Wabup Irwan Mediasi "Tanah Tenggelam" Warga dan PT Vale Indonesia

Tanah-TenggelamPolemik persoalan tanah tenggelam antara masyarakat di tiga Desa yakni Desa Loeha, Tokalimbo dan Bantilang Kecamatan Towuti dengan PT. Vale Indonesia akhirnya menemui titik temu. Dengan fasilitasi Pemerintah Kabupaten Luwu Timur akhirnya persoalan tersebut bisa di mediasi dengan baik.

Persoalan tanah tenggelam ini sudah menjadi polemik sejak lama antara warga di tiga Desa dengan PT. Vale Indonesia. Pasalnya ratusan hektar tanah warga tenggelam akibat aktivitas bendungan PT. Vale Indonesia. Atas dasar itulah warga ditiga Desa akhirnya menuntut kompensasi atas tanah tenggelam tersebut.

Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam berusaha agar persoalan tanah tenggelam ini bisa di selesaikan. Makanya Ia mempertemukan kedua belah pihak dan memimpin langsung negosiasi antara masyarakat terkena dampak dengan PT. Vale Indonesia dirumah Sekdes Desa Loeha, Salim, Kamis (18/01/2018).

Dalam pertemuan itu juga hadir Camat Towuti, Alimuddin Nasir, Kabag Pemerintahan, Senfry Oktavianus, Kepala Desa Loeha, Hamka, Kades Tokalimbo, Mufli Hamzah dan Kades Bantilang, Arifin serta beberapa perwakilan tokoh masyarakat. Hadir pula tim dari PT. Vale Indonesia dipimpin Yusri Yunus selaku Senior Manager Stakeholder Relation dan beberapa tim teknisnya.

Read more: Wabup Irwan Mediasi "Tanah Tenggelam" Warga dan PT Vale Indonesia

 

Luwu Timur Darurat Perambahan Hutan

Darurat-Perambahan-HutanWakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam meminta Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui dinas terkait agar segera turun melakukan pengawasan terhadap semakin banyaknya aktivitas perambahan hutan di wilayah Luwu Timur.

Menurut Irwan, sudah ada banyak laporan terkait banyaknya aktivitas perambahan hutan di wilayah Luwu Timur. Beberapa laporan perambahan seperti di Desa Tarabbi dan Pongkeru Kecamatan Malili, Kasintuwu Kecamatan Mangkutana, Desa Parumpanai Kecamatan Wasuponda, Desa Bone Pute Kecamatan Burau, Mahalona Kecamatan Towuti dan beberapa wilayah lainnya.

"Kalau tidak segera di tangani, aktivitas perambahan hutan akan semakin meluas dan mengancam kerusakan lingkungan. Saya harapkan pemerintah provinsi Sulawesi Selatan melalui dinas terkait segera melakukan langkah-langkah konkret terhadap aktivitas perambahan ini," kata Irwan disela-sela kunjungan kerjanya di Desa Loeha Kecamatan Towuti, Kamis (18/01/2018).

Disamping menimbulkan kerusakan lingkungan, aktivitas perambahan hutan ini juga mulai menyebabkan kerawanan sosial yang memungkinkan berujung konflik sosial. "Sudah ada dua kelompok masyarakat yang hampir bertikai hanya karena masing-masing pihak mengklaim wilayah tersebut sebagai wilayah Desanya, padahal kawasan yang disengketakan itu merupakan cagar alam," kata Irwan.

Read more: Luwu Timur Darurat Perambahan Hutan

   

Husler Ingatkan Dinas Koperasi Bantu Pelaku Koperasi Kembangkan Usaha

Koperasi-Kembangkan-UsahaBupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Tani Dharma Shanti dan tutup buku tahun 2017 di Balai Pertemuan Dusun Bone Pute II Desa Bone Pute Kecamatan Burau, Rabu (17/01/2018 ).

Dalam acara tersebut, Bupati Thorig Husler datang bersama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Romsmiyati Alwi, Kadis Pertanian, Muharif, Camat Burau Satri, Kepala Desa Bone Pute, Muh. Nasir beserta seluruh pengurus serta perwakilan anggota koperasi.

Dalam kesempatan tersebut, Husler mengatakan, pelaksanaan RAT merupakan bukti suatu koperasi dikelola secara profesional dan berkualitas. RAT ini menjadi wujud profesionalisme pengurus koperasi dalam mempertanggung jawabkan pengelolaan anggaran selama setahun terakhir dan bentuk transparansi terhadap anggota," ungkapnya.

Menurutnya, pemerintah Kabupaten Luwu Timur juga menaruh perhatian serius terhadap pengembangan koperasi di daerah itu. Untuk itu, upaya pembinaan terhadap pelaku koperasi yang dilakukan oleh Dinas Koperasi Kabupaten Luwu Timur perlu terus ditingkatkan dan diarahkan untuk mengembangkan usahanya, pasalnya koperasi menjadi bagian penting dalam peningkatan ekonomi rakyat agar menjadi lebih mandiri dan sejahtera.

Read more: Husler Ingatkan Dinas Koperasi Bantu Pelaku Koperasi Kembangkan Usaha

   

Page 1 of 672

LUWU TIMUR TERKEMUKA 2021

Banner2017-1

Webmail
email_icon

Link Download

Banner 3  RPJMD 2016 - 2021
 Rencana Pembangunan
 Jangka Menengah Daerah
 Kab. Luwu Timur
data APBN  APBD | PERENCANAAN | JDIH
 Informasi APBD, Produk
 Hukum, Produk Perencanaan
 Kabupaten Luwu Timur
statistiklogo2  LUWU TIMUR DALAM ANGKA
 Publikasi Tahunan yang
 Diterbitkan Oleh BPS
 Kab. Luwu Timur
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Realisasi Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial Periode Januari-
 Desember 2017
Koper-OK  DANA HIBAH DAN BANSOS 
 Publikasi Laporan
 Pertanggungjawaban Realisasi
 dan Penggunaan oleh Penerima
 Dana Hibah dan Bantuan
 Sosial T.A 2017

BAKOHUMASJ-fix

LPSEJ-fix

BPSJ-fix

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Seluruh Informasi Pembangunan
Daerah Kabupaten Luwu Timur
seluruhnya lengkap disajikan
pada link di bawah ini

Publikasi Informasi Pembangunan Daerah

Artikel dan Infografis Narasi Tunggal

Lokakarya Peran Teknologi Keuangan
dalam Pembangunan, bertema

Fintech untuk Pembangunan
yang Inklusif dan Berkelanjutan

Gunakan tagar #fintech
(Narasi Tunggal 24 Mei 2017)

Unduh File Disini

fintech

Ikuti Kami

 fb-icon twitter-icon icon YouTube

 SMS CENTER 0853 9403 6666