luwu Timur Dongengkan Pelajar SD

lomba-mendongengKamis pagi (27/11/2014), bertempat di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Luwu Timur, diadakan lomba mendongeng tingkat PNS. Lomba ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Korpri ke-43 dan PGRI ke-69 tingkat Kabupaten Luwu Timur. Puluhan peserta dari berbagai SKPD dan Kecamatan Lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur mengikuti lomba ini.

Mereka antusias dalam unjuk kebolehan menceritakan dongeng dihadapan para pelajar SD se Kecamatan Malili. Sejak pagi, para peserta telah siap untuk tampil menunjukkan kemampuan terbaiknya. Menariknya, selain peserta dan puluhan siswa SD, para pengunjung perpustakaan umum yang biasanya hanya datang untuk membaca dan meminjam buku juga turut menikmati atraksi yang disuguhkan oleh para peserta. Mereka cukup takjub dengan kemampuan peserta dalam bercerita dan ikut tertawa saat peserta melakukan adegan-adegan unik.

Peserta sendiri memiliki kemampuan yang berbeda beda. ada yang menguasai cerita dan adapula peserta yang belum menguasai isi cerita. Tak hanya itu, mereka juga melakukan peragaan seperti menari dan menyanyi. Totalitas peserta dalam menceritakan dongeng juga dapat dilihat dari mimik wajah serta pergantian suara saat terjadi dialog yang melibatkan beberapa tokoh dengan karakter berbeda.

Cerita dongeng yang disajikan peserta memang terbilang sederhana. Seperti cerita-cerita yang ada di daerah sulawesi selatan, dan dongeng-dongeng lainnya. Para peserta mengemas dongeng tersebut cukup apik tanpa mengurangi pesan moral di dalamnya. Tak jarang, beberapa peserta menyampaikan pesan moral yang terkandung setelah mereka selesai mendongeng.

Read more: PNS Luwu Timur Dongengkan Pelajar SD

   

Ekonomi Luwu Timur Tumbuh diatas Target RKP Nasional

Jawaban-bupati26Nov2014Bupati Luwu Timur, H Andi Hatta Marakarma mengatakan sasaran dan strategi kebijakan fiskal mengamanatkan bahwa pertumbuhan ekonomi nasional yang termuat dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2015 ditargetkan 5,8 persen, inflasi 3-5 persen, jumlah penduduk miskin berkisar 9-10 persen dan tingkat pengangguran terbuka sebesar 5,5 -5,7 persen seperti yang termuat dalam Permendagri Nomor 37 tahun 2014.

Dikabupaten Luwu Timur tahun ini, kata Hatta, pertumbuhan ekonomi tanpa tambang sebesar 9,68 persen, inflasi berkisar 11,48 persen, jumlah penduduk miskin 8,36 persen dan tingkat pengangguran 6,28 persen. Berdasarkan data ini, dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan ekonomi Luwu Timur berada diatas target RKP Nasional yakni 9,8 persen.

Pernyataan ini disampaikan Hatta sebagai jawaban atas pandangan fraksi Gerindra, HM Sarkawi A Hamid pada sidang paripurna DPRD dengan agenda jawaban bupati terhadap pandangan fraksi terkait Ranperda APBD TA 2015 yang berlangsung di ruang rapat paripurna, Rabu (26/11).

Terkait keterlambatan penyerahan RAPBD TA 2015 dijelaskan Hatta bahwa proses penyusunan RAPBD TA 2015 memerlukan waktu yang cukup panjang, mulai dari menyusun pedoman penyusunan  RAPBD TA 2015, pengimputan RKA-SKPD/PPKD dimana adanya peralihan penggunaan sistem aplikasi keuangan ke SIMDA BPKP sehingga perlu dilakukan sosialisasi dan pelatihan kepada SKPD dan dilanjutkan dengan asistensi  RKA-SKPD/PPKD oleh TAPD.

Read more: Ekonomi Luwu Timur Tumbuh diatas Target RKP Nasional

   

Page 582 of 851

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA l PROFIL LUWU TIMUR
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh Dinas
 Komunikasi dan Informatika
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

SISTEM PERLINDUNGAN ANAK

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 3 Tahun 2014

Tentang
Sistem Perlindungan Anak

[File unduh disini]

Pengarustamaan Gender

Peraturan Daerah
Kabupaten Luwu Timur
Nomor 2 Tahun 2018

Tentang
Pengarustamaan Gender
Dalam Pembangunan

[File unduh disini]

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666